page contents Skip to main content

Keindahan Wisata Pulau Sangiang Banten

Tersebar di rana publik, Provinsi Banten memiliki pulau yang indah dan mempesona, terpancarkan dar.i tiap sudut, dari hulu hingga hilir. Pulau yang cantik ini adalah pulau Sangiang yang dimiliki oleh Provinsi Banten. Pulau Sangiang ini adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, yakni antara Jawa dan Sumatra. Jarak tempuh menuju pulau Sangiang hanya dengan membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dari Anyer, dengan menggunakan kapal atau perahu bermotor.
sumber : https://ngetripmulu.com
Keindahan alamnya, berupa terumbu karang dan pantai. Pulau Sangiang yang sekarang dijadikan Taman Wisata Alam pada awalnya merupakan Cagar Alam seluas 700,35 Ha Kemudian pada tahun 1991 perairan di sekitar kawasan diubah menjadi Taman Wisata Alam Laut seluas 720 ha. Hemm sungguh luar biasa yah guys, hehehe. Pulau sangiang ini juga terdapat sebuah perkampungan yang dihuni oleh perantau yang menduduki pulau sangiang, pada saat pulau yang dimiliki perusahaan swasta tersebut, dahulu sempat terhenti proyeknya.
sumber : https://monicaindriani.com/
Perkampungan tersebut bernama lagon waroo, atau lagoon waru, dan yang tercatat disana ada lebih 50 kepala keluarga. Dari dulu hingga sekarang di perkampungan ini dalam berkomunikasinya menggunakan 3 bahasa sekaligus, sunda, jawa, dan lampung. Pulau ini dimiliki oleh sebuah perusahaan swasta yang proyeknya kembali dilanjutkan dan bersifat pribadi atau belum terbuka untuk umum. Pulau Sangiang ini tentunya memiliki sebuah cerita terdahulu, atau memiliki sejarah dimasalalu.
sumber : https://www.jelajahpulau.com
Jadi menurut cerita setempat, dahulu Pulau Sangiang ini sudah dihuni sekitar abad ke 19. saat itu Raja Lampung menghibahkan Pulau Sangiang kepada warga agar ditempati. Nah pada masa itu saat menjelang Perang Dunia kedua, ketika masa Pendudukang Jepang pada tahun penjajahan sejak (1942-1945), Jepang membangun Pos Pengaman di Pulau Sangiang yang dilengkapi Rel besi untuk dilewati kapal perang amfibi mereka. Maaf guys, sebetulnya ceritanya masih panjang, mungkin Anda bisa kunjungi dan Anda bisa baca kronologisnya seperti apa, kenyataannya seperti apa, agar kalian bisa tau dan bisa belajar dari bagian sejarah tersebut.
sumber : https://phinemo.com
Pulau Sangiang ini memiliki hamparan pasir putih, dengan kondisi air yang indah, bersih dan masih sangat alami. Sebetulnya kalau dilihat memang hampir sama dengan wisata kepulauan lain di indonesia, yang banyak dicari oleh pengunjung adalah pemandangan bawah laut atau diving di pulau sangiang.  Pengunjung yang diving di seputar wilayah pulau sangiang  akan menemukan beraneka ragam ikan. banyak adalah jenis ikan badut atau sering disebut ikan nemo.

Pantai di pulau sangiang juga tidak kalah indahnya. Pantai dengan beberapa karang di pinggir pantai, di tutupi dengan pasir putih membuat pantai-pantai di pulau sangiang menjadi sangat romantis. Nahh jika Anda mau mengunjungi Pulau Sangiang untuk berwisata menikmati keindahannya, sebaiknya Anda memperhitungkan siapa saja rekan atau keluarga yang ingin diajak karena destinasi wisata ini bukan seperti Pantai lainnya yang dikenakan biaya murah berretribusi setiap orang.

Untuk bisa berkunjung ke kawasan Pantai ini harus membutuhkan biaya sebesar Rp 2.000.000. untuk menyeberang ke Pulau Sangiang. Disamping harga tersebut, kapasitas kapal dapat menampung sebanyak 20 orang. Jadi sebaiknya alangkah baiknya jika Anda mau datang lebih baik datang bersama - sama secara rombongan agar biaya Anda juga tidak terlalu mahal. Selama Anda dalam kawasan Pulau, Anda bisa menikmati momen bersama keluarga ataupun sahabat Anda diantaranya, mengambil spot foto yang menarik, Anda bisa menginap dikawasan pantai, Anda bisa menikmati berburu foto di pulau kecil, dan Anda bisa menikmati keindahan suasana sunset pada saat sore hari.

Anda bisa mengambil momen foto jika Anda menyebarang ke pulau kecil, Anda juga bisa menikmati keindahan dengan snorkeling, dan Anda bisa menikmati menyaksikan atraksi ikan hiu yang berenang. Jadi selama Anda di Pulau Sangiang jangan sampe Anda tidak dapet momen tersebut karena tentunya kapan lagi Anda bisa menikmati suasana Pulau Sangiang.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata ya guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…