page contents Langsung ke konten utama

Makanan Emping Melinjo, Makanan Khas dari Serang, Banten

Propinsi Banten merupakan satu wilayah yang diantara dalam bidang sentra industri, seperti yang salah satu ini adalah emping melinjo yang relatif besar di Indonesia. Sentra kuliner tersebut tersebar di hampir seluruh Kabupaten di Banten, salah satunya adalah Kabupaten Pandeglang. Usaha emping melinjo di Kabupaten Pandeglang baru dirintis sekitar pada tahun 1960. Sebelumnya, biji melinjo yang dihasilkan di daerah ini masih belum dimanfaatkan dengan seiring berjalannya waktu akhirnya bisa dijadikan makanan dan bisa dipasarkan.
sumber : https://id.carousell.com
Sebetulnya bukan cuman emping melinjo saja, Provinsi Banten banyak sekali dalam sentra kulinernya, selama Anda disana, Anda bisa mencicipi kuliner lainnya yang tidak kalah populernya dengan emping melinjo ini. Alangkah baiknya memang, jika kalian sengaja untuk berliburan ke wilayah atau daerah yang Anda tuju, sebaiknya Anda mencoba menikmati makanan khasnya. Karena setiap daerah selalu memiliki ciri khas dari makanan tersebut.
sumber : tokopedia.com
Untuk emping melinjo menurut dari data Dinas Perkebunan Banten, hingga akhir tahun 2004, menurut dinas secara keseluruhan luas lahan melinjo di Propinsi Banten kurang lebih sekitar 6.610 hektar dengan produksi 14.011 ton buah melinjo. Nahh dari total luas lahan tersebut, sebagian besar adalah 48% berada di Kabupaten Pandeglang dan sisanya tersebar di Kabupaten Lebak dan Serang. Pada awal-awal produksinya, hasil produksi emping melinjo dari Banten tidak dipasarkan di daerah setempat, melainkan dipasarkan di Jakarta.
sumber : https://lifestyle.okezone.com
Karena memang wilayah tersebut yang memungkinkan untuk dipasarkan. Potensi bahan baku biji melinjo yang banyak tersebut, menempatkan Pandeglang sebagai sentra industri emping yang penting. Menurut data dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar, Dinas Pertanian dan Peternakan dan Kantor Koperasi Kabupaten Pandeglang menginfomasikan di wilayah Pandeglang terdapat 125 pengusaha. Rata-rata, setiap pengusaha memperkerjakan antara 50 sampai 250 pengrajin.
sumber : blibli.com
Sumber daya ini dijalankan dengan keterlibatan tenaga kerja yang intensif sebagai pengrajin. Yang menjadikan makanan ini sebagai sumber ekonomi penambah para pengrajin. Pada umumnya, pengusaha emping melinjo di Pandeglang memberi pinjaman peralatan dan bahan baku kepada pengrajin untuk digunakan membuat emping. Emping yang dihasilkan oleh pengrajin kemudian dikembalikan lagi kepada pengusaha. 
sumber : tokopedia.com
Sedangkan pengrajin akan memperoleh upah dari pengusaha berdasarkan jumlah emping yang dihasilkan. Semoga dengan apa yang sudah kita lakukan menjadi berkah dan bermanfaat untuk kita semua. Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT, untuk bisa melakukan aktiftas, dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah, serta mudah-mudahan selalu dimudahkan rezekinya, Amin.

Selamat berwisata yah guys, selamat berkuliner juga, semoga liburan Anda menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Kuliner Gurih 7 Bogor Khas Sunda

Doyan makan? Gurih 7 memiliki resapan aroma yang menggoda, yang memiliki ciri khas seperti pada umumnya sebuah makanan. Untuk urusan kulineran menjadi tradisi masyarakat yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam masyarakat sunda ada dari mulai nama - nama makanan, cara memasak bumbu, hingga menyajikan citarasanya. Jika berkunjung ke Restoran Gurih 7 akan memberikan pengalaman lebih untuk Anda, bayangkan saja menyantap masakan saung lesehan dan kuliner khas sunda serta mendengarkan suara air terjun yang terletak di depan mata. sumber : https://www.tripadvisor.co.id Restoran ini merupakan satu-satunya restoran di pusat Kota Bogor yang mempunyai air terjun. Sungguh luar biasa kan guys?. Dengan jumlah saung lebih dari 60, Gurih 7 juga cocok untuk dijadikan tempat gathering bersama keluarga, rekan kerja, atau bahkan tempat wisata karena tempat ini berdekatan dengan toko kue dan oleh-oleh Khas Kota Bogor, yaitu Rumah Talas. Jangan sampe terlewatkan guys jika Anda sedang berkunjung di Ko