page contents Langsung ke konten utama

Kenikmatan Terpancarkan di Balik Sate Bandeng, Makanan Khas dari Serang, Banten

Wilayah ini menjadi wilayah yang selalu di idolakan oleh kalangan masyarakat baik dari masyarakat setempat hingga dari masyarakat luar. Dengan keindahan dan kenikmatan makanannya yang membuat orang-orang dimabuk kepayang. Wilayah ini tidak terlalu luas hanya dengan 9.663 km². Banten adalah sebuah provinsi di Tatar Pasundan, serta wilayah paling barat di Pulau Jawa, Indonesia. 
sumber : https://merahputih.com
Provinsi ini pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang. Wilayah laut Banten merupakan salah satu jalur laut potensial, Selat Sunda merupakan salah satu jalur lalu lintas laut yang strategis karena dapat dilalui kapal besar yang menghubungkan Australia dan Selandia Baru dengan kawasan Asia Tenggaramisalnya Thailand, Malaysia, dan Singapura.
sumber : http://initu.id
Nah yang kini menjadi bahan perbincangan oleh masyarakat adalah dengan kulinernya yang nikmat dilidah, apalagi dengan makanan yang satu ini adalah Sate Bandeng. Sate bandeng merupakan makanan khas Banten dan banyak ditemui di daerah Serang. Makanan olahan dari ikan bandeng ini diperkenalkan oleh juru masak kerajaan Banten pada abad ke 16 untuk menjamu para tamu kerajaan. Karena ikan bandeng memiliki banyak duri sehingga menyulitkan saat dikonsumsi.
sumber : https://merahputih.com
Juru masak menyajikan ikan bandeng dengan cara yang berbeda agar dapat dikonsumsi tanpa harus kesulitan saat di makan, sehingga terciptalah sate bandeng dan masih populer hingga sekarang. Sate bandeng khas banten ini salah satu kuliner yang wajib untuk dinikmati. Rasa gurih daging bandeng yang diolah menggunakan santan kelapa yang dipadukan dengan sangrai biji ketumbar sungguh membuat Sate Bandeng khas Banten ini semakin nikmat dan gurih di lidah.
sumber : https://merahputih.com
sumber : https://merahputih.com
Kalau Anda merasa males untuk membelinya, dan Anda mau menikmatinya, Anda bisa tuangkan masakan Anda dengan membuat Sate Bandeng, berikut cara penyiapan bumbu dan penyajiannya.

Bahan-bahan
  • 2 ekor ikan bandeng ( masing- masing 600 gram)
  • 50 gram kelapa parut kasar, disangrai
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh air asam
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • daun pisang untuk membungkus
  • bambu untuk penjepit
Bumbu-bumbu
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh jintan
  • 1 cm jahe
  • 1 cm lengkuas
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
Cara Penyajian atau Pengolahan :
  • Pertama adalah pukul-pukul ikan bandeng, lalu patahkan tulang ekornya setelah itu keluarkan
  • Ambil 370 gram dagingnya dengan memakai sendok
  • Sangrai daging bandeng hingga kering, lalu pisahkan durinya.
  • Panaskan minyak setelah itu tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan daging bandeng, kelapa sangrai, garam, gula pasir, dan air asam. lalu aduk hinnga merata.
  • Masukkan telur dan santan. Aduk hingga mrata. Ambil sedikit adonan, setelah itu sisihkan dan bagi 2 bagian adonan.
  • Masukkan masing-masing adonan ke dalam kulit bandeng, setelah itu dibentuk kembali.
  • Jepit bandeng dengan bumbu dan bungkus dengan daun pisang.
  • Panggang sampai matang, setelah itu olesi sisa bumbu. Panggang lagi sambil dibolak-balik hingga sampai matang
Jadi gitu guys, cara membuat makanan iniSelamat mencoba yah guys, semoga hasilnya sesuai dengan rasa yang aslinya sehingga Anda bisa rasakan sensasi kenikmatan masakan khas Serang Banten ini guys, hehehe. Selamat berwisata guys, selamat berkuliner, semoga liburan Anda menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Lirik Kunci Gitar Chord Lagu Dadas Asep Balon X Resol

sumber : youtube@SG Entertainment Dm        G Aku tak apa          Em           A Aku engga apa apa Dm                              G Semoga bahagia kau disana                           C Dengan si goblog eta [INTRO]   C Em Am A Dm A G Em E7 Am Dm G C C Tataian ngadangu sia jadian            F Jeung nu bengetna poek ciga imah keur aliran       G Meskipun teu ngahiji aing tetep ngadoakan           C Semoga pas si eta apet ku warga dibangsatkeun C Salila ieu aing Pedekate jeung sia   F Mangbulan-bulan geus siga nyicil mio ka adira              G dekeutna jeung aing jadian jeung si beungeut rawing         C nyanguna jeung aing ngaliwetna jeung si a-jing C geus dadas jadian acan tapi teu reuwas da aing tampan       F na ari sia teu ngahargaan asa Raisa beungeut pas-pasan G hiji waktu sia bakal ngarasa kaduhung C                                             G miceun sampoerna mild sia kadon mulung puntung [Chorus]               F