page contents Langsung ke konten utama

Wisata Sanghyang Heuleut Bandung

Hai guys bandung selalu menjadi tempat berburu destinasi wisata yang tidak kalah saingnya dengan daerah - daerah lainnya. Bandung memiliki destinasi wisata yang selalu membuat wisatawan tertarik untuk kembali berkunjung menikmati destinasi wisatanya. Bandung juga memiliki dan terkenal kulinernya, itu juga yang membuat wisatawan ketagihan untuk kembali ke bandung. Indonesia banyak memiliki suku budaya yang unik dan beragam serta tersebar dari Sabang sampai Merauke. 
sumber : www.satulensa.com
Setiap suku bangsa memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Dan berbagai macam bahasa pula yang indonesia miliki. Luar biasa kan?. Perlu kita ketahui bahwa kita harus menjaga dan melestarikannya agar keindahan yang allah berikan kepada kita tidak semena - mena terhadapnya. Bandung memiliki destinasi wisata yang kabarnya lagi ramai diperbincangkan oleh para wisatawan yaitu Sanghyang Heuleut. 

Sanghyang Heuleut ini berupa sebuah danau yg di bagian atasnya dialiri gemericik air yg merupakan bagian dari Sungai Citarum purba dimana aliran air tersebut seakan mengisi danau Sanghyang Heuleut. Airnya jernih berwarna hijau dan gak begitu dalam. Jadi cocok banget buat kamu yg mau berenang di sini. Danau Sanghyang Heuleut dikelilingi oleh formasi bebatuan yg unik dan menjulang tinggi di beberapa spot. 

Sanghyang Heuleut ini disebut sebagai danau purba karena bisa dilihat dari formasi bebatuan yg ada di sini. Bebatuan ini terbentuk dari hasil letusan gunung api purba yg bernama Gunung Sunda, yg merupakan masih bagian dari sejarah terbentuknya Bandung. For indepth information, kalian bisa search sendiri dari sumber-sumber yg ada di internet. Dari beberapa sumber yg gue dapat dan digabung sama pemahaman gue, Sanghyang berarti sesuatu yg dianggap suci  dan Heuleut yg jelas-jelas berasal dari bahasa Sunda berarti jeda atau batas antara dua hal/waktu.

Dan konon danau ini dahulu kala dipakai utk mandi oleh para bidadari. Jadi mungkin maksudnya adalah sebuah tempat suci yg sering dipakai oleh para bidadari khayangan yg memiliki batas waktu berbeda dengan manusia. Dan Sanghyang Heuleut ini juga masih merupakan bagian dari Sanghyang Poek dan Sanghyang Tikoro. Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek ini berupa goa purbakala dimana kedua goa ini dilintasi aliran sungai Citarum purba yang juga mengalir dari Sanghyang Heuleut. 

Poek dalam bahasa Sunda berarti gelap, sedangkan Tikoro berarti tenggorokan.  Jika musim penghujan, aliran di sungai ini akan deras.Ada yg untik di kedua goa ini. Di goa Sanghyang Poek kita bisa lihat dinding goa yg megah dimana di bawahnya ada cerukan dan kita bisa berlindung di bawahnya. Kalau Sanghyang Tikoro, yg unik adalah kita bisa lihat aliran sungai yg ‘menghilang di telan mulut goa.

Jadwal operasional Sanghyang Heuleut
  1. Senin: 08.00–16.00 WIB
  2. Selasa: 08.00–16.00 WIB
  3. Rabu: 08.00–16.00 WIB
  4. Kamis: 08.00–16.00 WIB
  5. Jumat: 08.00–16.00 WIB
  6. Sabtu: 08.00–16.00 WIB
  7. Minggu: 08.00–16.00 WIB
Tiket masuk menuju Sanghyang Heuleut setiap pengunjung yang datang ke kawasan tersebut akan di kenakan tariff Rp. 10.000/orang, harga tersebut belum termasuk dengan harga parkir. Untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 dan roda empat di kenakan biaya parkir sebesar Rp. 10.000. Bukan hanya itu, di kawasan ini juga pihak pengelola menyediakan jasa sewa pelampung bagi Anda yang ingin menyewa, yaitu dikenakan tariff sebesar Rp. 20.000/orang. 

Dan bagi Anda yang ingin menyewa jasa pemandu untuk menelusuri beberapa kawasan seperti menjelajahi Sanghyang HeuleutSanghyang Tikoro atau Sanghyang Poek akan dikenakan tariff sebesar Rp. 5.000 – Rp. Rp. 50.000/orang. Jika Anda ingin berkunjung mengunjungi Anda bisa menggunakan alamat ini sebagai alat bantu anda menuju Sanghyang Heuleut di Jl. Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 43283. Anda juga bisa menggunakan maps sebagai alat bantu Anda menuju Sanghyang Heuleut.
Selamat berwisata, semoga selamat sampai tujuan, semoga liburan anda menyenangkan, dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Kuliner Gurih 7 Bogor Khas Sunda

Doyan makan? Gurih 7 memiliki resapan aroma yang menggoda, yang memiliki ciri khas seperti pada umumnya sebuah makanan. Untuk urusan kulineran menjadi tradisi masyarakat yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam masyarakat sunda ada dari mulai nama - nama makanan, cara memasak bumbu, hingga menyajikan citarasanya. Jika berkunjung ke Restoran Gurih 7 akan memberikan pengalaman lebih untuk Anda, bayangkan saja menyantap masakan saung lesehan dan kuliner khas sunda serta mendengarkan suara air terjun yang terletak di depan mata. sumber : https://www.tripadvisor.co.id Restoran ini merupakan satu-satunya restoran di pusat Kota Bogor yang mempunyai air terjun. Sungguh luar biasa kan guys?. Dengan jumlah saung lebih dari 60, Gurih 7 juga cocok untuk dijadikan tempat gathering bersama keluarga, rekan kerja, atau bahkan tempat wisata karena tempat ini berdekatan dengan toko kue dan oleh-oleh Khas Kota Bogor, yaitu Rumah Talas. Jangan sampe terlewatkan guys jika Anda sedang berkunjung di Ko