page contents Skip to main content

Wisata Curug Teko Papandayan, Sirnajaya, Cisurupan, Kabupaten Garut

Curug Teko Papandayan ini memang tidak seperti curug yang lainnya, karena memang terlihat terjal dan bertebing. Gunung Papandayan mungkin telah banyak dikunjungi ratusan atau bahkan ribuan para pendaki ditanah air ini dari seluruh Indonesia. Namun diantara para pendaki yang telah mendaki Papandayan banyak yang belum tahu tentang keberdaan Curug di Gunung Papandayan ini. Didalam Gunung Papandayan ini terdapat Curug Teko, mungkin kalian yang sudah pernah menjejaki Gunung Papandayan banyak yang belum tau dengan keberadaan curug ini.
sumber : http://garutupdate.blogspot.com
 Curug Teko merupakan satu di antara tujuh titik obyek wisata pada kawasan Perum Perhutani KPH Garut direkomendasikan sebagai obyek wisata unggulan berbasis konservasi lingkungan. Pengelolaannya berpola pengelolaan bersama masyarakat tergabung dalam LMDH Gandamekar Desa Sirnajaya. Keindahan air terjun dan jernihnya air Curug Teko akan mengundang wisatawan untuk berenang. Namun sungguh disayangkan, Pengunjung hanya bisa melihat keindahan dan jernihnya air Curug Teko dari kejauhan, karena tidak ada akses jalan untuk menuju ke dasar curug. 

Curug Teko memiliki tinggi sekitar 80 meter. Di musim kemarau debit airnya sangat kecil, sama halnya dengan Curug Ciharus di Kecamatan Leles. Namun jika di musim hujan debit airnya lumayan cukup besar dan alirannya juga cukup deras. Direkomendasikan untuk Anda yang ingin datang ke Curug Teko, yaitu pada musim kemarau. Karena jika dimusim hujan sering kali datang air bah secara tiba-tiba, dalam bahasa sundanya itu disebut Caah Dengdeng.
sumber : https://www.twgram.me
Mitos Curug Teko Gunung Papandayan
Wisata curug di Garut  ini rata-rata dari masing-masing curug tersebut memiliki kisah mitos, legenda serta sejarah yang beredar dari media sosial yang berawal dari masyarakat sekitar curug. Mitos Curug teko yang konon katanya, apabila ada wisatawan yang datang ke curug ini akan ada sosok mahluk halus yang menghampiri. Wujudnya perempuan yang menggunakan pakaian dan payung yang berwarna hijau. Mahluk halus berwujud perempuan dalam mitos tersebut akan meminta di ambilkan air curug. Namun ketika air akan diberikan kemudian perempuan itu pun menghilang secara tiba-tiba. 
sumber : https://pagguci.com
Sedangkan sejarah penamaan dan sebutan sebutan Curug Teko ini sendiri muncul karena debit aliran air terjun ini yang menyerupai cucuran air dari teko ketika dituangkan. Selain itu juga memang banyak beberapa orang yang tewas ketika sedang berwisata di Curug Teko ini. Maka dari itu untuk kalian sebagai wisatawan, alangkah lebih baiknya untuk berhati-hati, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Lokasi Curug Teko berada di kawasan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Garut. Tepatnya di kawasan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BPKH) Bayongbong Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cisurupan. Lokasi Curug Teko letaknya berada disekitar Area Papandayan Camping Ground dan Papandayan Leisure Park sebelum kawasan TWA Kawah Papandayan. Yang beralamat di Sirnajaya, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan kode pos 44163.

Curug Teko ini berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Garut. Berada sekitar 5 kilometer dari alun-alun atau pusat Kecamatan Cisurupan, dan sekitar 3 kilometer sebelum Kawah Gunung Papandayan, dapat Anda tempuh dengan kurang lebih 20 menit dari Cisurupan, tepat pada posisi sebelah kiri dari Papandayan Leisure Park dari arah Cisurupan.

Selamat berwisata, semoga liburan Anda menyenangkan guys, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…