page contents Skip to main content

Wisata Pemandian Air Panas Cipanas, Darajat, Garut

Pariwisata adalah perjalanan untuk mencari kesenangan, sekaligus merupakan teori dan praktik berwisata, bisnis menarik, mengakomodasi, dan menghibur wisatawan, dan bisnis jasa tur. Pariwisata bisa antar negara atau domestik.Orang dianggap berpariwisata jika bepergian sejauh paling tidak 80 km dari rumahnya, jika di bawah itu disebut “pelancong. Etimologi kata “pariwisata” berasal dari bahasa Sansekerta yaitu pari dan wisata. Kata pari berarti “bersama” atau “berkeliling”, sedangkan kata wisata berarti “perjalanan”. Jadi, secara harfiah “pariwisata” berarti “perjalanan berkeliling bersama-sama”. Seperti yang lagi ramai diperbicangkan oleh parawisatawan yang berada di kawasan Garut Jawa Barat wisata Puncak Darajat Garut.
sumber : pagguci.com
Kawasan wisata Puncak Darajat Garut adalah salah satu kawasan wisata dataran tinggi yang terletak di Jl. Darajat, kecamatan Pasirwangi samarang Kabupaten Garut Jawa Barat. Kawasan ini sebenarnya adalah salah satu lokasi pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di jawa barat yang dikelola oleh salah satu anak perusahaan Chevron Texaco, Amoseas Indonesia Inc. Karena berada di kawasan pembangit listrik tenaga panas bumi, disini banyak sekali terdapat sumber air panas, sehingga keberadaannya banyak dimanfaatkan oleh pengusaha setempat. 
sumber : www.kompasiana.com
Untuk mendirikan tempat wisata pemandian air panas alami,  tidak heran saat ini sudah banyak berdiri tempat wisata seperti waterpark, outbond dan penginapan seperti villa dan bungalow yang tersebar di beberapa titik. Garut terletak di Provinsi Jawa Barat bagian Selatan pada koordinat 6º56'49'' - 7 º45'00'' Lintang Selatan dan 107º25'8'' - 108º7'30'' Bujur Timur. Kabupaten Garut memiliki luas wilayah administratif sebesar 306.519 Ha (3.065,19 km²) dengan batas-batas sebagai berikut : Utara = Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, Timur = Kabupaten Tasikmalaya, Selatan = Samudra Indonesia, Barat = Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur. 

Kabupaten Garut yang secara geografis berdekatan dengan Kota Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat, merupakan daerah penyangga dan hitterland bagi pengembangan wilayah Bandung Raya. Oleh karena itu, Kabupaten Garut mempunyai kedudukan strategis dalam memasok kebutuhan warga Kota dan Kabupaten Bandung sekaligus pula berperan di dalam mengendalikan keseimbangan lingkungan. 

Saat ini objek wisata yang berada di kawasan darajat ini sedang naik daun dan menjadi salah satu tempat wisata pavorit di garut, bahkan ada beberapa objek wisata darajat yang sudah cukup dikenal di indonesia, tidak heran tempat ini banyak dijadikan target wisata baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri. Alasan yang menjadi daya tarik kawasan wisata darajat ini adalah lokasinya yang berada di pegunungan, menyajikan udara pegunungan yang sejuk dan bersih.

Panorama hamparan perkebunan hijau yang luas nan menyegarkan mata, serta dari titik ini anda dengan jelas bisa melihat hamparan kota garut yang begitu indah. Keindahan objek wisata yang berada di kawasan puncak gunung darajat ini bisa menjadi salah satu pilihan tujuan wisata anda untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama keluarga.

Di Kawasan Puncak Darajat ada banyak sekali tempat wisata berdiri, namun dari banyaknya tempat wisata di sana, diantaranya ada 3 lokasi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan sudah cukup populer yaitu: Taman Air Panas Darajat Pass (pemandian air panas + wahana bermain, outbond, rumah makan dan penginapan), Awit Sinar Alam Darajat (pemandian air panas, rumah makan dan penginapan), Puncak Darajat  Resort and Waterboom (pemandian air panas + wahana bermain, outbond, rumah makan dan penginapan). 

Ketiga tempat wisata tersebut berada di kawasan puncak gunung darajat dan letaknya berdekatan satu sama lain. Ketiga tempat wisata tersebut memiliki fasilitas kolam pemandian air panas yang dilengkapi wahana bermain (waterboom), outbond dan juga sarana penginapan.

Jam Operasional : 24 Jam nonstop
  • Fasilitas:
  • Kolam renang air panas
  • Penginapan dan
  • Outbond
Hari Libur (Weekend)
Dewasa Rp. 30.000
Anak-Anak Rp. 25.000

Hari-hari biasa (Week day):
Dewasa Rp. 25.000
Anak-Anak Rp. 25.000 (disamakan)

Jika Anda mau berkunjung menikmati keindahan panorama Puncak Darajat Garut  terletak di Jl. Darajat KM. 14 Pasirwangi, Garut, Jawa Barat. Anda juga bisa menggunakan maps sebagai alat bantu Anda menuju Puncak Darajat Garut.

Selamat berwisata, semoga selamat sampai tujuan, semoga liburan anda menyenangkan, dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…