page contents Langsung ke konten utama

Wisata Curug Jagapati, Cisompet, Kabupaten Garut

Menjadi tambah cantik dan menarik Kabupaten hingga Kota Garut, dengan maraknya obyek wisata yang menuai keindahan, ditambah lagi dengan wisata yang satu ini yaitu Curug Jagaparti. Wisata Curug Jagapati ini berada di Neglasari, Cisompet, Kabupaten Garut, dan kawasan ini memang menjadi salah satu kawasan yang unik khusunya yang berada di Kecamatan Cisompet ini karena ada beberapa wisata curug sebelumnya yaitu Curug Dengdeng dan Curug Ngaleng.  
sumber : https://www.infodolan.com
Nah dari kedua curug tersebut, barulah muncul Curug Jagapati yang menuai keindahan pesona alamnya yang telah membuat banyak orang penasaran, baik dari kalangan media sosial hingga media maryarakat sekitar Kabupaten. Curug ini cukup sederhana, tidak cantik seperti curug pada dasarnya. Namun curug ini membuat kita penasaran, sehingga selalu rindu akan keindahannya, hahaha. Udah kaya lagunya "Payung Teduh" yah sedikit cemas banyak rindunya, wkwkwk. 
sumber : http://asyikinberwisata.blogspot.com
Selain dari itu kualitas air yang masih relatif bersih dan jernih. Air yang jernih ini membuat kolam-kolam air yang terbentuk di bawah curug menjadi sangat indah dan segar membuat curug ini memangil untuk mandi menyegarkan diri. Debit air juga tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sehingga aliran air ini memang sesuai untuk bermain-main, menikmati acara wisata bersama keluarga, saudara, maupun sahabat kalian.
sumber : http://garutselatan20.blogspot.com
Air Curug Jagapati ini berasal dari aliran air sungai Cilimbung, yang berasal dari Gunung Limbung. Aliran air ini juga yang membentuk Curug Tujuh Neglasari yang dapat terlihat dari jalan raya Cisompet, Desa Neglasari. Hingga akhinrya, nantinya aliran air ini akan bergabung dengan sungai besar Cisanggiri dan bermuara ke Samudera Indonesia di Pantai Selatan Garut. Untuk mencapai Curug Jagapati ini, Anda bisa berangkat menuju Cisompet, searah dengan jalan menuju Pantai yang berada di Pameungpeuk jika kalian ingin pergi melihat Pantai Selatan Garut, Anda bisa mampir menghampirinya.
sumber : http://ngabolangngabolang.blogspot.com
Awal mulanya nama Jagapatih menurut para tokoh terkemuka, bahwa sanya arti nama ini berarti “menjaga kematian”. Hal ini berkaitan dengan lokasi air terjun yang berada di puncak perbukitan dan di sekitar hulu aliran sungai. Menjaga kematian dalam konteks curug ini dapat diartikan sebagai nyawa di lingkungan hilirnya. Jika air di curug ini tercemar atau lingkungannya rusak, maka ekosistem di hilirnya juga akan terancam rusak. Jadi kita harus menajaga dan merawatnya yah guys, kita harus tetap menjaga kebersihan selama berada di kawasan ini.
sumber : https://medium.com
Di sini juga ada kolam yang terletak tepat di bawah air terjun. Biasanya digunakan oleh pengunjung untuk berenang maupun berendam. Pada saat kemarau, air kolam tersebut akan berwarna tosca.  Debit air terjunnya yang tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bermain air. Warga di sekitar kawasan curug ini memiliki kepercayaan untuk tidak mengunjung Curug Jagapati pada hari Selasa dan Jumat. Jika tetap berkunjung di hari tersebut, pasti akan ada hambatan atau kecelakaan yang cukup sulit. Wawlahualam Wiswab, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, amin, amin, amin.
sumber : https://dadangabdulazis.blogspot.com
Himbauan jika Anda berlibur di Curug Jagapat, tetap berberhati-hati saat trekking menuju curug ini karena kawasan ini dalam kondisi licin dan terjal. Dengan minimnya petunjuk arah untuk sampai di lokasi curug, maka sering-seringlah bertanya kepada warga sekitar agar tidak tersesat, Bawalah makanan dan minuman sendiri karena di kawasan curug belum ada warung-warung makanan, Bawalah kantong sampah plastik untuk membuang sampah yang dibawa. Jangan lupa buang kantong sampahnya di tempat sampah setelah keluar dari kawasan curug.
sumber : http://asyikinberwisata.blogspot.com
Untuk biaya masuk Curug Jagapati ini, Anda tidak dikenakan biaya alias gratis, karena memang curug ini belum banyak yang mengetahui, jadi belum dalam pengawasan atau pengurusan pemerintah setempat maupun masyarakat sekitar curug ini.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Lirik Kunci Gitar Chord Lagu Dadas Asep Balon X Resol

sumber : youtube@SG Entertainment Dm        G Aku tak apa          Em           A Aku engga apa apa Dm                              G Semoga bahagia kau disana                           C Dengan si goblog eta [INTRO]   C Em Am A Dm A G Em E7 Am Dm G C C Tataian ngadangu sia jadian            F Jeung nu bengetna poek ciga imah keur aliran       G Meskipun teu ngahiji aing tetep ngadoakan           C Semoga pas si eta apet ku warga dibangsatkeun C Salila ieu aing Pedekate jeung sia   F Mangbulan-bulan geus siga nyicil mio ka adira              G dekeutna jeung aing jadian jeung si beungeut rawing         C nyanguna jeung aing ngaliwetna jeung si a-jing C geus dadas jadian acan tapi teu reuwas da aing tampan       F na ari sia teu ngahargaan asa Raisa beungeut pas-pasan G hiji waktu sia bakal ngarasa kaduhung C                                             G miceun sampoerna mild sia kadon mulung puntung [Chorus]               F