page contents Skip to main content

Kuliner Nasi Bakar Sumsum, Makanan Khas dari Serang, Banten

Makanan menjadi salah satu bagian utama dalam kehidupan, apalagi yang cepat laparan rasanya pengen makan terus yah, hahaha. Tapi ga kenapa- kenapa guys, semakin banyak makan, maka badan Anda semakin besar dan sehat. Cuman selain itu Anda juga harus menjaga kebugaran Anda guys dan kesehatan Anda dengan cara berolah raga. Agar tubuh Anda tetap terjaga dan Anda pun akan terasa enak dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
sumber : https://www.indonesiakaya.com
Nah kalau berbicara mengenai makanan, hampir di seluruh nusantara mengenal dengan salah satu penganan ini sebagai makanan pokok yang terdapat di Kota Serang, Banten. Di Serang, terdapat makanan yang berbahan utama nasi yang terkenal nikmat dan enak adalah nasi bakar sumsum. Awal mula nasi bakar sumsum ini, menjadi makanan khas di Serang yaitu sejak pada tahun 1941. Pada kala itu yang menjadi sebuah cerita dari bagian sejarah yaitu ada tukang potong hewan yang bekerja di daerah Serang, lalu beliau melihat sisa-sisa tulang yang terlihat seperti mubazir.
sumber : http://anriosonri.blogspot.com
Ketika saat itu akhirnya tulang itu pun dibawa pulang oleh dia. Ternyata tulang yang dibawanya menarik perhatian seorang pembeli untuk menggunakan tulang tersebut. Tulang itu pun dipecah-pecah untuk memudahkan penjualan. Suatu ketika pada saat itu bagian dalam tulang terdapat sumsum yang tidak terpakai sehingga dibuang oleh si tukang potong. hal ini kemudian dimanfaatkan oleh sang istri. Ia mempunyai ide untuk menggunakan sumsum tersebut untuk dicampur ke dalam nasi lalu dibakar.
sumber : https://www.indonesiakaya.com
Nah nasi yang telah dicampur sumsum itu kemudian dibakar dan menjadi sajian makanan sehari-hari. Dan akhirnya kebiasaan ibu ini pun terdengar oleh para tetangga yang tertarik untuk mencicipinya. Kejadian ini terus berlangsung, hingga sang ibu ini harus melebeli nasi bakar sumsumnya dengan sebuah harga dan menjualnya ke Kota Serang dengan menggunakan gerobak. Seiring dengan berjalannya waktu tanpa disangka, nasi bakar sumsum buatannya disukai oleh masyarakat yang mencicipinya.
sumber : https://www.indonesiakaya.com
Nasi bakar merupakan kuliner yang kini menjadi topik tranding makanan khas dari Sunda yang menjadi makanan khas dari wilayah bagian barat termasuk Banten. Nasi bakar ini berisi oncom, kadang-kadang ditambah juga dengan teri sebagai penambah pelezat rasa. Memasaknya juga dibakar di atas arang sehingga terasa sekali bau asap khas pembakaran yang tersisa saat nasi siap dihidangkan. Sampai saat ini, makanan nasi bakar sumsum ini menjadi buruan oleh masyarakat luar khususnya masyarakat Banten.
sumber : https://www.kompasiana.com
Bedanya dengan nasi biasa, nasi bakar bisa langsung dimakan tanpa lauk seperti nasi kucing. Bumbunya sudah menyerap ke dalam nasi sehingga tetap enak dimakan walau tanpa disertai lauk pauk. Jadi buat kalian sahabat wisata, nasi bakar cukup praktis dijadikan bekal di perjalanan karena ukurannya kecil dan kompak bentuknya yang hanya dibungkus daun pisang. Namun yang membedakan nasi bakar di Serang ini adalah isinya berupa sumsum yang lembut yang menggantikan teri.

Keunggulannya adalah sifat sumsum yang seperti lemak, bisa menjadi minyak pelumas nasi yang melezatkan sekaligus lauk karena tidak semua sumsum ikut melebur sehingga menjadi semacam gajih untuk melengkapi nasinya sendiri. Selain itu, memang akan lebih nikmat lagi bila ditambah lauk yang seirama seperti kalanya sate sapi atau kerbau. Hemm udah deh nikmatnya menjadi berlipat ganda. Disamping Anda menikmati kelzetan antara nasi bakar sumsum dengan sate sapi, Anda bisa menikmati kesegaran minuman es jeruk, serta bisa menetralisir lemak dalam perut.

Selamat berwisata guys, selamat berkuliner, semoga liburan Anda menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…