page contents Skip to main content

Wisata Pantai Sancang, Cibalong, Kabupaten Garut

Wisata Pantai Sancang, merupakan salah satu pantang yang indah yang berada di Kota Garut selain dari Kabupaten Garut. Dahulunya kawasan ini merupakan hutan lindung, yang merupakan dari kawasan hutan dan pantai. Untuk Anda mau berada di pantai yang sunyi, ketika Anda berwisata ke Pantai Sancang, Anda akan melewati leuweung sancang yang merupakan hutang sancang yang sangat kaya akan flora dan faunanya.
sumber : https://www.gunungkidulku.com
Pemandangan yang begitu indah terpancarkan dari pantai ini, terutama ketika Anda memasuki hutan, segala tumbuhan hijau serta pohon-pohon yang lebat dan tinggi-tinggi membuat pamandangan semakin terlihat menuju pantai yang akan Anda datangi. Udara yang sejuk dan tanpa polusi sama sekali membuat siapapun merasa betah, Anda pun akan terasa sama begitu ketika berada disini, hehe. Suasana tenang mulai terasa ketika sudah berada disini, deburan ombak yang semakin terdengar membuat semakin terasa menyenangkan, terpancarkan dari lautan yang biru.
sumber : https://permatagarut.id
Indahnya dengan hamparan pasir putih yang sangat luas dan memanjang membentuk lengkungan yang menakjubkan. Meskipun berada di pantai namun deburan ombak akan jauh dari pandangan mata, pasalnya ada beting pembatas yang memisahkan hamparan pasir dari gulungan ombak. Tempat wisata alam ini tidak bisa lepas dari sejarah kerajaan Padjadjaran yang tersohor akan kesaktian rajanya di Jawa barat ini. 
sumber : https://www.jejakpiknik.com
Total luas kawasan cagar alam ini mencapai 2.913 ha untuk kawasan hutan dan kawasan pantai 200 ha. Banyak yang bisa Anda nikmati di pantai ini. Dimana kawasan ini merupakan cagar budaya yang kaya akan flora dan fauna yang kebanyakan sudah langka dan dilindungi. Pantai ini berbeda dari yang lain, yang biasanya hanya pantai saja tetapi tidak termasuk dengan hutan, namun kalau pantai ini dia sudah dicantikan dengan budaya hutan juga, jadi semakain bertambah keindahannya guys.
https://www.jejakpiknik.com
Dibali pesona pantai ini, banyak faktor yang membuat tempat yang tersembunyi ini mulai dikenal masyarakat luas dan semakin banyak wisatawan yang ingin mengunjungi nya. Ketika wisatawan memasuki kawasan hutan, jalan menuju pantai, maka pemandangan seperti tumbuhan paku-pakuan, pakis dan raflesia menjadi pemanis perjalanan anda. Anda juga akan menemukan berbagai jenis hewan yang hidup di hutan ini. 
sumber : https://www.gunungkidulku.com
Meskipun banyak hewan yang telah punah, seperti kerbau putih yang konon katanya merupakan hewan asli dari hutan sancang kini tak lagi bisa dijumpai. Namun secara keseluruhan kawasan hutan ini masih asri dan lebatnya tumbuhan yang besar rindang bahkan akan menghalangi jarak pandang Anda seperti pantai yang hanya akan terdengar deburan ombaknya saja, tetapi sudah melewati hutan ini, surga dunia akan terasa indahnya ketika sudah berhadapan dengan muka pantai, hehe.
sumber : https://www.gunungkidulku.com
Dibalik keindahannya, tentunya pantai dan hutan sancang ini memiliki sejarah.
Ketika Anda menilik dan menjelajah hutan sancang lebih dalam, maka Anda bukan saja melihat berbagai pesona flora dan fauna, tetapi juga sungai, goa, dan juga petilasan. Petilasan tersebut merupakan makam Prabu Siliwangi dan banyak makam yang lainya. Sejarah mencatat bahwa hutan sancang ini merupakan tempat berlarinya Prabu Siliwangi dan para pengikutnya karena suatu pertengkaran dengan putranya, yaitu Raden kian Santang.
sumber : https://www.gunungkidulku.com
Prabu Siliwangi sendiri merupakan raja yang sangat tersohor di kerajaan hindu terbesar di Jawa barat yakni Padjadjaran. Asal muasal permasalahan Prabu Siliwangi dengan sang putra konon disebabkan oleh perbedaan pendapat tentang keyakinan. Setelah menjajal kesaktiannya sampai ke Arab, Raden Kian Santang bertemu dengan orang yang menurutnya sangat sakti karena Raden Kian Santang sendiri tidak mampu mengalahkannya.

Ketika pada saat itu Raden Kian Santang memutuskan untuk memeluk agama Islam dan berada di sana sampai 7 tahun lamanya. Setelah 7 tahun berlalu sang Raden Kian Santang memutuskan untuk kembali ke Padjadjaran dan membujuk sang ayah untuk mengikuti keyakinannya. Meskipun telah dibujuk sekian lama dan sedemikian rupa, Prabu Siliwangi tidak mau pindah keyakinan, ia tetap pada kepercayaan nya yakni memeluk agama hindu yang merupakan agama nya sejak kecil dan turun-temurun di kerajaan Padjadjaran.

Sejak saat itu permusuhan terus terjadi, perkelahian pun tak terelakan. Maka larilah Prabu Siliwangi bersama beberapa prajurit menuju hutan sancang dan konon berubah wujud menjadi maung atau harimau putih dan prajurit nya menjadi maung loreng. Sejak saat itulah hutan sancang ini ada, sancang sendiri diambil dari sebuah kerajaan kecil yang berada di tempat ini. Kerajaan tersebut dipimpin oleh saudara kandung sang Prabu Siliwangi.

Selain itu juga konon katanya makhluk gaib penghuni hutan sancang adalah roh dari seluruh rakyat kerajaan yang dipimpin oleh Prabu Siliwangi pada jaman dahulu yang kini berubah menjadi hutan. Di dalam hutan juga ada tempat yang menurut cerita warga setempat dapat digunakan untuk mencari pesugihan, menyeramkan memang. Suasana hutan juga teramat menakutkan jika dijelajahi seorang diri, pasalnya pepohonan yang begitu lebat dan minimnya petunjuk jalan bisa saja membuat siapapun tersesat.

Sering terdengar suara-suara aneh dan bisikan dari makhluk tak kasat mata bila berkunjung ke tempat ini ketika sendirian. Bau-bauan seperti bau wangi dan amis juga sering tercium beberapa orang yang pernah masuk ke dalam hutan. Di dalam hutan pula konon terdapat harimau putih yang merupakan perubahan wujud dari Prabu Siliwangi dan harimau loreng merupakan wujud dari para prajurit pengawal sang prabu. Entah benar atau tidaknya, tapi masyarakat setempat masih menganggap bahwa tempat ini sangat keramat. Wallahualam wiswab.

Jadi begitu guys, baik dari pesona keindahan pantai dan hutan sancang ini. Untuk biaya masuk menuju pantai ini Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 dan biaya Rp. 5.000 sampai 10.000 untuk membayar warga sekitar yang akan membawa Anda untuk sampai di pantai sancang dari teluk dalam hutan bernama cijuruk. Jadi biaya semua itu, Anda sudah bisa menikmati keindahan semuanya dengan sepuas Anda.

Selamat liburan guys, semoga liburan Anda menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang . Citamiang Puncak Cisarua Courtesy, www.wisatapuncak.net Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Wisata Citamiang Courtesy, www.wisatapuncak.net Obyek wi

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Courtesy, kotabungavilla.com Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata  Kota Bunga. Courtesy, sewavillaa1.blogspot.com Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusun