page contents Langsung ke konten utama

Wisata Murah Meriah di Curug Puncak Manik Sukabumi

Mari guys kita liburan di Curug Puncak Manik, hehehe. Gimana mau bosan ya guys kalau setiap kita wisata suasananya menyenangkan, mengasyikan, penoramanya indah, tempatnya juga aman, hemmm enak yahh, hehehe. Indonesia kaya akan lautan, dan sumber daya alamnya seperti yang terdapat di wilayah sukabumi diantara destinasinya yang saat ini menjadi tranding topik bagi kalangan wisatawan, baik dari wisata lokal hingga mancanegara.
sumber : http://fshjampang.blogspot.com
Semua itu menjadi sumber mata pencaharian masyarakat Indonesia khususnya masyarakat sukabumi. Pengelolaan wilayah membutuhkan pengelolaan yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan. Laut yang mengelilingi wilayah Indonesia dipengaruhi oleh pergerakan arus, angin, dan gelombang yang mempengaruhi terjadinya abrasi. Abrasi yang dapat menyebabkan air laut menjadi keruh dan longsor di pinggir pantai bertebing selanjutnya akan mempengaruhi penduduk yang bermata pencaharian di pantai.
sumber : https://explorewisata.com
Ayo guys kita kelola dan jaga bersama - sama akan keindahan alam yang sudah allah berikan kepada kita. Jika bukan kita siapa lagi?. Mari bersama - sama jaga kekayaan kita. Curug Puncak Manik adalah air terjun terakhir dari tiga rangkaian air terjun yang mengalir pada Sungai Ciletuh, Sukabumi. Curug Puncak Manik adalah air terjun tertinggi dengan trek perjalanan yang sangat sulit jika dibandingkan dengan Curug Awang dan Curug Tengah.
sumber : https://explorewisata.com
Trek yang sulit ini seakan menjaga keasriannya, dan menjadikannya sebagai hidden paradise di kawasan Ciletuh Geopark. Curug Puncak Manik ini bisa dibilang air terjun terindah yang ada di kawasan Ciletuh Geopark. Untuk mencapai tempat ini kamu harus rela menuruni bukit sekitar satu jam perjalanan, dan perjalanan akan semakin sulit saat kamu hendak pulang karena harus menanjak dengan trek yang sama. Selama perjalanan kamu akan melewati hutan tropis yang sejuk dan rimbun oleh pepohonan hutan asli Ciletuh Geopark.
sumber : https://explorewisata.com
Jika beruntung kamu akan menemukan bunga bangkai Rafflesia Fatma yang langka dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Keunikan lainnya dari tempat ini adalah karena Curug Puncak Manik berada di urutan terbawah dari rangkaian air terjun pada Sungai Ciletuh. Maka apabila kamu berada di atas puncak dari Curug Puncak Manik, kamu bisa melihat undakan air terjun mulai dari Curug Awang, yang kemudian dilanjut oleh Curug Tengah. Tapi untuk sampai ke titik puncak dari Curug Puncak Manik ini sangatlah sulit dan berbahaya.

Cerita Mitos Curug Puncak Manik
Curug Puncak Manik ini adalah air terjun tertinggi yang memiliki ketinggian sekitar 100 m. Air terjun ini terdiri dari dua undakan sebelum membentuk danau kecil yang kemudian kembali menjadi aliran Sungai Ciletuh. Curug Puncak Manik ini selain memiliki keindahan yang menakjubkan, ternyata juga menyimpan mitos yang menyelebunginya.Mitos pertama, masyarakat percaya bahwa dahulu air terjun ini sempat dikunjungi oleh Kentring Manik, ia adalah istri dari Prabu Siliwangi.

Air terjun ini sempat digunakan untuk mandi oleh Kentring Manik. Maka dari itu tempat ini dinamai sebagai Curug Puncak Manik. Mitos kedua, dahulu tempat ini digunakan sebagai tempat untuk menimbun harta karun saat zaman kerajaan. Dinamakan sebagai Curug Puncak Manik karena pada siang dan malam hari, di puncak air terjun ini sering terlihat cahaya yang berkilauan, hasil dari timbunan harta karun tersebut.

Beberapa masyarakat yang pernah mengunjungi tempat ini sering menemukan batu-batu cincin yang berwarna-warni. Mereka percaya bahwa batu tersebut adalah sisa dari timbunan harta karun yang dulu pernah disimpan di sini. Mitos ketiga yang menyelimuti Curug Puncak Manik, dahulu tempat ini sempat dijadikan tempat persembunyian bagi prajurit saat terjadinya babad Cirebon (bahasa sunda: perang).

Untuk menuju lokasi Curug Puncak Manik ini di Desa Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Jika Anda merasa kebingungan Anda bisa memakai maps sebagai alat bantu Anda menuju obyek wisata Curug Puncak Manik. Nah selain itu harga tiket masuk menuju Curug Puncak Manik Anda tidak perlu takut Curug Puncak Manik ini free alias tidak berbayar, mungkin anda cuma membayar tiket parkir Rp. 3000.

Kenapa masih free belum dipungut biaya, karena Curug Puncak Manik ini belum di kelola oleh pihak terkait jadi masih asri banget. Lepas dari itu anda bisa menikmati panorama alam yang indah di lokasi curug puncak manik ini. Namun sebaiknya Anda lebih berhati - hati baik selama Anda berada dikawasan Curug Puncak Manik maupun pada saat Anda berada di posisi air terjunnya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Lirik Kunci Gitar Chord Lagu Dadas Asep Balon X Resol

sumber : youtube@SG Entertainment Dm        G Aku tak apa          Em           A Aku engga apa apa Dm                              G Semoga bahagia kau disana                           C Dengan si goblog eta [INTRO]   C Em Am A Dm A G Em E7 Am Dm G C C Tataian ngadangu sia jadian            F Jeung nu bengetna poek ciga imah keur aliran       G Meskipun teu ngahiji aing tetep ngadoakan           C Semoga pas si eta apet ku warga dibangsatkeun C Salila ieu aing Pedekate jeung sia   F Mangbulan-bulan geus siga nyicil mio ka adira              G dekeutna jeung aing jadian jeung si beungeut rawing         C nyanguna jeung aing ngaliwetna jeung si a-jing C geus dadas jadian acan tapi teu reuwas da aing tampan       F na ari sia teu ngahargaan asa Raisa beungeut pas-pasan G hiji waktu sia bakal ngarasa kaduhung C                                             G miceun sampoerna mild sia kadon mulung puntung [Chorus]               F