page contents Skip to main content

Wisata Sanghyang Heuleut Bandung

Hai guys bandung selalu menjadi tempat berburu destinasi wisata yang tidak kalah saingnya dengan daerah - daerah lainnya. Bandung memiliki destinasi wisata yang selalu membuat wisatawan tertarik untuk kembali berkunjung menikmati destinasi wisatanya. Bandung juga memiliki dan terkenal kulinernya, itu juga yang membuat wisatawan ketagihan untuk kembali ke bandung. Indonesia banyak memiliki suku budaya yang unik dan beragam serta tersebar dari Sabang sampai Merauke. 
sumber : www.satulensa.com
Setiap suku bangsa memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Dan berbagai macam bahasa pula yang indonesia miliki. Luar biasa kan?. Perlu kita ketahui bahwa kita harus menjaga dan melestarikannya agar keindahan yang allah berikan kepada kita tidak semena - mena terhadapnya. Bandung memiliki destinasi wisata yang kabarnya lagi ramai diperbincangkan oleh para wisatawan yaitu Sanghyang Heuleut. 

Sanghyang Heuleut ini berupa sebuah danau yg di bagian atasnya dialiri gemericik air yg merupakan bagian dari Sungai Citarum purba dimana aliran air tersebut seakan mengisi danau Sanghyang Heuleut. Airnya jernih berwarna hijau dan gak begitu dalam. Jadi cocok banget buat kamu yg mau berenang di sini. Danau Sanghyang Heuleut dikelilingi oleh formasi bebatuan yg unik dan menjulang tinggi di beberapa spot. 

Sanghyang Heuleut ini disebut sebagai danau purba karena bisa dilihat dari formasi bebatuan yg ada di sini. Bebatuan ini terbentuk dari hasil letusan gunung api purba yg bernama Gunung Sunda, yg merupakan masih bagian dari sejarah terbentuknya Bandung. For indepth information, kalian bisa search sendiri dari sumber-sumber yg ada di internet. Dari beberapa sumber yg gue dapat dan digabung sama pemahaman gue, Sanghyang berarti sesuatu yg dianggap suci  dan Heuleut yg jelas-jelas berasal dari bahasa Sunda berarti jeda atau batas antara dua hal/waktu.

Dan konon danau ini dahulu kala dipakai utk mandi oleh para bidadari. Jadi mungkin maksudnya adalah sebuah tempat suci yg sering dipakai oleh para bidadari khayangan yg memiliki batas waktu berbeda dengan manusia. Dan Sanghyang Heuleut ini juga masih merupakan bagian dari Sanghyang Poek dan Sanghyang Tikoro. Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek ini berupa goa purbakala dimana kedua goa ini dilintasi aliran sungai Citarum purba yang juga mengalir dari Sanghyang Heuleut. 

Poek dalam bahasa Sunda berarti gelap, sedangkan Tikoro berarti tenggorokan.  Jika musim penghujan, aliran di sungai ini akan deras.Ada yg untik di kedua goa ini. Di goa Sanghyang Poek kita bisa lihat dinding goa yg megah dimana di bawahnya ada cerukan dan kita bisa berlindung di bawahnya. Kalau Sanghyang Tikoro, yg unik adalah kita bisa lihat aliran sungai yg ‘menghilang di telan mulut goa.

Jadwal operasional Sanghyang Heuleut
  1. Senin: 08.00–16.00 WIB
  2. Selasa: 08.00–16.00 WIB
  3. Rabu: 08.00–16.00 WIB
  4. Kamis: 08.00–16.00 WIB
  5. Jumat: 08.00–16.00 WIB
  6. Sabtu: 08.00–16.00 WIB
  7. Minggu: 08.00–16.00 WIB
Tiket masuk menuju Sanghyang Heuleut setiap pengunjung yang datang ke kawasan tersebut akan di kenakan tariff Rp. 10.000/orang, harga tersebut belum termasuk dengan harga parkir. Untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 dan roda empat di kenakan biaya parkir sebesar Rp. 10.000. Bukan hanya itu, di kawasan ini juga pihak pengelola menyediakan jasa sewa pelampung bagi Anda yang ingin menyewa, yaitu dikenakan tariff sebesar Rp. 20.000/orang. 

Dan bagi Anda yang ingin menyewa jasa pemandu untuk menelusuri beberapa kawasan seperti menjelajahi Sanghyang HeuleutSanghyang Tikoro atau Sanghyang Poek akan dikenakan tariff sebesar Rp. 5.000 – Rp. Rp. 50.000/orang. Jika Anda ingin berkunjung mengunjungi Anda bisa menggunakan alamat ini sebagai alat bantu anda menuju Sanghyang Heuleut di Jl. Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 43283. Anda juga bisa menggunakan maps sebagai alat bantu Anda menuju Sanghyang Heuleut.
Selamat berwisata, semoga selamat sampai tujuan, semoga liburan anda menyenangkan, dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…