page contents Langsung ke konten utama

Indahnya Pulau Tunda, Serang, Banten

Pulau Tunda merepukan pulau yang kecil tapi mengindahkan dan mengasyikan. Banyak wisatawan yang berdatangan untuk menikmati keindahan yang mempesona dari Pulau Tunda ini. Pulau Tunda, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, yakni di sebelah utara Teluk Banten. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten. Luas Pulau Tunda adalah sekitar 300 hektar. Pada Tahun 2007, jumlah penduduk Pulau Tunda mencapai 3000 orang.
sumber : http://banten.travel
Secara administratif, Di Pulau Tunda terdapat 1 desa yaitu Desa Wargasara. Nama Desa tersebut diartikan sebagai Desa yang warganya taat kepada hukum, Wargasara adalah sebuah nama Desa yang diberikan oleh Almarhum tokoh masyarakat dikala itu yang bernama H. Mohammad Toha yang menjabat sebagai kepala desa. Desa ini terdiri atas 2 dusun yakni Kampung Barat dan Kampung Timur. Pekerjaan penduduk desa umumnya adalah buruh nelayan, bercocok tanam palawija, dan sebagian kecil sebagai pedagang perantara. 
sumber : https://cintaihidup.com
Pulau Tunda sebenarnya sudah dapat dijadikan objek pariwisata yang sangat menarik untuk dikaji. Keindahan pantai dan lautnya belum dieksplore lebih jauh. Padahal kegiatan berlayar dengan pemandangan laut dan lumba-lumba, memancing, snorkeling, diving, melihat sunset dan sunrise adalah potensi wisata yang menarik. Hanya sedikit investor yang melakukan investasi atau melakukan kegiatan usaha industri pariwisata di Pulau Tunda. Sehingga pemerintah daerah harus terus menggali potensi menarik ini yang belum terjamah.
sumber : http://www.paketwisatamurah.net
Provinsi Banten memiliki wisata bahari yang tak kalah menawannya dengan provinsi lainnya. Pulau Tunda adalah salah satu yang menjadi wisata bahari yang masih terjaga kelestariannya. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Tunda, diantaranya snorkeling, memancing, melihat matahari terbenam sampai trekking di hutan. Anda untuk menuju Pulau Tunda juga tak sulit. Jika Anda dari Jakarta, maka lakukan perjalanan via darat menuju Pelabuhan Karangantu, Serang, Banten melalui tol Jakarta-Merak. 
sumber : http://liputanbanten.co.id
Dari Pelabuhan Karangantu ada kapal nelayan yang berfungsi ganda yakni mengantar para wisatawan ke Pulau Tunda. Perjalanan dengan kapal ini memakan waktu kurang lebih dua jam. Total, perjalanan dari Jakarta menuju pulau Tunda kurang lebih empat jam. Yang kalian perlu tahu adalah sebetulnya Pulau Tunda ini bagian dari Kepulauan Seribu hanya letaknya lebih ke arah Banten-Serang. Kalau musim ombak, banyak kiriman sampah dari Kepulauan Seribu.
sumber : https://lakupon.com
Maka dari itu kita harus sama - sama menjaga kebersihan, jangan buang sampah ke laut. Nah untuk kalian yang ingin mengunjungi Pulau Tunda sebaiknya pada saat musim kemarau, sekitar bulan Mei sampai November. Walaupun terkadang sekrang ini ketika musim hujan ternyata kadang suka terjadi musim panas, begitupun sebaliknya.  Nah cuman akan lebih enaknya kalau Anda ke Pulau ini pada saat keadaan musim panas atau musim kemarau.

 Ada beberapa paket untuk menuju Pulau Tunda mungkin bisa Anda akumulasikan seperti apa, sesuai dengan keinginan Anda berikut beberapa biaya yang mesti Anda siapkan jauh - jauh sebelumnya untuk menuju Pulau Tunda.
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya kereta KRL dari stasiun tanah abang ke rangkas bitung Rp. 8.000
  • Estimasikan kira - kira biaya untuk kereta lokal dari stasiun rangkas bitung ke stasiun karangantu Rp. 3.000
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya kapal dari dermaga karangantu ke pulau tunda Rp. 50.000
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya sewa penginapan di pulau tunda Rp. 250.000 - 500.000
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya sewa kapal untuk snorkeling Rp. 500.000
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya sewa alat snorkeling Rp. 50.000
  • Estimasikan kira - kira untuk biaya makan per porsi Rp. 25.000 
Tetapi guys, alangkah baiknya jika Anda menyiapkan uang yang lebih, agar Anda merasa tenang, karena terkadang namanya sebuah perjalanan itu tidak ada yang tahu, terkadang biaya yang tidak terduga suka terjadi. Jadi lebih baik Anda persiapkan uang sebaik mungkin.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata ya guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Lirik Kunci Gitar Chord Lagu Dadas Asep Balon X Resol

sumber : youtube@SG Entertainment Dm        G Aku tak apa          Em           A Aku engga apa apa Dm                              G Semoga bahagia kau disana                           C Dengan si goblog eta [INTRO]   C Em Am A Dm A G Em E7 Am Dm G C C Tataian ngadangu sia jadian            F Jeung nu bengetna poek ciga imah keur aliran       G Meskipun teu ngahiji aing tetep ngadoakan           C Semoga pas si eta apet ku warga dibangsatkeun C Salila ieu aing Pedekate jeung sia   F Mangbulan-bulan geus siga nyicil mio ka adira              G dekeutna jeung aing jadian jeung si beungeut rawing         C nyanguna jeung aing ngaliwetna jeung si a-jing C geus dadas jadian acan tapi teu reuwas da aing tampan       F na ari sia teu ngahargaan asa Raisa beungeut pas-pasan G hiji waktu sia bakal ngarasa kaduhung C                                             G miceun sampoerna mild sia kadon mulung puntung [Chorus]               F