page contents Langsung ke konten utama

Wisata Curug Teko Papandayan, Sirnajaya, Cisurupan, Kabupaten Garut

Curug Teko Papandayan ini memang tidak seperti curug yang lainnya, karena memang terlihat terjal dan bertebing. Gunung Papandayan mungkin telah banyak dikunjungi ratusan atau bahkan ribuan para pendaki ditanah air ini dari seluruh Indonesia. Namun diantara para pendaki yang telah mendaki Papandayan banyak yang belum tahu tentang keberdaan Curug di Gunung Papandayan ini. Didalam Gunung Papandayan ini terdapat Curug Teko, mungkin kalian yang sudah pernah menjejaki Gunung Papandayan banyak yang belum tau dengan keberadaan curug ini.
sumber : http://garutupdate.blogspot.com
 Curug Teko merupakan satu di antara tujuh titik obyek wisata pada kawasan Perum Perhutani KPH Garut direkomendasikan sebagai obyek wisata unggulan berbasis konservasi lingkungan. Pengelolaannya berpola pengelolaan bersama masyarakat tergabung dalam LMDH Gandamekar Desa Sirnajaya. Keindahan air terjun dan jernihnya air Curug Teko akan mengundang wisatawan untuk berenang. Namun sungguh disayangkan, Pengunjung hanya bisa melihat keindahan dan jernihnya air Curug Teko dari kejauhan, karena tidak ada akses jalan untuk menuju ke dasar curug. 

Curug Teko memiliki tinggi sekitar 80 meter. Di musim kemarau debit airnya sangat kecil, sama halnya dengan Curug Ciharus di Kecamatan Leles. Namun jika di musim hujan debit airnya lumayan cukup besar dan alirannya juga cukup deras. Direkomendasikan untuk Anda yang ingin datang ke Curug Teko, yaitu pada musim kemarau. Karena jika dimusim hujan sering kali datang air bah secara tiba-tiba, dalam bahasa sundanya itu disebut Caah Dengdeng.
sumber : https://www.twgram.me
Mitos Curug Teko Gunung Papandayan
Wisata curug di Garut  ini rata-rata dari masing-masing curug tersebut memiliki kisah mitos, legenda serta sejarah yang beredar dari media sosial yang berawal dari masyarakat sekitar curug. Mitos Curug teko yang konon katanya, apabila ada wisatawan yang datang ke curug ini akan ada sosok mahluk halus yang menghampiri. Wujudnya perempuan yang menggunakan pakaian dan payung yang berwarna hijau. Mahluk halus berwujud perempuan dalam mitos tersebut akan meminta di ambilkan air curug. Namun ketika air akan diberikan kemudian perempuan itu pun menghilang secara tiba-tiba. 
sumber : https://pagguci.com
Sedangkan sejarah penamaan dan sebutan sebutan Curug Teko ini sendiri muncul karena debit aliran air terjun ini yang menyerupai cucuran air dari teko ketika dituangkan. Selain itu juga memang banyak beberapa orang yang tewas ketika sedang berwisata di Curug Teko ini. Maka dari itu untuk kalian sebagai wisatawan, alangkah lebih baiknya untuk berhati-hati, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Lokasi Curug Teko berada di kawasan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Garut. Tepatnya di kawasan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BPKH) Bayongbong Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cisurupan. Lokasi Curug Teko letaknya berada disekitar Area Papandayan Camping Ground dan Papandayan Leisure Park sebelum kawasan TWA Kawah Papandayan. Yang beralamat di Sirnajaya, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan kode pos 44163.

Curug Teko ini berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Garut. Berada sekitar 5 kilometer dari alun-alun atau pusat Kecamatan Cisurupan, dan sekitar 3 kilometer sebelum Kawah Gunung Papandayan, dapat Anda tempuh dengan kurang lebih 20 menit dari Cisurupan, tepat pada posisi sebelah kiri dari Papandayan Leisure Park dari arah Cisurupan.

Selamat berwisata, semoga liburan Anda menyenangkan guys, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Kuliner Gurih 7 Bogor Khas Sunda

Doyan makan? Gurih 7 memiliki resapan aroma yang menggoda, yang memiliki ciri khas seperti pada umumnya sebuah makanan. Untuk urusan kulineran menjadi tradisi masyarakat yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam masyarakat sunda ada dari mulai nama - nama makanan, cara memasak bumbu, hingga menyajikan citarasanya. Jika berkunjung ke Restoran Gurih 7 akan memberikan pengalaman lebih untuk Anda, bayangkan saja menyantap masakan saung lesehan dan kuliner khas sunda serta mendengarkan suara air terjun yang terletak di depan mata. sumber : https://www.tripadvisor.co.id Restoran ini merupakan satu-satunya restoran di pusat Kota Bogor yang mempunyai air terjun. Sungguh luar biasa kan guys?. Dengan jumlah saung lebih dari 60, Gurih 7 juga cocok untuk dijadikan tempat gathering bersama keluarga, rekan kerja, atau bahkan tempat wisata karena tempat ini berdekatan dengan toko kue dan oleh-oleh Khas Kota Bogor, yaitu Rumah Talas. Jangan sampe terlewatkan guys jika Anda sedang berkunjung di Ko