page contents Skip to main content

Keindahan Curug Sanghyang Taraje, Pakenjeng, Pamulihan, Kabupaten Garut

Salah satu obyek wisata Curug Sanghyang ini berada di Kp. Kombongan, Pakenjeng, Pamulihan, Kabupaten Garut. Curug ini indah, udaranya sejuk, aman, dan nyaman. Wisata curug ini pas untuk Anda nikmati, karena sudah murah meriah, dan suasananya juga menyenangkan. Curug ini juga sudah banyak parawisatawan yang berkunjung kesini menikmati keindahan curug ini. Cocok  untuk Anda pecinta alam  dengan pesona wisata Garut yang terus menajdi primadona wisatawan lokal maupun wisatawan asing.
sumber : http://ngabolangngabolang.blogspot.com
Curug Sanghyang Taraje ini adalah sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Kata Sanghyang merupakan sebutan kehormatan untuk dewa atau raja diera zaman dulu. Sedangkan Taraje dalam bahasa sunda berarti tangga. Sehingga secara umum curug ini berarti tangga yang digunakan oleh dewa-dewa menuju kayangan. Waww dari cerita sejarahnya saja sudah luar biasa yah, hehehe. Curug Sanghyang Taraje adalah air terjun yang berada di ketinggian 660 mdpl dengan ketinggian air terjunnya yaitu mencapai 82 meter dengan dua curahan air terjun. 
sumber : https://odestory.com
Curug Sanghyang Taraje ini, selain memiliki panorama alam yang sangat indah, Curug Sanghyang Taraje juga digunakan warga untuk kebutuhan irigasi baik untuk pertanian dan perikanan. Konon katanya, kenapa dinamai Curug Sanghyang Taraje karena masih ada kaitannya dengan legenda salah satu anak Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran, yaitu Kian Santang. Kian Santang yang dulunya hendak mengambil bintang untuk Dayang Sumbi melewati curug ini. 
sumber : https://www.kompasiana.com
Maka dinamailah curug ini Sanghyang Taraje. Berdasarkan cerita di area curug ini, Kian Santang menyimpan salah satu benda berharganya dan dijaga oleh ular yang sangat besar, sehingga katanya penduduk sekitar terkadang masih suka melihat penampakan dari ular besar tersebut. Curug Sanghyang Taraje ini selain bisa menikmati pesona alamnya, curug ini juga dikelilingi oleh perkebunan Teh yang hijau, sehingga semakin indah terpancarkan dari curug ini.
sumber : https://odestory.com
Ketika Anda mau berkunjung ke Curug Sanghyang Taraje ini, disini juga sudah terdapat beberpa fasilitas yang tersedia untuk Anda yang berada di sekitar kawasan Curug Sanghyang Taraje. Ada beberapa warung di gerbang masuk, yang memang tidak seperti dulu yang hanya ada pedagang dadakan itupun saat waktu libur saja. Di sekitar air terjun juga udah lebih tertata. Ada beberapa bangku dan gazebo yang  bisa digunakan untuk kalian, dan terdapat kamar mandi juga.
sumber : https://bisniswisata.co.id
Curug Sanghyang Taraje, untuk saat ini memang belum ada tempat menginap, karena memang tempat wisata ini masih belum mendapat perhatian lebih dari pemerintah sekitar. Namun jangan khawatir untuk Anda yang ingin menginap ada penginapan terdekat yang bisa Anda gunakan untuk bermalam. Penginapan terdekat dengan Curug Sanghyang Taraje yaitu Villa Widuri dan Sari Papandayan.
sumber : http://wisatareligidunia.blogspot.com
Nah untuk biaya tiket masuk curug juga terbilang cukup murah dan terjangkau oleh semua kalangan para pemuda pemudi. Dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 6.000/orang pada saat hari senin sampai minggu dan Rp. 10.000/orang pada saat hari sabtu dan minggu atau pada saat hari libur raya dan tanggal merah. Disamping biaya tiket masuk tadi, mohon maaf guys, ada biaya lagi yaitu biaya parkir sebesar Rp. 5.000/motor. Tetapi selain itu Anda juga bisa menikmati lukisan alam yang indah disekitar area curug ini.
sumber : https://www.jejakpiknik.com
Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…