page contents Skip to main content

Wisata Garut Leuwi Tonjong

Hallo sahabat wisata, bertemu lagi di titik menuju kawasan Garut tercinta. hehe. Kalian sudah sering ke Garut?. Disana banyak sekali destinasi wisata loh. Disana juga terkenal kuliner dan makanan khasnya lohhhh. hehe, yuuuu kita ke Garut. Garut itu dikenal dengan istilah atau julukan diantaranya : Garut Swiss van Java, Mooi Garoet, Garut Pangirutan, Garut ‘Kota Intan, Garut ‘Gurilaps, Garut ‘Kota Dodol, Garut ‘Kota Domba. 
sumber : kesiniaja.com
Diantara 7 bagian itu tentunya memiliki cerita yang berbeda dari masing - masing julukan tersebut. Tentunya sabahat wisata sudah banyak tau dong. hehe. Bukan hanya Garut saja tentunya dari setiap wilayah memiliki julukan tersendiri, yang memiliki sejarah dan cerita dari arti julukan tersebut. Garut dikenal dengan Sunda, garut juga memiliki ciri khas dari bahasa sunda yang berbeda, entah dari cara penyampaian maupun dari cara perbedaan kosa katanya itu sendiri.

Berdasarkan tinjauan etnografis, suku bangsa Sunda adalah suku bangsa yang secara turun-temurun menggunakan bahasa ibu, yaitu bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari. Suku Sunda dikenal dengan keramahannya, kelembutannya, kesopanannya. 
sumber : ngadem.com
Ini dibuktikan dengan norma-norma yang ada pada masyarakat Sunda. Tak terlepas dari masyarakat Garut yang mayoritas suku Sunda. Masyarakat Garut memakai bahasa Sunda ada yang kasar, lemes, dan bahasa untuk sesame umur. Sebagai contoh kata punteun seringsekali diucapkan ketika ingin melewati orang yang ada di sekitar. Hal ini berarti masyarakat Sunda sangat menghormati norma-norma yang ada sejak dulu.
sumber : ngadem.com
Bahasa Sunda yang masih dianggap masih murni dan halus adalah bahasa yang digunakan di Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Bandung, Sumedang, Sukabumi dan Cianjur sedangkan bahasa Sunda yang kurang halus dipakai oleh masyarakat yang mendiami pantai utara, misalnya Banten, Karawang, Bogor dan Cirebon. Garut tentunya memiliki kesenian tradisional yang biasa mereka lakukan sampe sekarang ini. 

Kesenian Lais Garut, Kesenian Adu Domba, Surak Ibra, Kesenian Handro, Kesenian Pencak Ular, Kesenian Debus Garut, Kesenian Gesrek, itu semua biasa mereka lakukan baik dari anak - anak, hingga orang tua. Seru loh guys.

Kesenian Lais Garut
Kesenian ini diambil dari nama seorang yang sangat terampil memanjat pohon kelapa bernama Laisan. Yang sehari-hari dipanggil Pak Lais. Lais ini sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya di kampung Nangka Pait, kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut. Lais adalah kesenian akrobatik tradisonal dimana pemain utama bergelantungan, menari berputar-putar tanpa pengaman pada seutas tambang yang diikatkan pada dua batang bambu di kiri kananya sambil diiringi oleh musik pencak silat tradisional sunda serta dibumbui dengan cerita jenaka yang dibawakan oleh pemain-pemain lain. (sumber : http://www.indotravelers.com)

Kesenian Adu Domba
Adu domba merupakan salah satu kesenian khas rakyat jawa barat yang cukup digemari, terutama di kalangan tradisional. Kesenian ini merupakan peninggalan leluhur yang masih bertahan eksistensinya hingga saat ini. (sumber : http://www.indotravelers.com)

Surak Ibra
Boboyongan dengan nama lain surak ibra. Berdiri semenjak tahun 1910 di kampung Sindang Sari, Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja. Kesenian ini diciptakan oleh raden Djadjadiwangsa putra Raden Wangsa Muhammad atau Pangeran Papak dalam rangka perjuangan melawan penjajahan dalam bentuk pagelaran kesenian dengan maksud menyindir kesewenang-wenangan terhadap pribumi. 

Kesenian ini ditampilkan oleh puluhan orang yang terdiri dari pemain angklung, dog-dog dan instrmen lainya serta beberapa penari. Pada puncak tarian salah seorang diantara mereka akan dilempar-lempar ke atas oleh pemain lainya sambil dikelilingi oleh pembawa obor dan pemain musik yang menyertainya. Sangat menghibur dan atraktif. (sumber : http://www.indotravelers.com)

Kesenian Handro
Hadro adalah kesenian dari daerah Bojong, Kecamatan Bungbulang, berdiri pada tahun 1971. Kesenian ini dibawa oleh KH. Ahmad Sayuti dari kampung Singuru Kec. Samarang. Kesenian Handro merupakan gabungan dari lagu-lagu keagamaan yang diikuti dengan gerakan / jurus silat halus diiringi oleh instrumen rebana dan dong-dong. (sumber : http://www.indotravelers.com)

Kesenian Pencak Ular
Merupakan kesenian tradisional dari Kec. Samarang. Pencak ular ini tidak jauh dengan kesenian pencak silat pada umumya. Hanya saja selain mendemonstrasikan jurus-jurus silat, sang pesilat juga membawa ular berbisa dalam atraksinya. Kelebihan lainya ialah pesilat bisa menjinakan ular-ular tersebut bahkan kebal terhadap gigitanya. (sumber : http://www.indotravelers.com)

Kesenian Debus Garut
Debus di Garut kebanyakan berkembang di daerah pesisir selatan terutama di Pamengpeuk. Dulunya kesenian ini diciptakan oleh para penyebar agama Islam tujuanya untuk menarik masa dalam kepentingan menyebarkan agama, sebagai salah satu pembuktian bahwa tidak ada kekuatan lain yang lebih besar dari kekuatan Allah. Kesenian ini biasanya ditampilkan pada acara-acara besar tertentu saja, dan diiringi dengan instrumen musik pencak silat. (sumber : http://www.indotravelers.com)

Kesenian Gesrek
Berasal dari kampung Kamongan, disebut juga seni bubuang diri atau mempertaruhkan nyawa. Atraksi ini seperti debus yang dipertontonkan oleh pemain gesrek yaitu mempermainkan golok-golok yang tajam sambil mendemonstrasikan jurus-jurus silat, dipukul dengan bambu, berguling-guling atau berjalan di atas bara api. Pemain gesrek terdiri atas 10 orang pemain golok dan didukung oleh 4-7 orang yang bertugas menyediakan peralatan dan penjaga apabila ada orang yang mengganggu. (sumber : http://www.indotravelers.com).

Jika Anda ingin berkunjung mengunjungi wisata Garut Leuwi Tonjong berada di Jl. Jayamukti, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44173. Anda juga bisa menggunakan maps sebagai alat bantu Anda menuju Leuwi Tonjong.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, dan semoga liburan Anda menyenangkan. Selamat berwisata, semoga selamat sampai tujuan, dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…