page contents Skip to main content

23 Wisata Di Puncak Cisarua Bogor Yang Lagi Populer 2019

Pariwisata adalah perjalanan untuk mencari kesenangan, sekaligus merupakan teori dan praktik berwisata, bisnis menarik, mengakomodasi, dan menghibur wisatawan, dan bisnis jasa tur. Pariwisata bisa antar negara atau domestik.Orang dianggap berpariwisata jika bepergian sejauh paling tidak 80 km dari rumahnya, jika di bawah itu disebut “pelancong. Etimologi kata “pariwisata” berasal dari bahasa Sansekerta yaitu pari dan wisata. Kata pari berarti “bersama” atau “berkeliling”, sedangkan kata wisata berarti “perjalanan”. 
sumber : wisatabaru.com
Jadi, secara harfiah “pariwisata” berarti “perjalanan berkeliling bersama-sama”. Menikmati keindahan panorama dan menikmati kenikmatan kuliner dari setiap perjalanan atau pariwisata. Sama halnya dengan daerah ini yang berada di Bogor Jawa Barat yang memiliki destinasi serta kuliner yang khas dengan berbuah keindahan dari destinasinya yang menggoda yaitu Puncak Cisarua Bogor. Puncak adalah sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. 

Puncak terletak 70 km sebelah selatan Jakarta. Wilayah Puncak terletak di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Daerah ini terkenal sebagai daerah wisata pegunungan baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Wilayah Puncak dikenal sebagai tempat peristirahatan penduduk Jakarta karena kesejukan dan keindahan alamnya, serta merupakan daerah perkebunan teh yang dibangun pemerintah kolonial Belanda yang saat ini merupakan perkebunan teh milik PT. Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas. Wilayah Puncak berada di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango dan berada pada ketinggian rata-rata 700-1.800 m di atas permukaan laut dengan suhu udaranya yang rata-rata mencapai 14-18 derajat Celcius. 

Selain itu, daerah Puncak juga dikelilingi oleh gunung lain, yaitu Gunung Salak (2.221 m). Di Kawasan Puncak Cisarua Bogor terdapat destinasi wisata yang membuat parawisatawan tergoda dengan keindahannya dan kesejukannya membuat rasanya ingin selalu ada di sampingnya, heheh. Puncak memang indah pemandangannya dan udara yang segar, apalagi kalau pada saat matahari terik, itu terasa sekali pemandangannya dan aroma udaranya. 

Berbeda jika pada saat keadaan hujan jalur Puncak tentunya mati pemandangan dan rasanya dingin sekali karena memang kawasannya sudah dingin, jadi kalau ditambah hujan tambah dingin. hahaha. Jalan raya Puncak merupakan bagian dari jalan raya Pos (postweg) yang dibangun pada masa Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Herman Willem Daendels (1808 – 1811). Jalan raya Pos yang membentang di sepanjang utara pulau Jawa ini menghubungkan Anyer (Banten, dulu Jawa Barat) dan Panarukan (Jawa Timur). 

Pembangunan jalan raya Pos bertujuan untuk memudahkan transportasi (termasuk kegiatan Pos : pengiriman pesan/surat) serta dalam rangka mempertahankan Jawa dari serangan Inggris. Pembangunan jalan sepanjang 600 paal (1 paal = 400 roed) dan lebar 2 roed (1 roed = 3,767 m) dimulai bulan Mei 1808 dan selesai pada Desember 1809. Pembangunan jalan raya dari Anyer, Jakarta hingga Bogor tidak menemukan kendala berarti. Tetapi, pembangunan jalan dari Bogor, Cianjur, Bandung, Sumedang hingga Cirebon banyak terkendala oleh pegunungan.

Pada tahap ini, Pemerintah Hindia Belanda harus mengutus Kolonel Von Lutzouw dari militer untuk memimpin proyek pembangunan yang besar. Pemerintah juga menyediakan upah hingga 30.000 ringgit diluar garam dan beras sebagai bahan makanan untuk pekerja. Besarnya upah yang diberikan tergantung dari beratnya medan yang dilalui. Upah terbesar diberikan pada pembangunan jalan raya Puncak (Cisarua hingga Cianjur), yaitu sebesar 10 ringgit per orang per bulan (di jalan lain, upahnya hanya berkisar antara 1 hingga 6 ringgit per orang per bulan). 

Saking beratnya medan, jumlah pekerja di jalan raya Puncak juga paling banyak, sekitar 400 pekerja didatangkan dari Jawa. Beratnya medan di jalan raya Puncak ini karena keberadaan Gunung Megamendoeng (1880 mdpl, diduga lokasinya di sekitar Puncak Pass) yang harus dilalui jalan raya.

Berikut beberapa tempat wisata yang berada di kawasan Puncak Cisarua Bogor.
  1. Curug Panjang
  2. Wisata Taman Matahari
  3. Taman Riung Gunung
  4. Curug Cilember
  5. Telaga Warna
  6. Desa Wisata Pancawati
  7. Curug Kembar
  8. Taman Safari
  9. Curug Cibeureum
  10. Istana Presiden Cipanas
  11. Melrimba Garden
  12. Kebun Wisata Inkarla
  13. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
  14. Agrowisata Gunung Mas
  15. Wisata Citamiang
  16. Kota Bunga
  17. Seruni Tematik Hotel
  18. Konservasi Alam Bodogol
  19. Taman Rekreasi Bodogol
  20. Taman Rekreasi Lido
  21. Wisata Agro Kapol Bogor
  22. Desa Kampung Bambu Puncak Bogor
  23. Warso Farm Puncak Bogor
Dari setiap tempat wisata tersebut tentunya memiliki karakteristik yang berbeda dari setiap obyek wisata, dengan panorama keindahan yang berbeda - beda. Gimana tergoda kan?, wkwkwk jadi mau jalan - jalan? hehe. Berikut ada beberapa tips ketika Anda hendak mau menuju Puncak Cisarua Bogor
  1. Jika Anda mau jalan - jalan menuju Puncak Cisarua Bogor sebaiknya Anda pergi dari pagi hari karena setalah melewati jam 08:00 jalur Puncak sudah dipadat, dan susah untuk menuju Puncak Cisarua Bogor
  2. Ketika Anda baru mau jalan pada saat jam 10 : 00, tentunya Anda pasti sudah tekena satu arah (one way), sebaiknya Anda berangkat memang sangat pagi sekali
  3. Jika Anda sudah masuk jalur ciawi atau gadog sebaiknya Anda memakai jalur alternatif agar kendaraan Anda tidak kena macet
  4. Selama Anda berada dikawasan Puncak Cisarua Bogor, sebaiknya Anda lebih sangat berhati - hati, karena jalur Puncak sangat rawan baik dari kecelekaan kendaraan, hingga longsor ketika pada saat dikawasan jalur kebuh teh. Apalagi pada saat hujan tiba, alangkah baiknya Anda untuk fokus pada perjalanan Anda dan lebih berhati - hati.
Selamat berwisata ya guys, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…