page contents Langsung ke konten utama

Wisata Candi Cankuang, Leles, Kabupaten Garut

Indonesia kaya akan lautan, kaya akan sumber daya alam yang memiliki suatu keindahan yang luar biasa. Indonesia juga memiliki beberapa candi yang menjadi sejarah, mencadikan keindahan bagi Negara Indonesia diantaranya : Candi Borobudur yang berada di Jawa Tengah, Candi Dieng - Dieng, Jawa Tengah, Candi Gedong Songo - Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Candi Plaosan - Klaten, Jawa Tengah, Candi Sewu - Klaten, Jawa Tengah, Candi Prambanan - Klaten, Jawa Tengah.
sumber : https://travel.tempo.co
Masih ada nih guys, bukan cuman itu saja ada juga, Candi Ratu Boko - Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Ijo - Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Cetho - Karanganyar, Jawa Tengah, Candi Tikus - Mojokerto, Jawa Timur, Candi Kalasan, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Candi Mendut Kota Mungkid, Magelang, itulah semua candi yang berada di Indonesia yang terkenal oleh semua kalangan. Masih banyak candi - candi yang lainnya yang bisa Anda ketahui dan bisa Anda jumpai. 
sumber : https://buanaindonesia.co.id
Diantara candi tersebut, berikut candi yang wajib Anda kunjungi yaitu Candi Cankuang, Leles, Kabupaten Garut. Candi Cangkuang adalah sebuah candi Hindu yang terdapat di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Candi inilah juga yang pertama kali ditemukan di Tatar Sunda serta merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda. Candi ini terletak bersebelahan dengan makam Embah Dalem Arief Muhammad, sebuah makam kuno pemuka agama Islam yang dipercaya sebagai leluhur penduduk Desa Cangkuang.
sumber : https://lamiajournale.blogspot.com
Candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1966 oleh tim peneliti Harsoyo dan Uka Tjandrasasmita berdasarkan laporan Vorderman dalam buku Notulen Bataviaasch Genotschap terbitan tahun 1893 mengenai adanya sebuah arca yang rusak serta makam kuno di bukit Kampung Pulo, Leles. Makam dan arca Syiwa yang dimaksud memang diketemukan. 
sumber : https://visitgarut.garutkab.go.id
Pada awal penelitian terlihat adanya batu yang merupakan reruntuhan sebuah bangunan candi. Makam kuno yang dimaksud adalah makam Arief Muhammad yang dianggap penduduk setempat sebagai leluhur mereka. Selain menemukan reruntuhan candi, terdapat pula serpihan pisau serta batu-batu besar yang diperkirakan merupakan peninggalan zaman megalitikum. Penelitian selanjutnya (tahun 1967 dan 1968) berhasil menggali bangunan makam.
sumber : https://wisataria.com
Ketika Anda sedang berada di kawasan Kabupaten Garut, mungkin Anda bisa mampir untuk melihat menikmati keindahan Candi Cangkuang. Setiap candi tentunya pasti memiliki sejarah tertentu yang mesti Anda ketahui terdahulu guys, sebelum Anda menemuinya, hehe. Candi Cangkuang ini terletak di Leuwigoong, Karanganyar, Cangkuang, Leles, Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tidak terlalu jauh dari pusat Kota Garut, yang biasa disebut dengan julukan Kota "Dodol Garut" ini.
sumber : https://blog.reservasi.com
Jika Anda mau berkunjung ke Candi Cangkunag, Anda bisa menggunakan transportasi umum, Anda dapat mencapai Candi Cangkuang menggunakan Bis jurusan Garut dari Bandung/Jakarta dan berhenti di alun-alun kecamatan Leles. Itu kalau Anda pakai kendaraan umu, berbeda kalau Anda membawa mobil pribadi, Anda bisa lewat tol dan bisa lewat jalan manapun, tinggal memakai GPS saja, hehe tidak perlu pusing guya, hahaha. 

Dari alun-alun Leles, Anda dapat menggunakan andong ataupun jasa ojek yang banyak terdapat disana untuk langsung menuju situ dan candi cangkuang. Sarana parkir untuk pengunjung tersedia cukup luas. Selain itu juga terdapat banyak warung atau sarana tempat untuk makan. Sarana lain seperti toilet dan Mushala juga sudah tersedia dan tempatnya juga nyaman. Selain itu di sekitar candi juga terdapat tempat belanja oleh - oleh khas garut yang cukup lengkap, buat Anda bawa sebagai oleh - oleh karena sudah mengunjungi Kota hingga Kabupaten Garut.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Kuliner Gurih 7 Bogor Khas Sunda

Doyan makan? Gurih 7 memiliki resapan aroma yang menggoda, yang memiliki ciri khas seperti pada umumnya sebuah makanan. Untuk urusan kulineran menjadi tradisi masyarakat yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam masyarakat sunda ada dari mulai nama - nama makanan, cara memasak bumbu, hingga menyajikan citarasanya. Jika berkunjung ke Restoran Gurih 7 akan memberikan pengalaman lebih untuk Anda, bayangkan saja menyantap masakan saung lesehan dan kuliner khas sunda serta mendengarkan suara air terjun yang terletak di depan mata. sumber : https://www.tripadvisor.co.id Restoran ini merupakan satu-satunya restoran di pusat Kota Bogor yang mempunyai air terjun. Sungguh luar biasa kan guys?. Dengan jumlah saung lebih dari 60, Gurih 7 juga cocok untuk dijadikan tempat gathering bersama keluarga, rekan kerja, atau bahkan tempat wisata karena tempat ini berdekatan dengan toko kue dan oleh-oleh Khas Kota Bogor, yaitu Rumah Talas. Jangan sampe terlewatkan guys jika Anda sedang berkunjung di Ko