page contents Skip to main content

Kue Pasung, Makanan Khas dari Serang, Banten

Makanan yang satu ini adalah makanan khas dari Porvinsi Banten, yang merupakan makanan yang menyajikan dengan rasa kenikmatan yang menuai ketika terserat dalam lidah. Makanan khas ini menjadi buruan para pengunjung yang sedang menikmati keindahan wilayah Banten ini. Makanan ini Anda bisa temukan diwarung-warung pinggir jalan didalam kawasan wilayah Provinsi Banten. Dengan kelezatan dan kenikmatannya yang membuat menggoda di mabuk kepayang.
sumber : youtube.com
Kue Pasung merupakan makanan khas Banten, kue ini memiliki ciri dan keunikan tersendiri. Konon katanya kue ini bisa ditemui di daerah Serang, Pandeglang, Lebak dan Cilegon pada acara-acara tertentu seperti pada acara pernikahan, khitanan dan perayaan-perayaan keagamaan. Bagi Anda yang berkunjung ke Serang, kue ini bisa ditemui di pasar  Taman Sari diwaktu subuh hingga pagi hari. Jadi Anda bisa menikmati sarapan Anda dengan makan kue pasung ini.
tokopedia.com
Kue Pasung telah dikenal lama oleh masyarakat lebak, karena merupakan perpaduan kultur berbeda antara makanan khas Sunda dan makanan khas Jawa yang menjadi primadona dari dulu sampai sekarang. Rasanya yang manis dan legit di mulut akan menggugah selera Anda. Kue Pasung ini berbahan dasar tepung beras, hanya saja dalam membuat kue kasung ini terdiri dari dua adonan. Adonan yang pertama dari campuran gula aren atau merah dan tepung beras, sedangkan yang kedua dari santan dan tepung sagu sehingga kue pasung menjadi kenyal.
facebook.com
Selain itu agar kuenya memiliki tekstur dan wangi biasanya ditambahkan potongan kelapa atau nangka. Biasanya kalau kue pasung dari Bali itu dibungkus dengan daun bambu, berbeda dengan kue pasung dari Banten,  yang digulung dengan daun pisang kemudian dibentuk seperti corong. Teknik memasaknya juga unik, adonan tepung beras dan gula merah dimasukkan sebanyak ¼ kedalam contong kemudian dikukus sampai mengeras kemudian diangkat dan masukkan adonan santan dan tepung sagu kemudian kukus lagi sampai matang kurang lebih 15 menit. Hemm kalian juga bisa membuatnya ko.
sumber : http://kabarlembur.blogspot.com
Kue pasung ini berbahan dasar tepung beras, hanya saja dalam membuat kue pasung ini terdiri dari dua adonan. Adonan yang pertama dari campuran gula aren/merah dan tepung beras sedangkan yang kedua dari santan dan tepung sagu, sehingga kue pasung menjadi kenyal. Selain itu agar kuenya memiliki tekstur dan wangi biasanya ditambahkan potongan kelapa atau nangka. Berikut ada beberapa resep untuk membuat kue pasung ini, barang kali Anda mau mencobanya dirumah, hehe.

Bahan Pertama
  • 150 gram tepung beras
  • 300 gram gula jawa didihkan dengan 150 cc air 
  • 500 cc santan
  • 50 gram tepung sagu
Bahan Kedua
  • 1000 cc santan kental
  • 75 gram gula jawa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 gram tepung beras
  • 30 gram tepung sagu
  • 125 cc air
  • dan daun pisang dibentuk contong/kerucut
Cara Penyajian
  • Uleni tepung beras dan gula jawa selama 10 menit
  • Lalu campur santan dengan tepung, kemudian masukan kedalam adonan tepung beras dan aduk-aduk menggunakan sendok kayu
  • Masak santan sampai menggumpal dan berminyak, lalu diangkat dan disaring
  • Kemudian, masak gula jawa, garam dan 75 cc air sampai mendidih lalu saring dan masukan kedalam tepung beras yang telah ditempatkan didalam wadah cekung.
  • Campur tepung sagu dengan sisa air, kemudian masukan kedalam adonan santan dan tepung beras, lalu masukan adonan pertama kedalam centong 3/4 penuh.
  • Jika sudah, maka kukus sampai mengeras lalu masukan adonan kedua sampai penuh dan kukus sampai matang
Selamat berkuliner yah guys, selamat berwisata berwisata, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…