page contents Skip to main content

Kuliner Nasi Uduk Ungu, Makanan Khas Sukabumi

Hallo guys, Sukabumi selain terkenal dengan obyek wisatanya. Sukabumi juga terkenal dengan makanan atau kulinernya loh salah satunya adalah Tutug Oncom. Ada lagi nih guys, selain Tutug Oncom, Sukabumi juga memiliki makanan khas yaitu Nasi Uduk Ungu. Nasi Uduk Ungu yang menjadi ciri khas Mamih Ungu Resto dan CafĂ© ini rasanya gurih bercampur rasa manis dari ubi dan aromanya harum, hemmm asli Sunda deh pokoknya, hehehe. 
sumber : http://resepmasakanque.blogspot.com
Disajikan secara komplit dengan lauk pauk seperti daging ayam, tahu, tempe, sayuran, telur dadar, sambal goreng yang nikmat, serta sambal. Sangat cocok bagi yang tidak suka pedas. Selain Nasi Uduk Ungu, ada juga Nasi Uduk Hijau yang berbahan pewarna alami bayam dan sedikit tambahan cabe hijau. Sehingga sedikit ada rasa panas di lidah, menjadikan Nasi Uduk Hijau mempunyai perpaduan rasa sedikit pedas yang pas dengan rasa gurihnya. 
sumber : https://travelounge.co
Kedua nasi uduk dengan lauk pauknya ini disajikan dalam keadaan hangat, membuat lebih nikmat untuk dilahap. Dan tidak usah kuatir bagi yang sedang tidak ingin makan nasi uduk, karena di resto ini ada menu makanan dan minuman lainnya yang menarik, seperti Nasi Iga Bakar, Nasi Briyani, Nasi Kebuli, Ayam Bakakak, Ayam Kampung Presto, Sate Maranggi, Cumi Ala mamih, Fish Chip, Spaghetti Spicy Chili, Lasagna, dan lain-lain. 
sumber : http://dapurbunda0.blogspot.com
Nah untuk teman-teman yang sedang berwisata ke kota Sukabumi, dan penasaran ingin mencicipi kelezatan nasi uduk ungu atau nasi uduk hijau, langsung aja kuy ke Jl. Brawijaya No.16, Sriwidari, Gn. Puyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Ahhh pokoe tergoda deh, hahaha. Nasi uduk ungu adalah salah satu variasi dari nasi uduk yang berasal dari kota Sukabumi. Warna yang ungu dari nasi uduk tersebut diperoleh dari bahan pembuatannya yaitu adalah buah bit dan juga ubi ungu. 

Terdapat juga alternatif warna lain misalnya seperti nasi uduk hijau dimana warna hijau diperoleh dari bahan misalnya seperti bayam, sawi, cabai hijau, dan lain sebagainya, berikut cara pembuatan Nasi Uduk ungu.

Bahan bahan 
  • Sediakan beras 150 gram.
  • Sediakan ubi ungu yang sudah dikukus sekitar 50 gram, atau 1 kepal ubi ungu.
  • Sediakan santan kelapa 250 gram.
  • Sediakan dan salam 1 lembar
  • Sediakan serai 2 batang.
  • Sediakan garam sesuai kebutuhan.
  • Sediakan air untuk memasak nasi sesuai kebutuhan.
Bahan pelengkap selain bahan yang diatas
  • Sediakan ayam goreng hangat sesuai selera.
  • Sediakan sambal secukupnya.
  • Sediakan tempe goreng secukupnya.
  • Sediakan tahu goreng secukupnya.
  • Sediakan lalapan tomat, dan juga timun secukupnya, atau sesuai selera.
Cara membuat atau penyajian
  • Cucilah beras hingga bersih setelah itu masukkan kedalam panci ataupun magiccom hingga nasi setengah matang.
  • Sambil menunggu nasi, haluskan terlebih dahulu ubi ungu yang telah dikukus dan juga santan kelapa dengan cara diblender hingga rata dan halus. Tuangkan kedalam panci/magiccom bersama dengan serai, daun salam, dan juga garam. pastikan air cukup, jika perlu lebihkan sedikit supaya nasi nantinya empuk dan tidak keras.
  • Jika sudah matang, segera aduk-aduk nasi hingga rata, supaya santan meresap.
  • Hidangkan selagi hangat, lengkap dengan ayam goreng, lalapan, sambal, tahu goreng, dan juga tempe
Referensi :
https://www.wikipedia.org/
http://www.unair.ac.id
http://ejournal.upi.edu
https://resepnusantara.id
    Selamat berwisata ya guys, selamat berkuliner, selamat menikmati makanan khasnya, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

    Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
    Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
    Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

    Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

    Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

    Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

    Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…