page contents Skip to main content

Wisata Gunung Prau, Kabupaten Kendal, Banjarnegara, Wonosobo

Gunung Prau Wonosobo yang kini menjadi buruan para hiking, khususnya para kaum muda milenial. Gunung Prau tersebut berada di titik ketinggian 2.565 mdpl terletak dari kawasan dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung Prau ini terletak di titik koordinat 7°11′13″S 109°55′22″E. Gunung Prau merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Puncak Gunung Prau adalah merupakan padang rumput luas dengan kondisi memanjang dari wilayah barat ke wilayah timur. Hamparan bukit - bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan dapat kita jumpai ketika berada di puncak. Gunung Prau merupakan puncak tertinggi di kawasan dataran tinggi Dieng, dengan beberapa puncak yang lebih rendah di sekitarnya, antara lain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun - amun, dan Gunung Juranggrawah.

Kawasan hutan yang mengelilingi Gunung ini masih sangat asri dan terjaga. Ketika Anda melakukan pendakian di Puncak Prau, maka Anda akan disambut dengan pemandangan yang menakjubkan, hamparan bunga edelweis bersatu padu dengan bukit - bukit gunduk atau yang terkenal dengan sebutan bukit Teletubies. Istilah Teletubies ini disematkan bukan karena apa, namun memang kumpulan bukit - bukit kecil di Puncak Prau ini mirip sekali dengan bukit yang biasa kita liat di film teletubies.

Keindahan Gunung Prau memancarkan keindahan yang luar biasa, membuat parawisatawan dimabuk kepayang. Andai saja bisa selalu disamping Gunung Prau, mungkin setiap saat menikmati keindahan Gunung Paru, hehehe. Obyek wisata Gunung memang selalu menjadi pilihan utama, disamping kita menikmati keindahannya, sembari juga berolahraga menuju Puncak Gunung tersebut. Mangkanya memang banyak orang yang mengatakan sebelum mendaki alangkah baiknya jika melakukan pemanasan dengan berolah raga terlebih dahulu, agar urat - urat kita tidak terlalu kaku ketika mendaki.

Ketika pada saat terang datang Anda bisa melihat kurang lebih enam gunung yang bisa dilihat secara jelas dan dekat. Gunung - Gunung itu adalah Sumbing, Sindoro, Merapi, Merbabu. Pemandangan lain yaitu hamparan awan putih yang mengelilingi Puncak Prau ini seolah - olah membuat Anda sedang berdiri diatas surga. Pendakian ke Puncak Prau sendiri tidak memakan waktu lama jika anda melewati Jalur Patak Banteng, waktu yang dibutuhkan untuk melalui jalur ini kurang lebih sekitar 2.5 jam.

Walaupun waktu tempuhnya relatif cepat, tetapi jalur pendakian ini tidak semudah yang dibayangkan, karena jalur pendakian Patak Banteng ini sangat terjal. Jadi Anda perlu berhati - hati dengan ekstra. Jadi guys, jika fisik Anda tidak terlalu fit atau Anda adalah orang yang mudah capek, lebih baik Anda memilih pendakian melalui jalur Desa Dieng. Pendakian melalui jalur Patak Banteng memang cepat, tetapi jalur ini sangat terjal dan agak berbahaya jika Anda kurang berpengalaman. Butuh waktu 2.5 jam untuk pendakian, dan butuh waktu 3.5 jam untuk turun pendakian.

Jangan lupa seperti yang sudah disampaikan, Anda lebih berhati - hati, karena jalan ini cukup terjal dan terdapat jurang kalau Anda memilih jalur Patak Banteng. Disamping itu sebelum Anda naik Gunung sebaiknya Anda perhatikan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menentukan dan pergi ke Gunung : Mengecek lokasi pendakian, Olahraga minimal sebulan sebelum pendakian, bawa barang yang penting saja, sleeping bag dan tenda, membawa jaket sesuai ketinggian

1. Sepatu Hiking
Sepatu hiking didesain secara khusus untuk kegiatan outdoor sehingga mempunyai daya cengkeram tinggi, kuat, tahan terhadap berbagai cuaca, dan mampu melindungi kaki secara maksimal.

2. Tas Gunung (backpack)
Ini harus. Anda tak mungkin pergi ke gunung hanya berbekal tas kresek. Pilihlah tas gunung yang tahan air dan ergonomis, mampu memuat banyak barang tetapi tidak “makan tempat”. Tas gunung berwarna cerah akan membuat Anda mudah terlihat saat berada di hutan.

3. Peta dan Kompas/GPS.
Peta dan kompas tidak hanya menunjukkan di mana Anda berada dan seberapa jauh Anda mencapai tujuan, tapi juga dapat membantu Anda mencari spot kemping dan juga sumber air. Selalu bawa peta dan kompas sebagai cadangan apabila GPS tidak berfungsi.

4. Air Cadangan dan Purifier.
Anda akan membutuhkan banyak air untuk cadangan tenaga ketika mendaki. Sediakan juga purifier untuk membersihkan air jika persediaan air habis dan Anda harus menggunakan air di sana.

5. Makanan Cadangan.
Usahakan untuk membawa makanan lebih dari cukup. Kami menyarankan untuk membawa makanan tambahan untuk satu hari. Jika total waktu Anda mendaki kira-kira dua hari, bawa makanan untuk tiga hari. Sebaiknya, Anda membawa makanan kering yang bisa Anda olah sewaktu-waktu dan lebih praktis.

6. Baju Cadangan dan Jas Hujan.
Setiap kali naik gunung, selalu sediakan jas hujan. Selain untuk melindungi tubuh dari siraman hujan, jas hujan juga bisa berfungsi menahan terpaan angin dan suhu dingin. Pilih pakaian yang mudah menyerap keringat sekaligus cepat kering. Gunakan pula pelindung kepala, seperti topi, hoodie, danbeanie.

7. Perlengkapan Serbaguna, Pisau, Korek Api, Senter, Peluit.
Gunakan pisau lipat yang multifungsi. Anda juga pasti akan membutuhkan korek api untuk membuat perapian, entah untuk memasak, menghangatkan badan, atau melindungi diri dari ancaman hewan liar. Senter combo bertenaga surya dan batere high-durability juga sebaiknya Anda bawa. Pilih senter headlamp yang lebih praktis. Peluit bisa digunakan untuk menujukkan keberadaan Anda jika tersesat.

8. Obat-Obatan P3K.
Obat untuk luka luar, antibiotik, perban, minyak gosok, obat tetes mata, dan obat flu ringan adalah beberapa jenis obat pertolongan pertama yang harus Anda bawa. Jika Anda mengidap asma, jangan lupa membawa obat semprot inhaler.

9. Tabir Surya dan Kacamata Hitam.
Meski Anda pria petualang, Anda tetap butuh pelindung kulit agar tak terbakar surya. Kacamata hitam juga bakal Anda butuhkan untuk melindugi mata Anda.

10. Matras dan Sleeping Bag
Idealnya, Anda membawa tenda. Tapi, jika tenda dirasa terlalu ribet, perlengkapan minimal yang harus Anda bawa adalah matras dan kantong tidur. Keduanya akan melindungi sekaligus membuat tidur Anda nyaman – meski tak senyaman tidur di hotel, tentunya.

Biaya Mendaki Gunung Prau Wonosobo
Dimulai dari Jakarta Pasar Senen, biaya yang mesti Anda keluarkan dari jakarta sebesar Rp. 300.000 dan sewa mobil dari cibitung sekitar kurang lebih sebesar Rp. 250.000. Untuk antisipasi biaya perjalanan Anda, sebaiknya Anda mempersiapkan uang yang memang lebih. Karena diperjalanan itu selalu ada biaya yang tidak terduga. Jadi bersiap - siap lah uang yang Anda siapkan, agar wisata Anda aman, dan dengan santai Anda menikmati wisata Anda. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…