page contents Skip to main content

Wisata Curug Cimandi Racun, Jangkurang, Leles, Kabupaten Garut

Garut selalu memberikan keindahan parawisatawan, baik dari Kota hingga Kabupaten, yang selalu memanjakan wisatawan. Kenapa bisa begitu, karena memang wilayah Garut ini memiliki berbagai macam keindahan diantaranya, keindahan akan pantai, keindahan akan curug, keindahan akan edukasi taman satwa, dan lain sebagainya. Keindahan mana lagi yang kau dustakan wahai sahabat wisata. Semuanya sudah diberikan oleh Allah SWT untuk hambanya. Maka dari itu kita harus menjaganya dan merawatnya akan cipataan Allah SWT.
sumber : https://inigarutku.blogspot.com
Salah satu yang menjadi bagian saat ini yang lagi ramai khusunya di wilayah Kabupaten Garut, tepatnya di Jangkurang, Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Yang menjadikan parawisatawan dimabuk kepayang dengan keindahan yang terpancarkan dari obyek wisata yang berada di Garut ini. Salah satunya adalah Curug Cimandi Racun. Curug Cimandi Racun atau sering disebut juga Curug Cibuni Racun. Curug ini mempunyai ketinggian 25 m dan sumber airnya berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi.  
sumber : http://wisatareligidunia.blogspot.com
Posisi letak air terjun ini berada pada ketinggian 1045 mdpl di atas permukaan laut dengan reka bentuk alam berlembah disertai kemiringan lahan yang curam serta temperatur udaranya yang sejuk berkisar antara 23 hingga 25 derajat Celsius. Dibalik keindahan curug ini, ternyata curug ini memiliki cerita dimasa lalu, atau mempunyai sejarah baik dari nama curug ini maupun dengan adanya curug ini. Kalian tentunya mesti tahu terlebih dahulu dari curug ini, seperti apa ceritanya, hehe.
sumber : https://www.gunungkidulku.com
Pada jaman dahulu kononkatanya, penamaan air terjun ini berasal dari sebuah legenda yang hidup pada masyarakat Kecamatan Leles. Pada saat itu menceritakan tentang suatu sayembara yang diadakan oleh sebuah kerajaan dengan hadiah seorang putri yang cantik jelita. Sayembara itu diikuti oleh para jawara atau jago-jago silat di sekitar wilayah kerajaan tersebut.  Singkat cerita, para peserta pun kemudian bertarung mempertaruhkan nyawa untuk memperebutkan sang puteri.  
sumber : https://www.gunungkidulku.com
Pada suatu ketika, sayembara akan berakhir, kenapa begitu, sebab tinggal dua orang jawara lagi yang tersisa dan akhirnya pertarungan menjadi sangat alot atau lama.  Walau masing-masing pihak sudah saling mengeluarkan jurus andalannya, namun ternyata tidak ada yang berhasil mengalahkan lawannya. Oleh karena pertarungan berakhir imbang, entah kenapa dan oleh siapa, sang putri lalu dibawa, disembunyikan ke curug dan kemudian diracun hingga tewas. 

Akhirnya suatu ketika masyarakat sekitar, menyimpulkan bahwasanya menamakan curug ini dengan Curug Racun. karena dengan cerita curug ini tempat diracunnya sang putri tersebut kemudian dinamakan dengan Cimandi Racun dan akhirnya digabungkan menjadi Curug Cimandi Racun. Semoga dengan cerita ini, ketika kita berwisata di curug ini selalu dalam lindungan Allah SWT.

Untuk biaya masuk ke curug ini adalah sebesar Rp. 7.000/orang. Itu semua baik di hari senin sampai jum,at maupun di hari sabtu dan minggu. Anda sudah bisa menikmati keindahan curug ini dengan sepuasnya. Himbauan ketika Anda berada di curug ini dan menikmati keindahan curug ini, sebaiknya Anda untuk tetap berhati - hati, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…