page contents Skip to main content

Wisata Gunung Pulosari Pandeglang Banten

Gunung Pulosari yang berada di Kabupaten Cilegon Provinsi Banten yang menjadi bagian dari kecantikanya Provinsi Banten. Gunung ini memiliki keindahan dari gunung yang lainnya, kenapa bisa? tentunya bisa dong yah, hehe dari mana kita bisa mencicipi keindahan itu adalah bisa menikmati suasana alam perbukitan yang hijau, serta panorama kota Cilegon dari ketinggian. Dari Gunung Pulosari, kita bisa melihat siluet bukit Gunung Pinang di Kramatwatu, menara Masjid Agung Cilegon, Waduk Krenceng, bahkan siluet Gunung Karang di Pandeglang.
sumber : https://fikanovtikania.wordpress.com
Gunung Pulosari adalah gunung yang mungil dan bisa dibilang menjadi gunung yang populer di Provinsi Banten dengan ketinggian 1346 mdpl. Nah Gunung Pulosari adalah gunung berapi di Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Walaupun tidak ada data letusan yang pernah terjadi, tetapi terdapat aktivitas fumarol yang terjadi di dinding kaldera dengan kedalaman 300 meter. Menurut sajarah Banten, sejak pada jaman dahulu, sesampai di Banten Girang, Sunan Gunung Jati dan puteranya, Hasanuddin, mengunjungi Gunung Pulosari yang saat itu merupakan tempat kramat bagi kerajaan.
sumber : https://berjalanterus.com
Disana, Gunung Jati menjadi pemimpin agama masyarakat setempat, yang masuk Islam. Baru setelah itu Gunung Jati menaklukkan Banten Girang secara militer. Kemudian dia menjadi raja dengan restu raja Demak. Dengan kata lain, Gunung Jati bukan mendirikan kerajaan baru, tetapi merebut tahta dari kerajaan yang sudah ada, yaitu Banten Girang. Hemm kalau udah baca mengenai sejarah seperti itu, seru yah jadi pengen tau sejarahnya lebih dalam. hehehe.
sumber : https://lifestyle.okezone.com
Jika Anda menyukai hiking tentunya pas jika berwisata dengan nuansa alam seperti wisata Gunung Pulosari ini. Wisata yang seperti ini tidak memakan biaya yang mahal, tidak perlu berpakaian yang wah sekali, Anda hanya cukup menghabiskan uang sealakadarnya saja, dan Anda juga tidak perlu memakai baju yang super cantik dan tampan. Anda cukup dengan kondisi sederhana saja, sudah bisa menikmati keindahan akan ciptaan Allah SWT.
sumber : https://lelungan.net
Untuk akses jalan menuju Gunung Pulosari kondisinya lumayan cukup bagus karena jalannya memang sudah diaspal, dan bahkan sebagian besar adalah jalan beton. Namun tetap harus berhati-hati karena kondisi jalan yang berliku dan banyak tanjakan curam. Yang membuat Anda pasti tentunya merasa ketakutan, karena sebagian jalan yang harus dilewati, berada di lereng bukit, dimana satu sisinya adalah jurang, hemmm hati - hati yah guys.
sumber : https://gunung.id
Disamping itu jarak dari jalan raya sampai ke Gunung Pulosari sekitar 3 kilometer. Kemudian Anda akan sampai di sebuah mushola, di mana halamannya digunakan sebagai lahan parkir kendaraan para pengunjung yang ingin ke Batu Lawang, hemm sudah disedikan kan guys, hehehe. Dari tempat parkir itu, kita harus trekking sejauh kurang lebih 500 meter sampai ke Batu Lawang, melewati jalan setapak sampai ke atas bukit. Jalan setapaknya juga di lereng bukit, sehingga salah satu sisinya berbatasan langsung dengan jurang. Jadi Anda harus lebih hati-hati yah guys, hahaha.

Antara Mitos atau Fakta
Beberapa kali seseorang yang mengunjungi Pulosari, baru pertama kali mendengar satu cerita mistis dari orang-orang sekitar, bahwa disana (puncak) kadang ada seorang kakek yang tidak muda muncul dengan menggunakan jubah putih gitu. Ternyata masih ada beberapa hal mistis lainnya yang belum diketahui, dari situ, akhirnya mulai mencurigakan dan mengira - ngira mulai mengetahui ternyata ada beberapa misteri di gunung Pulosari..

1. 'Ocos' 
Ocos adalah sebuah Bola api yang menurut warga sekitar sering menampakan diri kepada para pendaki yang menuju arah puncak menggunakan jalur ke 3 pada malah hari. Setelahnya, warga dan pengurus wisata alam disana segera menutup pendakian jalur ke 3 untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi kepada para pendaki yang menggunakan jalur itu. Hingga sekarang misteri 'Ocos' atau bola api itu tidak diketahui oleh warga, apakah itu mata binatang hutan atau mahluk lain, entah.

2. Raja Babi
Babi hutan mungkin bisa kita temui ketika sedang melewati hutan untuk menuju puncak gunung yang sedang didaki. Namun, ada salah satu misteri di Pulosari yang diceritakan warga sekitar tentang keanehan yang terjadi. Sebelum Kepala Desa Pulosari wafat, Pulosari adalah tempat pemasok pisang terbesar di Pandegalng yang jika sekali panen dapat menghasilkan beberapa truk pisang untuk kemudian di kirim ke Jakarta.

Menurut warga, kepala desa pulosari itu pernah berkata "Berkebunlah selama saya masih ada dan masih menjabat, jangan takut akan gangguan babi hutan yang merusak kebun yang kalian tanami" Sejak saat itu, Pulosari jadi tempat pemasok pisang terbesar di Pandeglang yang jika sekali panen dapat menghasilkan beberapa truk pisang untuk kemudian di kirim ke Jakarta. Hemm harus lebih hati - hati yah guys.

Nahh setelah kepala desa wafat, serangan hama babi sering merusak perkebunan warga sehingga menurunkan hasil panen yang warga tanam. Setelah itu warga yang mengerahakan anjing untuk memburu babi hutan tak sering mendapatkan hasil, bahkan sepuluh anjing yang warga kerahkan dapat dikalah kan dengan satu ekor babi yang ukurannya lumayan besar, hingga saat ini, babi hutan jadi musuh utama warga yang berkebun.

3. Suara Misterius
Ada sebuah pohon manggis yang sering dijadikan tempat istirahat para pendaki dimalam hari, biasanya disana para pendaki menghitung jumlah anggotanya sebelum melanjutkan perjalanannya. Disitulah kejadian aneh sering terjadi yang dialami para pendaki dimalam hari. Misalnya gini deh.. kita berangkat dengan 6 orang teman, kemudian istirahat dibawah pohon manggis dan kemudian berhitung untuk meyakinkan kalau ada anggota yang keluar dari barisan.

Semua itu tentunya pasti ada hal yang mistis di dunia ini, karena semua itu adalah ciptaan Allah. Semoga kita dalam lindungannya yah guys, amin. Nah kan sudah tahu sekarang menuju ke Gunung Pulosari harus seperti apa, selain itu sedikit tips nih guys jika Anda ingin hiking ke Gunung Pulosari.  Bawalah air minum yang cukup agar tidak merasa dehidsrasi. Gunakan alas kaki yang nyaman, seperti sepatu atau sandal outdoor.

Pakai topi  dan bila perlu pake tambahan sunglasses tau kaca mata hitam karena sinar matahari di Gunung Pulosari sangat terik. Gunakan juga sunblock atau sunscreen untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk paparan sinar matahari. Hemm biasa wisata sambil perawatan, hahaha. Mungkin selain itu Anda perlu juga menyiapkan 10 item ini selain yang barusan disebutkan diantaranya :

1. Sepatu Hiking
Sepatu hiking didesain secara khusus untuk kegiatan outdoor sehingga mempunyai daya cengkeram tinggi, kuat, tahan terhadap berbagai cuaca, dan mampu melindungi kaki secara maksimal.

2. Tas Gunung (backpack).
Ini harus. Anda tak mungkin pergi ke gunung hanya berbekal tas kresek. Pilihlah tas gunung yang tahan air dan ergonomis, mampu memuat banyak barang tetapi tidak “makan tempat”. Tas gunung berwarna cerah akan membuat Anda mudah terlihat saat berada di hutan.

3. Peta dan Kompas/GPS.
Peta dan kompas tidak hanya menunjukkan di mana Anda berada dan seberapa jauh Anda mencapai tujuan, tapi juga dapat membantu Anda mencari spot kemping dan juga sumber air. Selalu bawa peta dan kompas sebagai cadangan apabila GPS tidak berfungsi.

4. Air Cadangan dan Purifier.
Anda akan membutuhkan banyak air untuk cadangan tenaga ketika mendaki. Sediakan juga purifier untuk membersihkan air jika persediaan air habis dan Anda harus menggunakan air di sana.

5. Makanan Cadangan.
Usahakan untuk membawa makanan lebih dari cukup. Kami menyarankan untuk membawa makanan tambahan untuk satu hari. Jika total waktu Anda mendaki kira-kira dua hari, bawa makanan untuk tiga hari. Sebaiknya, Anda membawa makanan kering yang bisa Anda olah sewaktu-waktu dan lebih praktis.

6. Baju Cadangan dan Jas Hujan.
Setiap kali naik gunung, selalu sediakan jas hujan. Selain untuk melindungi tubuh dari siraman hujan, jas hujan juga bisa berfungsi menahan terpaan angin dan suhu dingin. Pilih pakaian yang mudah menyerap keringat sekaligus cepat kering. Gunakan pula pelindung kepala, seperti topi, hoodie, danbeanie.

7. Perlengkapan Serbaguna: Pisau, Korek Api, Senter, Peluit.
Gunakan pisau lipat yang multifungsi. Anda juga pasti akan membutuhkan korek api untuk membuat perapian, entah untuk memasak, menghangatkan badan, atau melindungi diri dari ancaman hewan liar. Senter combo bertenaga surya dan batere high-durability juga sebaiknya Anda bawa. Pilih senter headlamp yang lebih praktis. Peluit bisa digunakan untuk menujukkan keberadaan Anda jika tersesat.

8. Obat-Obatan P3K.
Obat untuk luka luar, antibiotik, perban, minyak gosok, obat tetes mata, dan obat flu ringan adalah beberapa jenis obat pertolongan pertama yang harus Anda bawa. Jika Anda mengidap asma, jangan lupa membawa obat semprot inhaler.

9. Tabir Surya dan Kacamata Hitam.
Meski Anda pria petualang, Anda tetap butuh pelindung kulit agar tak terbakar surya. Kacamata hitam juga bakal Anda butuhkan untuk melindugi mata Anda.

10. Matras dan Sleeping Bag
Idealnya, Anda membawa tenda. Tapi, jika tenda dirasa terlalu ribet, perlengkapan minimal yang harus Anda bawa adalah matras dan kantong tidur. Keduanya akan melindungi sekaligus membuat tidur Anda nyaman – meski tak senyaman tidur di hotel, tentunya.

Jika Anda ingin mengunjungi Gunung Pulosari, Anda tidak akan dikenakan biaya sepserpun ketika masuk menuju Gunung Pulosari. Hanya saja Anda perlu membayar biaya parkir saja sebesar Rp. 10.000.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata ya guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…