page contents Skip to main content

Pantai Tanjung Layar, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten

Masa - masa berwisata adalah pada saat bulan juni dimana kala itu hari libur panjang yang selalu dirindukan bagi kaum milenial. Pada masa kala itu telah tiba hari libur, bagi kaum anak - anak SD, SMP, SMA hingga mahasiswa mereka semua tentunya merindukan hari dimana libur panjang, yang sudah dipusingkan dengan banyak tugas dan ujian, iyah kan guys, hahahaha. bukan cuman anak - anak hingga dewasa saja sih, melainkan kaum orang tua pun sama saja mereka semua selalu merindukan yang namanya berliburan untuk menghilangkan penat dan kejenuhan.
sumber : https://sawarnabeach.com
Biasanya apa yang mereka rindukan dari wisata tersebut, hayooo? tentunya biasanya obyek wisata pantai, hehe. mereka selalu merindukan dimana suasana yang sangat mengagumkan akan keindahan alam.  Secara garis besar Pantai adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut. Panjang garis pantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara. 
sumber : https://sawarnabeach.com
Menurut koreksi PBB tahun 2008, Indonesia merupakan negara berpantai terpanjang keempat di dunia setelah Amerika Serikat (AS), Kanada dan Rusia. Panjang garis pantai Indonesia tercatat sebesar 95.181 km. Garis pantai adalah batas pertemuan antara bagian laut dan daratan pada saat terjadi air laut pasang tertinggi. Garis laut dapat berubah karena adanya abrasi, yaitu pengikisan pantai oleh hantaman gelombang laut yang menyebabkan berkurangnya areal daratan.
sumber : https://www.kompasiana.com
Nah kali ini ada salah satu tempat wisata yang berada di Sukabumi obyek wisata Pantai Cibuaya yang terletak di Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Gimana ga betah coba yah, Pantai itu indah loh, dari setiap sudut dihiasi dengan pasir yang halus, dihiasi dengan pohon - pohon yang cantik dan menawan, sungguh luar biasa indahnya akan cipataan Allah SWT. Nikmat mana lagi yang kau dustakan.
sumber : https://lebakunique.com
Seluruh ciptaan Allah SWT tidak ada yang indah, Allah menciptakan segala sesuatunya dengan penuh keindahan, kita hanya perlu menjaga, merawat semua yang sudah allah berikan kepada umatnya. Kurang apalagi Allah SWT sudah menciptakan keindahan alam Pantai Tanjung Layar yang berada di kawasan Lebak Banten tepatnya di Pesona Sawarna, Komplek Tanjung Layar Blok Ciantir Desa Sawarna, Sawarna, Bayah, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.
sumber : www.youtube.com
Pantai ini dihiasi bebatuan yang menarik, dihiasi dengan pepohonan yang memancarkan keindahan yang melengkapi dari setiap sudut pantai. Pantai ini juga sudah dihiasi dengan plang yang bertuliskan Pantai Tanjung Layar, yang bisa Anda nikmati untuk berfoto, berselfie bersama keluarga. Apalagi sekarang ini bagi kaum milenial ramai dalam sosial media, dimanapun dan dalam keadaan apapun selalu di post kedalam media sosial. 
sumber : http://tempatwisataindonesia.id
Apalagi pada saat berwisata yah guys, hemmm momen yang jarang didapatkan, hahaha. Apalagi Indonesia ini sangat kaya, kaya akan budaya, kaya akan bahasa, kaya akan sumber daya, dan kaya akan alamnya. Khususnya wisata pantai nya, indonesia kaya akan lautan. Wajar saja jika indonesia banyak terjadi bencana Tsunami karena indonesia memang kaya akan lautan rentan terjadi bencana Tsunami. Kita perlu menjaganya akan kekayaan yang kita miliki.

Cerita Sejarah dibalik Pantai Layar
Pada jaman dahulu dimana dimasa jaman Hindia Belanda, tanjung ini dikenal dengan nama Java’s Eerste Punt atau “ujung pertama Pulau Jawa”. Pada jaman dahulu sejarah tentang Pantai Tanjung Layar diceritakan dalam babad sunda dan legenda (dongeng) pesisir selatan. Menurut dongeng dan cerita para terdahulu, dua buah karang raksasa di kawasan Tanjung Layar adalah jelmaan dari dua buah kekuatan yang akan dijadikan layar kapal Sangkuriang untuk berlayar mengarungi Samudera Selatan ketika akan melangsungkan pernikahan dengan Ibunya, Dayang Sumbi.

Namun  pada saat itu Sang Hyang Widi tidak mengizinkan kehendak Sangkuriang, maka diamuklah semua peralatan kapal termasuk layarnya, konon kapal tersebut ditendang ke sebelah utara menjadi Gunung Tangkuban Perahu, sedangkan layar-layar yang besar dilempar ke bagian selatan pulau Jawa menjadi karang yang kokoh dan tegar di pantai selatan Provinsi Banten, tepatnya desa sawarna, kecamatan bayah saat ini.

Meski dari legenda Sangkuriang yang berkembang di Jawa Barat adalah berkisah tentang terbentuknya danau Bandung, Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang, dan Gunung Bukit Tunggul, namun cerita tentang Tanjung Layar cukup dikenal di kalangan masyarakat. Jika Anda mau berkunjung mengunjungi obyek wisata Pantai Tanjung Layar Anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000,-/orang.

Cukup murah kan guys, hehehe. Anda sudah bisa mendapatkan keindahan dari Pantai Tanjung Lesung diantaranya : Pemandangan Alami, Karang Raksasa yang Unik, Camping Ground, Menikmati Sunset Pantai Tanjung Layar, dan Spot Foto yang menarik. Sungguh luar biasa kan? hehehe. Tapi ingat guys, disamping itu kita perlu menjaganya, jangan membuang sampah sembarang, karena jika nanti sampah tersebut terbawa arus oleh ombak maka sampah tersebut akan terbawa arus oleh aris dan masuk kedalam pantai tersebut dan nanti bisa dimakan oleh ikan, nanti bisa terjadi pemunahan bagi ikan.

Kita boleh menikmati wisata kita, tapi kita juga tidak boleh semena - mena. Mari kita jaga bersama yah guys, kalau bukan kita siapa lagi. "Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata ya guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat".

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…