page contents Langsung ke konten utama

Kue Apem Makanan Khas dari Serang, Banten

Makanan ini mungkin Anda sering mendengar dan merasakan, makanan ini biasanya ramai pada saat menjelang bulan puasa hingga lebaran tiba. Karena makanan ini menjadi menu utama juga ketika para emak-emak membuat kue sebagai makanan yang akan disantap ketika bulan puasa hingga lebaran. Kue ini rasanya manis sehingga cocok untuk berbuka. Kue Apem terbuat dari tepung beras dan tape singkong, cara memakannya lebih enak jika dicampur dengan gula merah dan sirup. 
sumber : https://mangcook.com
Salah satu daerah di Banten yang terkenal akan pembuatan kue Apemnya adalah daerah Cimanuk. Rasanya kue ini terasa lembut di lidah sehingga banyak diminati oleh masyarakat sekitar hingga masyarakat dari luar. Banyak warnanya ada yang putih, merah, kuning, hingga ijo sesuai yang kalian suka saja mau warna yang seperti apa. Walaupun berbeda warna tetapi rasanya tetap sama guys, hehehe. Jadi kalian bisa mencoba semuanya.
sumber : https://merahputih.com
Cimanuk adalah sebuah Kecamatan, yang berada di dalam administratif Kebupaten Pandeglang. Sejak dahulu kenikmatan apem ini sudah menyebar luas bukan hanya di daerah pandeglang saja, melainkan sudah kedaerah-daerah yang lainnya. Makan ini juga lucu untuk mendapatkannya, karena makanan ini biasa di jual oleh para penjual dengan cara di pikul. Apem ini mudah ditemui pada bulan tertentu saja, seperti bulan sapar dan bulan puasa.
sumber : https://www.bantennews.co.id
Makanan ini terbuat dari tepung beras dan tape, dalam satu hidangan dengan saus gula merah. Cara memakannya dengan cara dicelupkan kedalam kuah saos gula merah, hemm seperti menyelupkan oreo guys, hahaha. Jadi ketika Anda sengaja bermain ke wilayah Banten, mungkin Anda bisa mampir untuk mencicipi kelezatan kue apem ini. Tidak perlu khawatir karena sudah banyak penjual juga disana, cuman kalau bisa Anda datang pada saat bulan sapar atau bulan puasa.
sumber : https://fjb.kaskus.co.id
Nah untuk Anda yang merasa penasaran dengan kelezatan kue apem ini, Anda juga bisa mencobanya dirumah. Untuk Anda jadikan sebagai makanan pelengkap disela-sela kesantaian Anda bersama keluarga. Berikut bahan dan cara untuk membuat kue apem.

Bahan
  • 200 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 175 gram gula pasir
  • 400 mili liter air
  • 25 mili liter air daun suji dari 25 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan
  • 8 tetes pasta pandan
Cara membuat:
  • Campur tepung beras, tepung terigu, baking powder, dan garam, dan aduk hingga merata
  • Setelah itu masukkan gula, dan tambahkan setengah bagian air sedikit-sedikit serta sambil diuleni merata hingga 15 menit.
  • Masukkan sisa air dan air daun suji sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan hingga menyatu
  • Setelah itu diamkan 1 jam sampai adonan mengembang dua kali lipat
  • Panaskan wajan kue ape di atas api besar sambil dioles dengan sedikit minyak, lalu tuang adonan
  • Setelah itu tekan bagian tengahnya hingga sisinya berkulit, dan tutup. Jangan lupa untuk kecilkan api, setelah itu biarkan matang. Jadi begitu guys, cara membuat kue apem
Selamat berwisata yah guys, selamat berkuliner, semoga liburan Anda menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Lirik Kunci Gitar Chord Lagu Dadas Asep Balon X Resol

sumber : youtube@SG Entertainment Dm        G Aku tak apa          Em           A Aku engga apa apa Dm                              G Semoga bahagia kau disana                           C Dengan si goblog eta [INTRO]   C Em Am A Dm A G Em E7 Am Dm G C C Tataian ngadangu sia jadian            F Jeung nu bengetna poek ciga imah keur aliran       G Meskipun teu ngahiji aing tetep ngadoakan           C Semoga pas si eta apet ku warga dibangsatkeun C Salila ieu aing Pedekate jeung sia   F Mangbulan-bulan geus siga nyicil mio ka adira              G dekeutna jeung aing jadian jeung si beungeut rawing         C nyanguna jeung aing ngaliwetna jeung si a-jing C geus dadas jadian acan tapi teu reuwas da aing tampan       F na ari sia teu ngahargaan asa Raisa beungeut pas-pasan G hiji waktu sia bakal ngarasa kaduhung C                                             G miceun sampoerna mild sia kadon mulung puntung [Chorus]               F