page contents Langsung ke konten utama

Makanan Khas Dodol Garut, Menjadi Ciri Khas Tersendiri dari Garut, Jawa Barat

Garut memiliki makan khas yang sejati, semua kalangan tentunya sudah mendengar dengan makanan khas ini yaitu Dodol. Dodol adalah panganan manis dari Indonesia dan juga Malaysia. Proses pembuatan dodol bermutu tinggi memerlukan waktu yang lama serta membutuhkan keahlian khusus. Bahan utama membuat dodol adalah santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Bahan tambahan pada dodol menentukan rasa. 
sumber : https://www.beritasatu.com
Jadi guys, kalau nanti Anda melihat, mendengar, merasakan yang namanya dodol dari durian yaitu disebut dodol durian, dodol dari sirsak disebut juga dodol sirsak, dodol dari nangka disebut juga dengan dodol nangka, dan dodol dari jahe disebut juga dodol jahe. Dodol khas Garut disebut dodol Garut. Dodol khas Kandangan, Kalimantan Selatan disebut dodol Kandangan. Dodol durian juga disebut lempok. Bila hanya disebut dodol saja, maka dodol tersebut hanya dibuat dari tepung ketan, gula merah, dan santan. 
sumber : https://www.olx.co.id
Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dodol disebut jenang. Jenang lebih lembek dari pada dodol, lebih basah berminyak, dan umumnya dijual dalam bentuk lempengan atau plastikan. Jenang diiris sesuai permintaan pembeli. Dodol lebih kering yaitu seperti kesat, dipotong dengan ukuran biasanya 2 cm×1 cm×3 cm. Pembungkus dodol berupa plastik atau kertas roti, atau juga dengan daun pisang, biasa itu sih kalau diacara nikahan orang-orang dari kampung, hehehe. 
sumber : https://www.google.com
Dan dodol dijual dalam jumlah besar di dalam kardus. Saat ini dodol mulai diminati konsumen dari negara lain, antara lain Belanda, Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Dodol Garut merupakan camilan khas Sunda dari Kota Garut, Jawa Barat. Terdapat banyak jenis Dodol Garut diantaranya dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya.
sumber : https://sonofmountmalang.com
Selain itu ada chocodot cokelat isi dodol pertama di dunia, dodol piknik yang merupakan dodol paling populer dan menjadi salah satu ikon Kota Garut serta masih banyak jenis dodol lainnya. Dodol ini termasuk makanan camilan yang rasanya manis dan lezat. Terdapat banyak sekali toko-toko atau warung-warung yang menyajikan dodol sebagai barang dagangannya. Di sepanjang jalan Kota Garut banyak penjual yang menjajakan Dodol Garut, terutama di jalan-jalan yang dijadikan sebagai pintu gerbang menuju ke daerah lain di sekitar Kota Garut.
sumber : http://www.ayotasik.com
Jadi kalau Anda sedang berada di kawasan Garut, atau Anda memang sengaja mau menikmati keindahan Garut, dengan berwisata, terasa kurang lengkap jika Anda tidak mencoba yang namanya dodol Garut ini. Dodol ini sudah terkenal dengan rasa aromanya yang membuat masyarakat ketagihan, dan Anda juga ketika menikmati pasti akan merasa ketagihan lagi dan lagi, hehehe. Dodol Garut sendiri mulai dikembangkan oleh seorang pengusaha bernama Ibu Karsinah sejak tahun 1926, dan terus bertahan dan berkembang hingga sampai saat ini. 
sumber : https://adira.co.id
Proses pembuatannya terbilang sederhana, dan bahan bakunya juga yang berupa tepung beras ketan, gula putih, susu, serta kelapa juga mudah diperoleh. Meski tidak menggunakan bahan pengawet, tetapi dodol Garut bisa tahan hingga tiga bulan. Jadi aman guys, jika kalian membeli dodol lalu Anda simpan dalam beberapa bulan, tapi ingat guys, usahakan cuman sampe 3 bulan yah.

Selamat menikmati dodolnya yah guys, semoga kalian suka, selamat menikmati kulinernya, selamat berwisata, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Lirik Kunci Gitar Chord Lagu Dadas Asep Balon X Resol

sumber : youtube@SG Entertainment Dm        G Aku tak apa          Em           A Aku engga apa apa Dm                              G Semoga bahagia kau disana                           C Dengan si goblog eta [INTRO]   C Em Am A Dm A G Em E7 Am Dm G C C Tataian ngadangu sia jadian            F Jeung nu bengetna poek ciga imah keur aliran       G Meskipun teu ngahiji aing tetep ngadoakan           C Semoga pas si eta apet ku warga dibangsatkeun C Salila ieu aing Pedekate jeung sia   F Mangbulan-bulan geus siga nyicil mio ka adira              G dekeutna jeung aing jadian jeung si beungeut rawing         C nyanguna jeung aing ngaliwetna jeung si a-jing C geus dadas jadian acan tapi teu reuwas da aing tampan       F na ari sia teu ngahargaan asa Raisa beungeut pas-pasan G hiji waktu sia bakal ngarasa kaduhung C                                             G miceun sampoerna mild sia kadon mulung puntung [Chorus]               F