page contents Skip to main content

Wisata Savana Padang Rumput Tegal Panjang, Kabupaten Garut

Keindahan terpancarkan dari hamparan Padang Rumput atau Savana, semakin terkenal di kalangan parawisatawan.  Sebagai pecinta alam, tentunya kalian pasti merasa terkejut dengan keindahan Savana ini yang dengan luas 46,831 hektare ini yang menyajikan panorama alam yang sungguh indah. Hamparan rumput yang luas menghiasi menyelimuti pergunungan dan perbukitan dikawasan Pangalengan, dan kawasan ini memang menjadi magnet baru bagi parawisatawan yang pencinta alam. 
sumber : http://jabar.tribunnews.com
Hamparan rumput yang hijau disebelah utara Gunung Papandayan ini menyajikan kesejukan alam yang menawan. Terasa tenang tentunya ketika berada disini, karena memang suasananya yang menyenangkan penuh dengan ketenangan. Panorama alam semakin lengkap dengan adanya aliran sungai dan kicauan burung-burung, kawasan konservasi yang terletak di Kab. Bandung dan Garut ini. Menteri Kehutanan telah mengeluarkan SK keputusan dengan No. 226/KPTS/1990 tanggal 08 mei 1990 bahwa kawasan Tegal Panjang ini adalah merupakan kawasan cagar alam. 
sumber : https://senandungrinjani.wordpress.com
Padang Rumput Tegal Panjang ini, tidak ada kalahnya dengan pemandangan alam di eropa, hehe. Selama Anda dalam perjalanan menuju Tegal Panjang, keindahan mulai terbentang perkebunan khas teh Pangalengan, dan selain itu, Anda akan di suguhi dengan keindahan Rumput Tegal Panjang. Lokasi yang terbuka ini, menyambut parawisatawan untuk menikmati keindahan cagar alam yang indah dan menawan ini. Anda bisa bandingkan keindahan alam ini dengan keindahan alam di eropa.
sumber : https://lifestyle.okezone.com
Kawasan disekitar Tegal Panjang, sebetulnya termasuk hutan dan masih menjadi habitat beberapa hewan diantaranya, babi hutan, ayam hutan, lutung, dan kambing hutan. Disamping dengan keindahan hamparan rumput yang hijau, selama Anda disini juga, Anda akan dinikmati dengan keindahan udara yang sejuk, yang dihempaskan. dengan angin yang sepoy-sepoy itu membuat Anda berlabuh disini, pastinya merasa betah dan serasa tidak mau pulang, hehehe.
sumber : http://travelingindotraveling.blogspot.com
Bagi Anda sahabat wisata yang suka dengan alam atau sebagai pecinta alam, mungkin Anda bisa mencobanya untuk menikmati keindahan Padang Rumput yang berada di Tegal Panjang ini. Kalau cuman hanya dengan cerita saja bisa jadi hoax, hehehe. Sebaiknya Anda datang kesini saja, rasakan keindahannya sama seperti yang orang-orang rasakan dan katakan tidak, haha. Pastinya Anda sendiri akan takjub dengan keindahan alam ini guys.
sumber : https://www.picswe.com
Hemm, tetapi guys, keindahan yang dimiliki cagar alam Tegal Panjang ini dengan berdasarkan identitas yang sudah ditetapkan untuknya, hanya boleh dimanfaatkan untuk beberapa kepentingan yang berkaitan dengan penelitian, bukan semata liburan atau cuci mata melepas bosan dan kepenatan. Hal ini juga diatur dalam 33 PP No. 28 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Kawasan Suaka Alam Dan Kawasan Pelestarian Alam (PP 28/2011). Jadi tidak bebas seperti kaya dulu guys.
sumber : http://www.gandawesi.or.id
Bahwasanya Pasal tersebut mengatur bahwa cagar alam Tegal Panjang, hanya boleh digunakan sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan peningkatan kesadartahuan konservasi alam, penyerapan dan atau penyimpanan karbon, dan pemanfaatan sumber plasma nutfah untuk penunjang budidaya. Tidak ada peruntukkan sebagai tempat wisata yang bebas dikunjungi oleh siapa saja.
sumber : http://www.gandawesi.or.id
Tegal Panjang terletak di tengah-tengah empat gunung di Jawa Barat. Diantaranya, Gunung Papandayan, Gunung Jaya, Gunung Kondang dan Gunung Puntang. Kawasan ini berada di perbatasan antara Kabupaten Bandung, khususnya Pangalengan dan Garut. Meski begitu, membiarkan kawasan ini tetap asri, sesuai dengan fungsinya sebagai cagar alam, adalah tetap pilihan yang paling baik. Agar keindahannya semakin terjaga hendaknya kita semua bisa mematuhi peraturan yang ada. Semoga sahabat wisata bisa mengerti yah.

Selamat berwisata, semoga liburan Anda menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…