page contents Skip to main content

Mesjid Agung Banten Menjadi Icon Provinsi Banten

Guys kalian perlu ketahui bahwa banyak sekali sumber keindahannya dari sudut ke sudut dengan destinasi pariwisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Sederhana namun banyak rindunya yang menjadi menu pilihan bagi para wisatawan, menjadikan tempat wisata yang berada di daerah Serang Provinsi Banten ini menjadi salah satu struktur dalam beberapa pilihan pada saat akan memilih kemanakah kita akan traveling. Perlu kita tingggali sejenak pada saat kita berada di posisi perjalanan dan dimanapun kita berada, alangkah baiknya jika kita menyempatkan diri kita untuk beribadah sejenak menghadap sang khalik Allah SWT. 

Melaksanakan kewajibannya dengan beribadah shalat. Tentunya banyak sekali rumah ibadah yang setiap kita jalan kemanapun selalu ada rumah untuk ibadah, tiada lain halnya dengan yang berada di daerah Serang Banten persis berada di Jl. Raya Banten, Banten, Kasemen, Kota Serang, Banten yaitu Masjid Agung Banten. Kalian perlu tahu bahwa Masjid Agung Banten ini adalah salah satu masjid tertua di Indonesia yang penuh dengan nilai sejarah. Setiap harinya masjid ini ramai dikunjungi para peziarah yang datang tidak hanya dari Banten dan Jawa Barat, tetapi juga dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Masjid ini dikenali dari bentuk menaranya yang sangat mirip dengan bentuk sebuah bangunan mercusuar. Masjid ini dibangun pertama kali pada 1556 oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada tahun 1552 sampai 1570, sultan pertama dari Kesultanan Banten. Ia adalah putra pertama dari Sunan Gunung Jati.
sumber : https://gpswisataindonesia.wordpress.com
sumber : (https://bujangmasjid.blogspot.com)
Masjid ini berada di lokasi sangat strategis, terletak di Desa Banten Lama, tepatnya di desa Banten, sekitar 10 km sebelah utara Kota Serang. Akses ke lokasi dapat dituju dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari terminal Pakupatan, Serang menggunakan bis jurusan Banten Lama atau mencarter mobil angkutan kota menuju lokasi selama lebih kurang setengah jam. Di samping jalan itulah sebuah masjid yang mengandung makna gerakan surga berdiri kokoh dan megah.  Keindahan masjid ini akan langsung terlihat ketika berada di Jl. Raya Banten, Banten, Kasemen, Kota Serang.

sumber : https://wisatabanten.com
Secara arsitektur mesjid ini adalah atap bangunan utama yang bertumpuk lima, mirip pagoda China yang juga merupakan karya dari seorang arsitek Cina yang bernama Tjek Ban Tjut. Dari dua buah serambi yang dibangun kemudian menjadi pelengkap dari sudut dimana dalam posisi bagian utara dan selatan bangunan utama. Perlu kita ketahui juga bahwa selain itu di masjid ini juga terdapat kompleks pemakaman sultan - sultan Banten serta keluarganya. Yaitu makam Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, Sultan Ageng Tirtayasa, dan Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar. Sementara di sisi utara serambi selatan terdapat makam Sultan Maulana Muhammad dan Sultan Zainul Abidin, dan lainnya. Masjid Agung Banten juga memiliki paviliun tambahan yang terletak di sisi selatan bangunan inti Masjid ini. Paviliun dua lantai ini dinamakan Tiyamah. Berbentuk persegi panjang dengan gaya arsitektur Belanda kuno, bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Hendick Lucasz Cardeel.
sumber : https://lifestyle.sindonews.com
Menjadi bagian keindahan Mesjid Agung Banten ini adalah bagian dari menara yang menjadi ciri khas Masjid Banten terletak di sebelah timur masjid. Seperti yang sudah disampaikan kalian perlu tau bahwa menara ini terbuat dari batu bata dengan ketinggian kurang lebih 24 meter, diameter bagian bawahnya kurang lebih 10 meter. Semua berita Belanda tentang Banten hampir selalu menyebutkan menara tersebut, membuktikan menara itu selalu menarik perhatian pengunjung Kota Banten masa lampau. Untuk mencapai ujung menara, ada 83 buah anak tangga yang harus ditapaki dan melewati lorong yang hanya dapat dilewati oleh satu orang. Pemandangan di sekitar masjid dan perairan lepas pantai dapat terlihat di atas menara, karena jarak antara menara dengan laut yang hanya sekitar 1,5 km. Sungguh indah dan luar biasa yah guys, hehehe.

Kita sudah diberikan fasilitas mesjid yang amat sangat mewah, maka dari itu kita perlu memperbaiki ibadah kita. Berbeda pada jaman dahulu mesjid yang memang dengan kostur seadanya, namun diera modern ini semua mesjid dari setiap wilayah baik dari dalam negeri hingga luar negeri sudah sangat indah dan sungguh megah. Segala sesuatu memang sangat susah sekali untuk kita kendalikan seluruh yang ada dalam diri kita. Kita sendiri yang melaksanakan hidup, dan kita sendiri yang akan menerima apapun dalam segala hal baik buruknya. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan semoga kita selalu diberikan jalan menuju jalan kebenaran yaitu selalu dijalan Allah SWT. Amin

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…