page contents Skip to main content

Wisata Candi Cankuang, Leles, Kabupaten Garut

Indonesia kaya akan lautan, kaya akan sumber daya alam yang memiliki suatu keindahan yang luar biasa. Indonesia juga memiliki beberapa candi yang menjadi sejarah, mencadikan keindahan bagi Negara Indonesia diantaranya : Candi Borobudur yang berada di Jawa Tengah, Candi Dieng - Dieng, Jawa Tengah, Candi Gedong Songo - Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Candi Plaosan - Klaten, Jawa Tengah, Candi Sewu - Klaten, Jawa Tengah, Candi Prambanan - Klaten, Jawa Tengah.
sumber : https://travel.tempo.co
Masih ada nih guys, bukan cuman itu saja ada juga, Candi Ratu Boko - Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Ijo - Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Cetho - Karanganyar, Jawa Tengah, Candi Tikus - Mojokerto, Jawa Timur, Candi Kalasan, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Candi Mendut Kota Mungkid, Magelang, itulah semua candi yang berada di Indonesia yang terkenal oleh semua kalangan. Masih banyak candi - candi yang lainnya yang bisa Anda ketahui dan bisa Anda jumpai. 
sumber : https://buanaindonesia.co.id
Diantara candi tersebut, berikut candi yang wajib Anda kunjungi yaitu Candi Cankuang, Leles, Kabupaten Garut. Candi Cangkuang adalah sebuah candi Hindu yang terdapat di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Candi inilah juga yang pertama kali ditemukan di Tatar Sunda serta merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda. Candi ini terletak bersebelahan dengan makam Embah Dalem Arief Muhammad, sebuah makam kuno pemuka agama Islam yang dipercaya sebagai leluhur penduduk Desa Cangkuang.
sumber : https://lamiajournale.blogspot.com
Candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1966 oleh tim peneliti Harsoyo dan Uka Tjandrasasmita berdasarkan laporan Vorderman dalam buku Notulen Bataviaasch Genotschap terbitan tahun 1893 mengenai adanya sebuah arca yang rusak serta makam kuno di bukit Kampung Pulo, Leles. Makam dan arca Syiwa yang dimaksud memang diketemukan. 
sumber : https://visitgarut.garutkab.go.id
Pada awal penelitian terlihat adanya batu yang merupakan reruntuhan sebuah bangunan candi. Makam kuno yang dimaksud adalah makam Arief Muhammad yang dianggap penduduk setempat sebagai leluhur mereka. Selain menemukan reruntuhan candi, terdapat pula serpihan pisau serta batu-batu besar yang diperkirakan merupakan peninggalan zaman megalitikum. Penelitian selanjutnya (tahun 1967 dan 1968) berhasil menggali bangunan makam.
sumber : https://wisataria.com
Ketika Anda sedang berada di kawasan Kabupaten Garut, mungkin Anda bisa mampir untuk melihat menikmati keindahan Candi Cangkuang. Setiap candi tentunya pasti memiliki sejarah tertentu yang mesti Anda ketahui terdahulu guys, sebelum Anda menemuinya, hehe. Candi Cangkuang ini terletak di Leuwigoong, Karanganyar, Cangkuang, Leles, Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tidak terlalu jauh dari pusat Kota Garut, yang biasa disebut dengan julukan Kota "Dodol Garut" ini.
sumber : https://blog.reservasi.com
Jika Anda mau berkunjung ke Candi Cangkunag, Anda bisa menggunakan transportasi umum, Anda dapat mencapai Candi Cangkuang menggunakan Bis jurusan Garut dari Bandung/Jakarta dan berhenti di alun-alun kecamatan Leles. Itu kalau Anda pakai kendaraan umu, berbeda kalau Anda membawa mobil pribadi, Anda bisa lewat tol dan bisa lewat jalan manapun, tinggal memakai GPS saja, hehe tidak perlu pusing guya, hahaha. 

Dari alun-alun Leles, Anda dapat menggunakan andong ataupun jasa ojek yang banyak terdapat disana untuk langsung menuju situ dan candi cangkuang. Sarana parkir untuk pengunjung tersedia cukup luas. Selain itu juga terdapat banyak warung atau sarana tempat untuk makan. Sarana lain seperti toilet dan Mushala juga sudah tersedia dan tempatnya juga nyaman. Selain itu di sekitar candi juga terdapat tempat belanja oleh - oleh khas garut yang cukup lengkap, buat Anda bawa sebagai oleh - oleh karena sudah mengunjungi Kota hingga Kabupaten Garut.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…