page contents Skip to main content

Kue Cucur, Makanan Khas Serang, Banten

Menyimpan berjuta keindahan, itulah yang dimiliki oleh Provinsi Banten. Berbagai budaya dengan ciri khasnya, kearifan lokalnya hingga berbagai wisatanya dan kulinernya. Provinsi Banten dikenal sebagai daerah yang kaya akan disentinasi wisata. Selain wisata pantai, religi, sejarah, bumi kesultanan tersebut juga dikenal dengan wisata kuliner yang membuat wisatawan dimabuk kepayang. Sehingga selalu banyak orang yang berdatangan menikmati keindahan wilayah ini.
sumber : http://idcmore.com
Melimpahnya jenis kuliner di Provinsi Banten bisa dilihat pada saat di bulan suci Ramadan ini. Sejumlah sentra jajanan maupun makanan berbuka puasa kue kuliner khas Banten dijajakkan pedagang. Saat Ramadan ini, kuliner Banten menjadi sangat primadona,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten Eneng Nurcahyati. Ia mengatakan, Ramadan ini memiliki banyak berkah, termasuk untuk promosi wisata kuliner khas Banten.
sumber : http://novriyadi7.blogspot.com
Masyarakat makin menyukai kuliner khas Banten. Menyampaikan apresiasi kepada Menpar Arief Yahya yang juga turut mempromosikan kuliner Banten. Menurut pria kelahiran 2 April 1961 ini, banyaknya restoran Indonesia yang berdiri di berbagai Negara di dunia juga adalah bukti bahwa kuliner Indonesia mampu untuk bersaing di pasar global. Maka sangat disayangkan jika kita sebagai anak bangsa tak mau mengenal makanan khas dari daerah.
sumber : http://idcmore.com
Yang menjadi daya tarik dari dahulu hingga saat ini adalah kuliner makanan kue cucur. Makanan ini menjadi menu utama juga dari bagian makanan pada saat bulan suci Ramadan ini. Menjadikan sebagai wilayah tercinta bagi masyarakat serang hingga masyarakat luar untuk menikmati kelezatan kue cucur ini. Sehingga semakin bertambah menu utama ketika menikmati makanan pada saat berbuka puasa.

Kue cucur ini merupakan kue kuliner khas banten dari Sareweh yang terletak di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Orang Sareweh biasa menyebutnya cuhcur. Namun di Serang, Banten disebut kue cucur. Kue yang terbuat dari bahan dasar gula merah dan tepung beras ini biasa disajikan untuk acara-acara pernikahan, acara keluarga, bahkan menjadi camilan sehari-hari. Kue ini sekilas memang menyerupai serabi, bukan cuman bentuknya saja, rasanya pun seperti selayaknya memakan surabi.
sumber : https://mixerroti.id
Meskipun sama-sama disajikan dengan alas daun pisang dan berbentuk bulat, namun kue cucur sedikit berbeda. Kue yang proses pembuatannya cukup lama ini berwarna kecoklatan dengan tekstur adonan yang lebih tebal dan berserat. Warna cokelat kue ini berasal dari gula merah yang membuatnya terasa legit. Bagi Anda yang suka dengan kue cucur, mungkin bisa mencoba untuk membuat sendiri, sehingga siapa tau Anda bisa memasarkan, dan menjadi sumber daya ekonomi untuk Anda.

Selamat berliburan yah guys, semoga liburan Anda menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…