page contents Langsung ke konten utama

Wisata Keraton Kaibon Banten Lama Serang Banten

Setiap daerah memiliki sejarah tersendiri, memiliki sepeninggalan atau warisan pada jaman dahulu seperti yang terdapat di Serang Banten tepatnya di Kasunyatan, Kesemen, Serang, Banten. Yang menjadi bagian dari warisan ini adalah Karaton Kaibon Banten Lama. Bagian dari sejarah ini pada saat itu dibangun pada tahun 1815, keraton ini menjadi keraton kedua di Banten setelah Keraton Surosowan. Berbeda dengan Keraton Surosowan, sebagai pusat pemerintahan, Keraton Kaibon dibangun sebagai tempat tinggal Ratu Aisyah. Maka dari itu hal ini dikarenakan Sultan Syafiudin sebagai Sultan Banten ke 21 saat itu usianya masih 5 tahun. Nama Kaibon sendiri dipastikan diambil dari kata keibuan yang memiliki arti bersifat seperti ibu yang lemah lembut dan penuh kasih sayang.
sumber : https://inilahbanten.co.id
Kalian perlu tahu guys, dari bagain sejarah yang ada diwilayah kalian khususnya di Provinsi Serang Banten ini. Pada Tahun 1832 Keraton Kaibon dihancurkan oleh pihak Belanda yang dipimpin oleh Gubernur VOC saat itu, Jenderal Daen Dels. Penyerangan dilakukan karena Sultan Syaifudin menolak dengan keras permintaan sang jenderal untuk meneruskan pembangunan Jalan Raya Anyer-Panarukan. Bahkan utusan jendral yang bernama Du Puy dibunuh sultan hingga kepalanya dipenggal kemudian dikembalikan kepada jendral Daen Dels. 
sumber : https://www.kaskus.co.id
Marah besar, jendral VOC tersebut menghancurkan keraton Kaibon hingga meninggalkan puing-puing yang tersisa saat ini. Perlu Anda ketahui bahwa kita sudah sepatutnya menjaga dan melestarikan akan keindahan ciptaan Allah SWT. Dan kita bener - bener perlu tahu  dan memahami arti dari bagian sejarah tersebut. Terbuat dari batu merah dan karang. Di tengahnya terdapat kolam pemandian berbentuk persegi 4 yang konon merupakan pemandian para putri.
sumber : https://www.1001wisata.com
Keraton Kaibon Banten Lama dijadikan suatu bagian dari obyek wisata yang selalu diburu oleh parawisatawan baik dari kaum anak - anak, kaum muda hingga orang tua yang sengaja membawa keluarganya dan anak - anak untuk mengenal Keraton Kaibon Banten Lama yang menjadi bagian dari sejarah Provinsi Banten. Anda tentunya pasti pernah mendengar tentang kerajaan Islam Banten atau setidaknya pernah membaca tentang salah satu kerajaan Islam di Nusantara ini. Kerajaan Islam Banten terletak di daerah provinsi Banten. Untuk anda yang belum tahu, Banten adalah nama sebuah provinsi baru yang awalnya menyatu dengan Jawa Barat. Provinsi ini terletak di sebelah barat Pulau Jawa.
sumber : https://travel.kompas.com
Tentunya pasti akan menjadi suatu rasa penasaran bagi kalian yang belum pernah mengunjungi Keraton Kaibon Banten Lama. Jadi guys untuk mencapai tempat ini Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Kalau Anda Jakarta dapat menuju Kota Serang dan selanjutnya melanjutkan perjalanan ke arah utara Kota Serang tepatnya ke arah Kasemen. Bila Anda menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menuju terminal Pakupatan yang berada di kota Serang. Setelah itu Anda bisa naik kendaraan umum menuju pasar lama dan melanjutkannya menuju Banten Lama. 
sumber : https://www.bantenwisata.com
Atau Anda juga dapat menyewa kendaraan umum untuk langsung menuju Banten Lama. Tidak perlu khawatir ketika Anda mau masuk Keraton Kaibon Banten Lama, Anda tidak dikenakan biaya sepeserpun, jadi full gratis. Anda hanya menyiapkan biaya untuk transportasi Anda saja selama dalam perjalanan Anda baik dalam posisi keberangkatan hingga pulang. Dan tidak lupa juga untuk menyiapkan bahan makanan Anda selama berwisata. Untuk jam operasional atau jam buka Keraton Kaibon Banten Lama mulai dari jam 08:00 WIB hingga sampai jam 17:00 WIB.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata ya guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Kuliner Gurih 7 Bogor Khas Sunda

Doyan makan? Gurih 7 memiliki resapan aroma yang menggoda, yang memiliki ciri khas seperti pada umumnya sebuah makanan. Untuk urusan kulineran menjadi tradisi masyarakat yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam masyarakat sunda ada dari mulai nama - nama makanan, cara memasak bumbu, hingga menyajikan citarasanya. Jika berkunjung ke Restoran Gurih 7 akan memberikan pengalaman lebih untuk Anda, bayangkan saja menyantap masakan saung lesehan dan kuliner khas sunda serta mendengarkan suara air terjun yang terletak di depan mata. sumber : https://www.tripadvisor.co.id Restoran ini merupakan satu-satunya restoran di pusat Kota Bogor yang mempunyai air terjun. Sungguh luar biasa kan guys?. Dengan jumlah saung lebih dari 60, Gurih 7 juga cocok untuk dijadikan tempat gathering bersama keluarga, rekan kerja, atau bahkan tempat wisata karena tempat ini berdekatan dengan toko kue dan oleh-oleh Khas Kota Bogor, yaitu Rumah Talas. Jangan sampe terlewatkan guys jika Anda sedang berkunjung di Ko