page contents Skip to main content

Kelezatan di Balik Makanan Rabeg, Makanan Khas dari Serang, Banten

Tidak ada habisnya untuk mendapatkan kenikmatan yang hakiki yang kini bisa dinikmati bersama makanan rabeg, makanan yang khas dari Banten. Makanan yang memiliki cita rasa yang luar biasa membuat kalangan orang merasa ketagihan dengan kelezatan yang dimiliki oleh makanan yang satu ini. Menyajikannya juga tidak susah dan tidak ribet, jadi sebetulnya Anda juga bisa membuatnya sendiri guys, tidak perlu membeli ke pedagang kalau memang kalian pengen memasaknya sendiri.
sumber : https://lifestyle.okezone.com
Rabeg merupakan masakan khas Banten, yang memang sudah sangat terkenal. Pada zaman dulu, rabeg merupakan masakan favorit Sultan Banten guys. Masakan berkuah yang berbahan dasar jeroan kambing ini memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat. Nah makanan ini teasa enak disantap ketika selagi masih hangat. Makan rebeg ini bisa menjadi pelengkap liburan Anda selama dalam kawasan Serang, Banten Anda bisa menikmatinya makanan khas dari Banten ini.
sumber : http://harnas.co
Awal mula terciptanya hidangan khas Banten ini berawal dari perjalanan Sultan Maulana Hasanuddin yang pergi berhaji pada Abad ke 17. Pada kala itu “Sang Sultan” mendarat di sebuah kota wilayah Kerajaan Saudi Arabia yang bernama Rabiq. Kota tersebut adalah sebuah kota kuno yang sebelumnya bernama Al Johfa. Pada awal abad ke 17, kota ini hancur karena ombak, dan dibangun kembali menjadi kota yang indah dengan nama baru yaitu Rabiq.
sumber : http://mondalego.blogspot.com
Ketika Sang Sultan mendarat di sana, Sultan Banten sangat terkesan dengan keindahan kota itu. Sang Sultan pun sempat dihidangkan masakan daging kambing dengan bumbunya yang memikat lidah. Terkesan dengan rasanya, ia menikmati hidangan itu dengan lahap. Sultan sempat bertanya tentang masakan tersebut. Tidak disebutkan bagaimana sultan bertanya, apakah menunjuk hidangan daging kambing, atau menunjuk ke bumi.
sumber : https://saliha.id
Namun, yang ditanya rupanya salah mengartikan pertanyaan Sultan, karena mengira pertanyaan yang dimaksud adalah soal tempat yang baru saja disinggahinya, padahal sultan bertanya soal hidangan kambing itu dan dijawab Rabiq. Rasanya yang agak pedas selalu menjadi incaran para pecinta kuliner. Rabeg juga menjadi hidangan lezat bersama keluarga, sehingga makanan ini cocok disajikan pada saat hari raya atau hari lebaran. Nah jika Anda mau mencoba memasaknya, Anda bisa melihat langkah-langkahnya untuk menyajikan makanan rabeg ini.
    Bahan - Bahan
    • 1 kg jeroan kambing : babat, usus, paru, jantung, ati.
    • Bumbu
    • 100 gram bawang merah
    • 100 gram bawang putih
    • 3 sdm lada putih
    • 10 buah cabai rawit
    • 1 butir biji pala
    • 2 cm lengkuas
    • 2 cm jahe
    • 3 cm kayu manis
    • 5 sdm Kecap Bango atau gula merah
    • 1 batang serai, memarkan
    • 3 lembar daun salam
    Cara Penyajian
    • Cincang bawang merah dan bawang putih. Memarkan jahe, lengkuas dan biji pala
    • Tumis semua bumbu sampai harum, kecuali daun salam dan serai
    • Rebus jeroan kambing dengan daun salam dan serai dengan api sedang
    • Setelah jeroan matang, tetapi belum empuk, keluarkan dan tiriskan
    • Sisa rebusan dipakai untuk rebusan tumisan bumbu
    • Potong-potong jeroan, masukkan kembali ke dalam masakan
    • Masak sampai jeroan dan bumbu meresap kental
    Jadi gitu guys, cara membuat makanan iniSelamat mencoba yah guys, semoga hasilnya sesuai dengan rasa yang aslinya sehingga Anda bisa rasakan sensasi kenikmatan masakan khas Serang Banten ini guys, hehehe. Selamat berwisata guys, selamat berkuliner, semoga liburan Anda menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

    Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
    Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
    Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

    Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

    Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

    Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

    Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…