page contents Langsung ke konten utama

Wisata Kampung Baduy Serang Banten

Di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ada yang namanya Kampung Baduy. Sebutan "Baduy" merupakan sebutan yang diberikan oleh penduduk luar kepada kelompok masyarakat tersebut. Setiap wilayah atau Provinsi itu bisanya memiliki khas wilayah itu sendiri seperti yang salah satu ini "Kampung Baduy". Dulu itu kata - kata "Baduy" berawal dari sebutan para peneliti Belanda yang agaknya mempersamakan mereka dengan kelompok Arab Badawi yang merupakan masyarakat yang berpindah-pindah (nomaden).
sumber : http://travel.tribunnews.com/
Kemungkinan lain adalah karena adanya Sungai Baduy dan Gunung Baduy yang ada di bagian utara dari wilayah tersebut. Mereka sendiri lebih suka menyebut diri sebagai urang Kanekes atau "orang Kanekes" sesuai dengan nama wilayah mereka, atau sebutan yang mengacu kepada nama kampung mereka seperti Urang Cibeo (Garna, 1993). Bahasa yang mereka gunakan adalah Bahasa Sunda. Untuk berkomunikasi dengan penduduk luar mereka lancar menggunakan Bahasa Indonesia, walaupun mereka tidak mendapatkan pengetahuan tersebut dari sekolah.
sumber : https://gpswisataindonesia.info
Biasanya orang badut itu suka berjualan di stasiun, biasanya mereka berjualan madu. Orang Kanekes Dalam tidak mengenal budaya tulis, sehingga adat-istiadat, kepercayaan/agama, dan cerita nenek moyang hanya tersimpan di dalam tuturan lisan saja. Orang Kanakes tidak mengenal sekolah, karena pendidikan formal berlawanan dengan adat-istiadat mereka. Mereka menolak usulan pemerintah untuk membangun fasilitas sekolah di desa-desa mereka.
sumber : https://qubicle.id
Bahkan hingga hari ini, walaupun sejak era Soeharto pemerintah telah berusaha memaksa mereka untuk mengubah cara hidup mereka dan membangun fasilitas sekolah modern di wilayah mereka, orang Kanekes masih menolak usaha pemerintah tersebut. Akibatnya, mayoritas orang Kanekes tidak dapat membaca atau menulis. Hemm lucu yah orang - orang itu, hehehe. Indonesia memiliki banyak suku yang tersebar dari pulau Sumatera sampai Papua dan jumlahnya bisa mencapai ribuan suku.
sumber : http://campatour.com
Nah untuk yang ini yaitu Pulau Jawa. Pulau Jawa menjadi salah satu yang memiliki jumlah suku paling banyak. Suku Baduy itu sendiri terdiri dari 2 kelompok, yaitu suku Baduy dalam dan suku Baduy luar guys. Mau tau seperti apa suku baduy luar dan suku baduy dalam?

Suku Baduy Dalam
Kelompok Baduy dalam atau Tangtu ini adalah kelompok yang tinggal di dalam hutan dan juga paling patuh pada aturan yang sudah ditetapkan oleh kepala adat mereka. Ciri khas dari suku Baduy dalam ini adalah pakaiannya yang tidak berkancing dan berkerah, tidak memakai alas kaki, dan pakaiannya berwarna putih atau biru tua. Suku Baduy dalam ini juga tidak mengenal teknologi, uang dan sekolah sehingga hanya bisa berkomunikasi dengan bahasa asli mereka, yaitu bahasa Sunda dan membaca huruf atau aksara Hanacara.

Suku Baduy Luar
Berbeda dari suku Baduy dalam, suku Baduy luar ini tinggal di daerah yang letaknya mengelilingi wilayah tinggal suku Baduy dalam. Suku Baduy luar ini juga sudah mengenal kebudayaan luar seperti sekolah dan uang loh guys. Karena sudah mengenal uang, maka teman-teman bisa melihat beberapa orang suku Baduy luar pergi untuk menjual madu hutan. Pakaian yang dipakai oleh suku Baduy luar ini juga berbeda dengan suku Baduy dalam, yaitu berwarna putih. Jika ingin melihat secara langsung kehidupan suku Baduy, teman-teman bisa lo berwisata ke kampung Baduy yang ada di Lebak, Banten. Hem sangat lucu yah mereka ini, hehehe.

Ada beberapa yang perlu kalian tau ketika Anda mau berkunjung ke Kampung Baduy.

1. Persiapkan fisik 
Kampung Baduy atau orang Baduy sendiri terbagi dalam dua wilayah yakni Baduy Luar dan Baduy Dalam, yang juga terbagi atas 65 kampung guys. Untuk bisa sampai ke kampung - kampung tersebut bahkan di Baduy Dalam, Anda akan menempuh perjalanan setapak yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. “Pertama yang mereka ingin tahu Anda harus tahu dulu soal Baduy. Jangan muluk-muluk untuk senang-senang karena ini bukan piknik. Mereka harus trekking, perjalanan cukup jauh, jadi pikirkan fisik.

2. Persiapkan Peralatan 
Setelah dipastikan fisik Anda kuat untuk trekking dengan jarak yang cukup jauh juga perjalanan dengan waktu lama, maka siapkan peralatan lainnya. “Kedua peralatan yang dibawa harus mumpuni karena tahu akan trekking. Alat-alat yang dimaksudkan seperti halnya, menggunakan sepatu yang nyaman, sebab jalan setapak terbuat dari bebatuan kali. Bahkan jika turun hujan, jalanan tersebut cukup licin. Kemudian juga persiapkan jas hujan, jaket, menggunakan ransel, senter, dan sleeping bag untuk digunakan saat tidur.

3. Membawa Makanan Sendiri
Jika Anda menginap di rumah-rumah penduduk, bisa membawa makanan basah yang bisa dimasak di sana juga camilan. Sesampainya Anda di rumah penduduk, tidak akan menemukan warung makan, memang di siang hari ada beberapa penjual dari luar desa tersebut yang berjualan seperti mi bakso. Tetapi di malam hari, Anda bisa memasak untuk santapan malam bersama.

4. Taati Aturan 
Desa adat ini betul-betul memegang teguh adat istiadat, sehingga nantinya para pengunjung pun diimbau menaati peraturan yang ada. Di Baduy Dalam, ada beberapa peraturan yang harus ditaati. Seperti halnya diungkapkan oleh tokoh adat di sana, Ayah Mursid, bahwa di Baduy Dalam tidak boleh mengambil foto atau pun video. Kemudian jika mandi disungai tidak boleh menggunakan sabun, shampo, dan pasta gigi. Maka dari itu, Keke menambahkan, jika wisatawan berkunjung ke sana sebaiknya bisa menghargai dan menaati aturan juga kearifan lokal Suku Baduy.

5. Tidak Meninggalkan Sampah 
Dan yang luar biasa adalah soal sampah. Disana ada larangann untuk membuang sampah sembarangan. Sehingga ada baiknya para pengunjung membawa kembali sampah-sampah mereka. “Harus ketahui bahwa (Suku Baduy) memelihara alam dengan sangat baik. Kalau ada larangan dilarang buang sampah sembarangan, ya dihargai. Jangan penuhi desa ini dengan sampah, tidak ada salahnya juga kalau Anda untuk membawa sampah kembali. Jadi kita harus paham dan mengerti betapa luar biasanya mereka akan kebersihan guys.

Jadi seperti itu guys, ketika Anda mau berkunjung ke Kampung Baduy. Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata ya guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Lirik Kunci Gitar Chord Lagu Dadas Asep Balon X Resol

sumber : youtube@SG Entertainment Dm        G Aku tak apa          Em           A Aku engga apa apa Dm                              G Semoga bahagia kau disana                           C Dengan si goblog eta [INTRO]   C Em Am A Dm A G Em E7 Am Dm G C C Tataian ngadangu sia jadian            F Jeung nu bengetna poek ciga imah keur aliran       G Meskipun teu ngahiji aing tetep ngadoakan           C Semoga pas si eta apet ku warga dibangsatkeun C Salila ieu aing Pedekate jeung sia   F Mangbulan-bulan geus siga nyicil mio ka adira              G dekeutna jeung aing jadian jeung si beungeut rawing         C nyanguna jeung aing ngaliwetna jeung si a-jing C geus dadas jadian acan tapi teu reuwas da aing tampan       F na ari sia teu ngahargaan asa Raisa beungeut pas-pasan G hiji waktu sia bakal ngarasa kaduhung C                                             G miceun sampoerna mild sia kadon mulung puntung [Chorus]               F