page contents Skip to main content

Wisata Murah Meriah di Curug Cikaso Sukabumi

Merasa sakit kepala ya guys kalau ga ketemu sama liburan, hehe. Galau rasanya kalau seminggu tanpa liburan dihari libur. Kenapa yah? susah memang kalau selalu disibukan dengan padatnya pekerjaan yang ada selalu merindukan hari libur. wkwk. Tapi setelah hari libur tiba, kita merasa bingung mau pergi kemana?
sumber : https://camerawisata.com
Nah mimin punya rekomendasi nih, sudah sering kan merasakan keindahan curug? pastinya indah sekali ya guys, apalagi udaranya yang segar, seperti yang satu ini yang berada di wilayah Sukabumi dengan obyek wisata Curug Cikaso. Curug Cikaso ini selain kosturnya yang indah dan airnya pun tidak seperti biasanya, curug ini memiliki 3 mata air. Namun dibalik keindahan itu ada sedikit cerita mistis, entah fakta atau cuman mistik saja seperti yang dilansir oleh : https://www.merdeka.com.
sumber : https://www.nativeindonesia.com
Koordinator rekreasi Curug Cikaso, Supriyatno 48 tahun, menceritakan cerita mistis dari curug yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter itu. Curug yang mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug itu terbagi menjadi tiga curug. Masing-masing curug memiliki nama masing-masing. Yang paling kiri bernama Curug Asepan, yang berada di tengah bernama Curug Meong dan yang paling kanan bernama Curug Aki.
sumber : https://sportourism.id
Menurut Supariyatno, masyarakat sekitar percaya masing-masing curug memiliki penunggu. Curug Asepan dipercaya ditunggui oleh Nyai Blorong, Curug Meong dipercaya ditunggui oleh Eyang Santang, dan Curug Aki dipercaya ditunggui oleh Prabu Siliwangi. "Banyak pengunjung yang lihat penampakan. Biasanya jam 5 sore. Tapi warga sini sih gak lihat," katanya. Menurutnya, tak jarang pengunjung yang mengalami kesurupan di curug itu.
sumber : https://www.tempatwisatamu.com
Bahkan, sekitar tiga pekan lalu saat sedang ramai, pengunjung dikagetkan dengan kemunculan ular besar dari curug itu. "Mereka langsung pada kocar kacir kaget. Malah ada yang sampai pingsan," ceritanya. Tak hanya itu, penampakan juga kerap muncul di foto para pengunjung yang berpose di dekat curug. Padahal, kata dia, saat sedang berfoto di belakang para pengunjung tak ada apa-apa. Tapi saat foto sudah dicetak muncul penampakan.

"Kemarin sempat ada yang foto-foto lalu di belakangnya ada kayak tanduk kambing gede," katanya. Dia mengaku selalu memperingatkan kepada pengunjung agar tidak berenang di bawah curug. Sebab, selain dalam, dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Namun demikian, percaya tidak percaya terhadap cerita mistis tersebut tergantung kepada Anda sendiri menyikapinya.

Air Terjun Cikaso atau Curug Cikaso) adalah merupakan salah satu air terjun yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi. Air terjun ini juga dikenal sebagai Curug Luhur, namun nama Curug Cikaso lebih dikenal masyarakat sekitar dikarenakan aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso yaitu Sungai Cicurug. Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi di mana di bagian bawah air terjun ini terdapat kolam dengan warna air hijau kebiru-biruan.

Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke arah timur. Curug Cikaso terletak di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat 43172. Dibawah curug cikaso ini ada sebuah muara yang bernama Tegalbuleud yang sangat jernih dengan warna air biru kehijauan. Muara tegalbuleud ini laumayan luas dimana bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bermain air.

Tetapi diharapkan bagi pengujung berhati – hati karena muara ini sangat dalam, dan tetap jaga kesopanan di manapun menginggat curug cikaso ini ada mitos di belakangnya. Aktifitas yang  bisa Anda lakukan selain memandangi keindahan Curug Cikaso dapat Anda lakukan :
  1. Foto
  2. Bermain air
  3. Menikmati keindahan alam dengan naik perahu
  4. Memancing
  5. Camping
Nah jika Anda ingin berkunjung, tentunya Anda pasti ingin tau berapa biaya masuk menuju Curug Cikaso. Untuk harga tiket satu wisatawan Rp. 3000 dan ada biaya uang kebersihan yaitu Rp. 2000 Bagi wisatawan yang membawa Mobil akan di kenakan biaya Rp. 27.000 sudah termasuk uang parkir. Selain itu jika anda ingin mencoba fasilitas yang disediakan di Curug Cikaso ini harus menyiapkan bugdet tambahan antara lain : Sewa Perahu Rp.60.000 dengan kapasitas maksimal 10 orang. Perahu kendaran  alternatif agar cepat sampai ke Curug Cikaso di daripada berjalan kaki.

Lalu jika pengunjung ingin ke toilet akan di kenakan biaya Rp. 2000 dan untuk Sewa pemandu wisata Rp. 70.000. Untuk menuju Curug Cikaso Anda bisa menggunakan maps sebagai alat bantu Anda menuju Curug Cikaso.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata ya guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…