page contents Skip to main content

Makanan Leumeung, Makanan Khas dari Serang, Banten

Yang menjadi makanan khas Banten khususnya ketika Anda sedang menikmati keindahan wilayah Banten, dan Anda sedang berada di sebelah selatan, mungkin Anda bisa mencicipinya dengan makanan khas Banten yaitu Leumeung.  Leumeung atau lemang bisa ditemukan di derah malingping, Lebak Banten Selatan. Makanan yang menjadi ciri khas Banten ini, terbuat dari campuran beras ketan berbumbu santan kelapa.
sumber : https://www.idntimes.com
Makanan khas ini tersaji dari adonan berat ketan, dan santan, yang kemudian dimasukan kedalam bilah-bilah bambu untuk dibakar pada parapian hingga matang. Pada saat Leumeung matang, Leumang tersebut bisa langsung dimakan dalam keadaan posisi sedang hangat. Nahh untuk makan Leumeung biasanya kalau warga Banten hhususnya warga Banten Selatan, biasanya mereka selalu makan ditambah dengan telur asin yang dijadikan sebagai menu pendampingnya. 
sumber : https://www.superadventure.co.id
Makanan khas ini cukup terbilang murah, dan Anda juga bisa membawa pulang sebagai oleh-oleh selama Anda berada di Provinsi Banten. Karena memang biayanya juga tidak terlalu mahal, masih dalam harga yang terjangkau, mungkin Anda juga bisa membeli dengan beberapa Leumeung diantaranya, agar keluarga, saudara, maupun teman Anda menjadi terbagi menikmati kenikmatan makanan khas Leumeung dari Banten ini.
sumber : http://faktabanten.co.id
Namun ada beberapa rangkaian ketika Anda mau mencoba memasaknya, ketika Anda tidak pas dalam memasaknya atau membungkusnya, maka didalamnya akan terkena areng yang melekat pada batang bamboo Leumeung. Maka dari itu ketika Anda memasaknya sebaiknya dalam pembungkusan, Anda bungkus makanan tersebut dengan cara yang rapih dan baik. Sehingga ketika dimakan, makanan tersebut dalam kondisi baik.
sumber : https://www.superadventure.co.id
Untuk membuat Leumeung relatif cukup sederhana, beras ketan berbumbu aneka macam rempah yanng telah diaduk dituangkan bersama santan kelapa kental kedalam bumbu yang berlapis daun pisang muda. Kemudian Leumeung dibakar diperapian, dengan kondisi yang rapih dan baik. Maka dari itu cara membakarnya juga harus berhati-hati, jangan sampai bumbu terbakar, karena jika sampe kena, nantinya Leumeung akan menghitam alias gosong.

Setelah proses masak-memasak itu selesai, bambu yang berisi beras ketan bakar sudah dapat dibawa kepasar, dan dijual perpotongnya dengan harga sebesar Rp. 1.000/Leumeung. Jika Anda membeli perbumbu harganya berkisar Rp. 7.000 sampai dengan Rp. 15.000 tergantung ukuran Leumeung.

Selamat menikmati kulinernya, selamat berwisata, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…