page contents Skip to main content

Wisata Murah Meriah di Curug Puncak Manik Sukabumi

Mari guys kita liburan di Curug Puncak Manik, hehehe. Gimana mau bosan ya guys kalau setiap kita wisata suasananya menyenangkan, mengasyikan, penoramanya indah, tempatnya juga aman, hemmm enak yahh, hehehe. Indonesia kaya akan lautan, dan sumber daya alamnya seperti yang terdapat di wilayah sukabumi diantara destinasinya yang saat ini menjadi tranding topik bagi kalangan wisatawan, baik dari wisata lokal hingga mancanegara.
sumber : http://fshjampang.blogspot.com
Semua itu menjadi sumber mata pencaharian masyarakat Indonesia khususnya masyarakat sukabumi. Pengelolaan wilayah membutuhkan pengelolaan yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan. Laut yang mengelilingi wilayah Indonesia dipengaruhi oleh pergerakan arus, angin, dan gelombang yang mempengaruhi terjadinya abrasi. Abrasi yang dapat menyebabkan air laut menjadi keruh dan longsor di pinggir pantai bertebing selanjutnya akan mempengaruhi penduduk yang bermata pencaharian di pantai.
sumber : https://explorewisata.com
Ayo guys kita kelola dan jaga bersama - sama akan keindahan alam yang sudah allah berikan kepada kita. Jika bukan kita siapa lagi?. Mari bersama - sama jaga kekayaan kita. Curug Puncak Manik adalah air terjun terakhir dari tiga rangkaian air terjun yang mengalir pada Sungai Ciletuh, Sukabumi. Curug Puncak Manik adalah air terjun tertinggi dengan trek perjalanan yang sangat sulit jika dibandingkan dengan Curug Awang dan Curug Tengah.
sumber : https://explorewisata.com
Trek yang sulit ini seakan menjaga keasriannya, dan menjadikannya sebagai hidden paradise di kawasan Ciletuh Geopark. Curug Puncak Manik ini bisa dibilang air terjun terindah yang ada di kawasan Ciletuh Geopark. Untuk mencapai tempat ini kamu harus rela menuruni bukit sekitar satu jam perjalanan, dan perjalanan akan semakin sulit saat kamu hendak pulang karena harus menanjak dengan trek yang sama. Selama perjalanan kamu akan melewati hutan tropis yang sejuk dan rimbun oleh pepohonan hutan asli Ciletuh Geopark.
sumber : https://explorewisata.com
Jika beruntung kamu akan menemukan bunga bangkai Rafflesia Fatma yang langka dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Keunikan lainnya dari tempat ini adalah karena Curug Puncak Manik berada di urutan terbawah dari rangkaian air terjun pada Sungai Ciletuh. Maka apabila kamu berada di atas puncak dari Curug Puncak Manik, kamu bisa melihat undakan air terjun mulai dari Curug Awang, yang kemudian dilanjut oleh Curug Tengah. Tapi untuk sampai ke titik puncak dari Curug Puncak Manik ini sangatlah sulit dan berbahaya.

Cerita Mitos Curug Puncak Manik
Curug Puncak Manik ini adalah air terjun tertinggi yang memiliki ketinggian sekitar 100 m. Air terjun ini terdiri dari dua undakan sebelum membentuk danau kecil yang kemudian kembali menjadi aliran Sungai Ciletuh. Curug Puncak Manik ini selain memiliki keindahan yang menakjubkan, ternyata juga menyimpan mitos yang menyelebunginya.Mitos pertama, masyarakat percaya bahwa dahulu air terjun ini sempat dikunjungi oleh Kentring Manik, ia adalah istri dari Prabu Siliwangi.

Air terjun ini sempat digunakan untuk mandi oleh Kentring Manik. Maka dari itu tempat ini dinamai sebagai Curug Puncak Manik. Mitos kedua, dahulu tempat ini digunakan sebagai tempat untuk menimbun harta karun saat zaman kerajaan. Dinamakan sebagai Curug Puncak Manik karena pada siang dan malam hari, di puncak air terjun ini sering terlihat cahaya yang berkilauan, hasil dari timbunan harta karun tersebut.

Beberapa masyarakat yang pernah mengunjungi tempat ini sering menemukan batu-batu cincin yang berwarna-warni. Mereka percaya bahwa batu tersebut adalah sisa dari timbunan harta karun yang dulu pernah disimpan di sini. Mitos ketiga yang menyelimuti Curug Puncak Manik, dahulu tempat ini sempat dijadikan tempat persembunyian bagi prajurit saat terjadinya babad Cirebon (bahasa sunda: perang).

Untuk menuju lokasi Curug Puncak Manik ini di Desa Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Jika Anda merasa kebingungan Anda bisa memakai maps sebagai alat bantu Anda menuju obyek wisata Curug Puncak Manik. Nah selain itu harga tiket masuk menuju Curug Puncak Manik Anda tidak perlu takut Curug Puncak Manik ini free alias tidak berbayar, mungkin anda cuma membayar tiket parkir Rp. 3000.

Kenapa masih free belum dipungut biaya, karena Curug Puncak Manik ini belum di kelola oleh pihak terkait jadi masih asri banget. Lepas dari itu anda bisa menikmati panorama alam yang indah di lokasi curug puncak manik ini. Namun sebaiknya Anda lebih berhati - hati baik selama Anda berada dikawasan Curug Puncak Manik maupun pada saat Anda berada di posisi air terjunnya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…