page contents Skip to main content

Wisata Curug Jagapati, Cisompet, Kabupaten Garut

Menjadi tambah cantik dan menarik Kabupaten hingga Kota Garut, dengan maraknya obyek wisata yang menuai keindahan, ditambah lagi dengan wisata yang satu ini yaitu Curug Jagaparti. Wisata Curug Jagapati ini berada di Neglasari, Cisompet, Kabupaten Garut, dan kawasan ini memang menjadi salah satu kawasan yang unik khusunya yang berada di Kecamatan Cisompet ini karena ada beberapa wisata curug sebelumnya yaitu Curug Dengdeng dan Curug Ngaleng.  
sumber : https://www.infodolan.com
Nah dari kedua curug tersebut, barulah muncul Curug Jagapati yang menuai keindahan pesona alamnya yang telah membuat banyak orang penasaran, baik dari kalangan media sosial hingga media maryarakat sekitar Kabupaten. Curug ini cukup sederhana, tidak cantik seperti curug pada dasarnya. Namun curug ini membuat kita penasaran, sehingga selalu rindu akan keindahannya, hahaha. Udah kaya lagunya "Payung Teduh" yah sedikit cemas banyak rindunya, wkwkwk. 
sumber : http://asyikinberwisata.blogspot.com
Selain dari itu kualitas air yang masih relatif bersih dan jernih. Air yang jernih ini membuat kolam-kolam air yang terbentuk di bawah curug menjadi sangat indah dan segar membuat curug ini memangil untuk mandi menyegarkan diri. Debit air juga tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sehingga aliran air ini memang sesuai untuk bermain-main, menikmati acara wisata bersama keluarga, saudara, maupun sahabat kalian.
sumber : http://garutselatan20.blogspot.com
Air Curug Jagapati ini berasal dari aliran air sungai Cilimbung, yang berasal dari Gunung Limbung. Aliran air ini juga yang membentuk Curug Tujuh Neglasari yang dapat terlihat dari jalan raya Cisompet, Desa Neglasari. Hingga akhinrya, nantinya aliran air ini akan bergabung dengan sungai besar Cisanggiri dan bermuara ke Samudera Indonesia di Pantai Selatan Garut. Untuk mencapai Curug Jagapati ini, Anda bisa berangkat menuju Cisompet, searah dengan jalan menuju Pantai yang berada di Pameungpeuk jika kalian ingin pergi melihat Pantai Selatan Garut, Anda bisa mampir menghampirinya.
sumber : http://ngabolangngabolang.blogspot.com
Awal mulanya nama Jagapatih menurut para tokoh terkemuka, bahwa sanya arti nama ini berarti “menjaga kematian”. Hal ini berkaitan dengan lokasi air terjun yang berada di puncak perbukitan dan di sekitar hulu aliran sungai. Menjaga kematian dalam konteks curug ini dapat diartikan sebagai nyawa di lingkungan hilirnya. Jika air di curug ini tercemar atau lingkungannya rusak, maka ekosistem di hilirnya juga akan terancam rusak. Jadi kita harus menajaga dan merawatnya yah guys, kita harus tetap menjaga kebersihan selama berada di kawasan ini.
sumber : https://medium.com
Di sini juga ada kolam yang terletak tepat di bawah air terjun. Biasanya digunakan oleh pengunjung untuk berenang maupun berendam. Pada saat kemarau, air kolam tersebut akan berwarna tosca.  Debit air terjunnya yang tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bermain air. Warga di sekitar kawasan curug ini memiliki kepercayaan untuk tidak mengunjung Curug Jagapati pada hari Selasa dan Jumat. Jika tetap berkunjung di hari tersebut, pasti akan ada hambatan atau kecelakaan yang cukup sulit. Wawlahualam Wiswab, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, amin, amin, amin.
sumber : https://dadangabdulazis.blogspot.com
Himbauan jika Anda berlibur di Curug Jagapat, tetap berberhati-hati saat trekking menuju curug ini karena kawasan ini dalam kondisi licin dan terjal. Dengan minimnya petunjuk arah untuk sampai di lokasi curug, maka sering-seringlah bertanya kepada warga sekitar agar tidak tersesat, Bawalah makanan dan minuman sendiri karena di kawasan curug belum ada warung-warung makanan, Bawalah kantong sampah plastik untuk membuang sampah yang dibawa. Jangan lupa buang kantong sampahnya di tempat sampah setelah keluar dari kawasan curug.
sumber : http://asyikinberwisata.blogspot.com
Untuk biaya masuk Curug Jagapati ini, Anda tidak dikenakan biaya alias gratis, karena memang curug ini belum banyak yang mengetahui, jadi belum dalam pengawasan atau pengurusan pemerintah setempat maupun masyarakat sekitar curug ini.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…