page contents Skip to main content

Curug Sodong Wisata Murah Meriah di Sukabumi

Masih bernuansa Curug guys, yang indah dan menarik pemandangannya. Sudah pernah kalian kesini?. Dari jauh saja sudah terlihat indah yah, apalagi berdekatan kayanya merinding deh lihatnya, hehehe seperti kita berdekatan sama perempuan cantik, suka merinding kan, merinding pengen selalu ada disamping maksudnya, wkwkwk. Mari guys kita liburan di Curug Sodong, Gimana mau bosan ya guys kalau setiap kita wisata suasananya menyenangkan, mengasyikan, penoramanya indah, tempatnya juga aman, hemmm enak yahh, hehehe.
sumber : https://www.jejakpiknik.com
Indonesia kaya akan lautan, dan sumber daya alamnya seperti yang terdapat di wilayah sukabumi diantara destinasinya yang saat ini lagi ramai di perbicangkan oleh masyarakat milenial baik secara media sosial maupun secara aksara langsung berdiskusi satu dengan yang lainnya. Bagi kalangan wisatawan, baik dari wisata lokal hingga mancanegara mereka selalu memiliki rencana yang mengasyikan pada saat libur akhir pekan.

Nahh dengan itu menjadi sumber mata pencaharian masyarakat Indonesia khususnya masyarakat sukabumi. Mau nanya nih, suka ga sih guys dengan wisata curug? tentunya suka yah, hehe. Apalagi dengan aroma udaranya yang segar dan indahnya mancuran air terjun yang keluar dari mata air terjun. beuhh nendang deh pokoknya, hahaha. Kali ini ada salah satu obyek wisata yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi ini. Sebenarnya keberadaan Curug Sodong sudah tidak asing lagi bagi para pecinta wisata alam di Jawa Barat.

Misteri Mitos
Objek wisata alam di Sukabumi tidak akan pernah ada habisnya. Banyak sekali objek wisata menarik di Sukabumi yang dapat Anda kunjungi. Ketika membicarakan Sukabumi, pasti langsung teringat Pantai Pelabuhan Ratu lengkap dengan Nyi Roro Kidulnya yang mistis itu. Bagi penggemar dunia mistis, pasti sudah tak asing mendengar Curug Sodong. Air terjun ini menyimpan misteri tersendiri bagi masyarakat yang berwisata kesini.

Kalian sudah tau belum, kalau ternyata daerah ciemas ini adalah salah satu wilayah Geopark yang berada di jawa barat. Nah letak geopark ini berada di  Ciletuh, disini terdapat contoh  jenis batu yang berumur ribuan bahkan jutaan tahun. Nah dengan adanya geopark dengan bebatuan langka inilah yang menarik. Masih ingat pada saat lagi ramai - ramainya sosok batu akik beberapa bulan lalu? nah di sini guys batuan akik yang unik dan langka banyak ditemukan ini, yaitu Curug Cigangsa atau masyarakat disana memanggilnya dengan sebutan Curug Luhur.

Disebut Curug Luhur mungkin karena tempatnya yang berada diatas. "Luhur" adalah bahasa sunda yang artinya "Atas". Curug ini masih terletak di kecamatan Surade di Kabupaten Sukabumi. Saya sedikit lupa cara menuju ke Curug Cigangsa ini, tapi yang saya ingat letaknya tidak jauh dari pintu masuk ke pantai Ujunggenteng. Bila dari arah Jampang kulon gang menuju pintu masuknya ada di sebelah kanan jalan, bila dari arah Ujunggenteng  gang menuju pintu masuknya ada di sebelah kiri.

Secara administratif Curug Cikanteh berada di Komplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat 43177. Untuk lokasinya sendiri memang berada di pedesaan dengan jalan khas pedesaan dan tentunya pemandangan kanan kiri yang di dominasi sawah dan hutan yang masih hijau alami dengan aroma udara yang segar. Rute menuju ke Curug Cikanteh sendiri cukup mudah. Dari Kota Bandung atau Ibu Kota Jakarta  langsung menuju ke Kabupaten Sukabumi.

Setelah sampai di di pusat kota sukabumi langsung menuju ke kecamatan ciemas via cimanggu dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Lalu dari pusat kecamatan ciemas Anda masih harus melanjutkan menuju ke dusun cikanteh dengan total perjalanan sekitar 1 jam, wahhh menyenangkan kan? heheh. Selain dari aroma keindahannya ada beberapa himbauan yang harus Anda antisipasi. Yang pertama hati-hati saat musim hujan tiba kemungkinan Anda tidak disarankan oleh warga sekitar untuk pergi ke Curug ini karena aliran sungai akan sangat deras dan sangat membahayakan.

Selain itu air akan sangat keruh dan tidak indah untuk dilihat. Yang kedua jika Anda ke Curug ini saat musim kemarau hati-hati Anda akan kecewa karena sungai akan kering dan Curug/Air terjun yang indah itu tidak akan Anda lihat, seperti yang saya alami saat berkunjung kesana. Alangkah baiknya jika Anda akan berkunjung kesana disarankan di penghujung musim hujan dan saat memasuki musim kemarau. Karena intensitas air disana tidak terlalu besar dan air yang mengalir akan sangat jernih.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Daya tarik air terjun ini adalah pemandangan alamnya yang indah disertai tumbuhnya pepohonan yang hijau dan rindang. Air curug ini bersih dan jernih sehingga bisa digunakan untuk mandi. Biarpun bisa digunakan untuk mandi, pengunjung tetap harus hati-hati karena curug ini pernah memakan korban jiwa. Sepasang remaja pernah tenggelam saat berenang di kolam ini.

Kontur tanah didasar kolam yang tidak landai ditambah derasnya curug membuat orang sulit berenang kembali ke permukaan. Asal usul nama “sodong” adalah karena di balik air terjun ini terdapat cekungan yang menyerupai sebuah gua. Dalam istilah bahasa Sunda, cekungan yang menyerupai gua tersebut dinamakan “sodong”. Nama lain dari curug ini adalah Curug Kembar dan Curug Penganten.

Nama ini diberikan pada air terjun ini karena aliran airnya serupa atau kembar dan mirip layaknya sepasang pengantin berpasangan. Keunikan lain dari air terjun ini adalah hembusan airnya yang cukup kuat sehingga jika Anda berdiri tepat di depan curug, baju akan basah kuyup. Untuk bisa menikmati semua keindahan alam dan keunikan dari Curug Sodong ini, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar 3.000 rupiah/orang.

Biaya lainnya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan motor sebesar 3.000 rupiah/motor, dan untuk kendaraan mobil sebesar 5.000 rupiah/mobil. Untuk menuju lokasi Curug Sodong ini di kawasan Ciletuh Geopark yang berlokasi di Komplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat 43177. Jika Anda merasa kebingungan Anda bisa memakai maps sebagai alat bantu Anda menuju obyek wisata Curug Sodong.

Nah selain itu harga tiket masuk menuju Curug Sodong Anda tidak perlu takut Curug Cikanteh ini Anda cuma membayar tiket sebesar Rp. 3.000, parkir Rp. 3.000 untuk roda dua dan sebesar Rp. 5.000, untuk roda empat, murah kan guys, ayo berangkat, hahaha. Curug Cikanteh ini aromanya masih asri dan kostur mata airnya yang mempesona. Namun sebaiknya Anda lebih berhati - hati baik selama Anda berada dikawasan Curug Cikanteh maupun pada saat Anda berada di posisi air terjunnya.

Selalu berhati-hatilah jika mandi di curug ini. Kondisi airnya cukup tinggi dan debitnya besar, Bawalah bekal makanan dan minuman karena rute jalan yang lumayan jauh, dan Jagalah kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Selamat berwisata guys, semoga liburannya menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…