page contents Skip to main content

Indahnya Pulau Tunda, Serang, Banten

Pulau Tunda merepukan pulau yang kecil tapi mengindahkan dan mengasyikan. Banyak wisatawan yang berdatangan untuk menikmati keindahan yang mempesona dari Pulau Tunda ini. Pulau Tunda, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, yakni di sebelah utara Teluk Banten. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten. Luas Pulau Tunda adalah sekitar 300 hektar. Pada Tahun 2007, jumlah penduduk Pulau Tunda mencapai 3000 orang.
sumber : http://banten.travel
Secara administratif, Di Pulau Tunda terdapat 1 desa yaitu Desa Wargasara. Nama Desa tersebut diartikan sebagai Desa yang warganya taat kepada hukum, Wargasara adalah sebuah nama Desa yang diberikan oleh Almarhum tokoh masyarakat dikala itu yang bernama H. Mohammad Toha yang menjabat sebagai kepala desa. Desa ini terdiri atas 2 dusun yakni Kampung Barat dan Kampung Timur. Pekerjaan penduduk desa umumnya adalah buruh nelayan, bercocok tanam palawija, dan sebagian kecil sebagai pedagang perantara. 
sumber : https://cintaihidup.com
Pulau Tunda sebenarnya sudah dapat dijadikan objek pariwisata yang sangat menarik untuk dikaji. Keindahan pantai dan lautnya belum dieksplore lebih jauh. Padahal kegiatan berlayar dengan pemandangan laut dan lumba-lumba, memancing, snorkeling, diving, melihat sunset dan sunrise adalah potensi wisata yang menarik. Hanya sedikit investor yang melakukan investasi atau melakukan kegiatan usaha industri pariwisata di Pulau Tunda. Sehingga pemerintah daerah harus terus menggali potensi menarik ini yang belum terjamah.
sumber : http://www.paketwisatamurah.net
Provinsi Banten memiliki wisata bahari yang tak kalah menawannya dengan provinsi lainnya. Pulau Tunda adalah salah satu yang menjadi wisata bahari yang masih terjaga kelestariannya. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Tunda, diantaranya snorkeling, memancing, melihat matahari terbenam sampai trekking di hutan. Anda untuk menuju Pulau Tunda juga tak sulit. Jika Anda dari Jakarta, maka lakukan perjalanan via darat menuju Pelabuhan Karangantu, Serang, Banten melalui tol Jakarta-Merak. 
sumber : http://liputanbanten.co.id
Dari Pelabuhan Karangantu ada kapal nelayan yang berfungsi ganda yakni mengantar para wisatawan ke Pulau Tunda. Perjalanan dengan kapal ini memakan waktu kurang lebih dua jam. Total, perjalanan dari Jakarta menuju pulau Tunda kurang lebih empat jam. Yang kalian perlu tahu adalah sebetulnya Pulau Tunda ini bagian dari Kepulauan Seribu hanya letaknya lebih ke arah Banten-Serang. Kalau musim ombak, banyak kiriman sampah dari Kepulauan Seribu.
sumber : https://lakupon.com
Maka dari itu kita harus sama - sama menjaga kebersihan, jangan buang sampah ke laut. Nah untuk kalian yang ingin mengunjungi Pulau Tunda sebaiknya pada saat musim kemarau, sekitar bulan Mei sampai November. Walaupun terkadang sekrang ini ketika musim hujan ternyata kadang suka terjadi musim panas, begitupun sebaliknya.  Nah cuman akan lebih enaknya kalau Anda ke Pulau ini pada saat keadaan musim panas atau musim kemarau.

 Ada beberapa paket untuk menuju Pulau Tunda mungkin bisa Anda akumulasikan seperti apa, sesuai dengan keinginan Anda berikut beberapa biaya yang mesti Anda siapkan jauh - jauh sebelumnya untuk menuju Pulau Tunda.
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya kereta KRL dari stasiun tanah abang ke rangkas bitung Rp. 8.000
  • Estimasikan kira - kira biaya untuk kereta lokal dari stasiun rangkas bitung ke stasiun karangantu Rp. 3.000
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya kapal dari dermaga karangantu ke pulau tunda Rp. 50.000
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya sewa penginapan di pulau tunda Rp. 250.000 - 500.000
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya sewa kapal untuk snorkeling Rp. 500.000
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya sewa alat snorkeling Rp. 50.000
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya makan per porsi Rp. 25.000 
Tetapi guys, alangkah baiknya jika Anda menyiapkan uang yang lebih, agar Anda merasa tenang, karena terkadang namanya sebuah perjalanan itu tidak ada yang tahu, terkadang biaya yang tidak terduga suka terjadi. Jadi lebih baik Anda persiapkan uang sebaik mungkin.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata ya guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…