page contents Skip to main content

8 Kuliner Bogor Khas Sunda

Halo sahabat doyan makan, hehe. Tidak bisa dipungkiri memang yah, jika kita memiliki kebiasan untuk berkelana dalam hal kulineran. Ketika melihat sedikit atau mengirup masakan terhempas melewati hidung dengan aroma yang menggoda suasana itu langsung kena untuk segera mencicipinya. Bicara soal wisata kuliner memang mengasyikkan. Kadang bikin ngiler malah. Siapa yang bisa menolak kalau soal kuliner?.

Kuliner itu mengasyikkan, menyenangkan dan pastinya mengenyangkan Keasyikan pada kuliner ini saat ini sudah mewabah dan menjadi tren kekinian. Info tempat makan asyik di suatu tempat mudah sekali ditemukan. Menyebar tidak hanya di media massa pastinya di sosial media. Saking jadi trendnya, sudah ada anekdot juga kalau orang Asia, katakanlah Indonesia, sebelum makan, mungkin dia lupa doa sebelum makan, tapi tidak lupa menjepret makannya lalu diunggah di sosial media, wkwk.

Orang makan di sebuah tempat dia unggah suasana makannya dengan memberi taggar tempat makan. hehe. Majalah dan channel jalan-jalan dan kuliner banyak bertebaran, bahkan ada stasiun tv yang khusus soal Food and Travel. Hal-hal di atas adalah bukti betapa ngetrendnya wisata kuliner. Tiap kali melihat acara wisata kuliner, apapun judul dari Jalan-jalan kuliner, jelajah rasa, jelajah cinta mungkin ya, hehehe. '

Intinya begitulah sekarang sudah bener - bener marak yah, hahah. Restoran yang saat ini lagi ramai dikalangan masyrakat, baik dari lokal hingga mancanegara. Khsusnya untuk warga Kota Bogor, masyarakatnya terdapat 8 restoran yang memiliki ciri khas dari masakannya. Silahkan boleh dicoba guys, hehe.

1. Restoran Gurih 7
Jika berkunjung ke Restoran Gurih 7 akan memberikan pengalaman lebih untuk Anda, bayangkan saja menyantap masakan saung lesehan dan kuliner khas sunda serta mendengarkan suara air terjun yang terletak di depan mata. Restoran ini merupakan satu-satunya restoran di pusat Kota Bogor yang mempunyai air terjun. Sungguh luar biasa kan guys?. Dengan jumlah saung lebih dari 60, Gurih 7 juga cocok untuk dijadikan tempat gathering bersama keluarga, rekan kerja, atau bahkan tempat wisata karena tempat ini berdekatan dengan toko kue dan oleh-oleh khas Kota Bogor, yaitu Rumah Talas. Jangan sampe terlewatkan guys jika Anda sedang berkunjung di Kota Bogor.

Untuk pilihan makanannya tidak usah diragukan lagi. Terdapat berbagai macam masakan Sunda, Seafood, dan daging juga sayur-sayuran. Tak kalah menarik, untuk Anda yang bingung dan pergi dengan banyak orang, cukup dengan Rp. 60.000 Anda dapat menikmati Menu Prasmanan untuk minimal 20 orang. Selain itu juga terdapat menu paket nasi timbel dan nasi liwet untuk 3 orang. Dan jangan salah, untuk memesan makanan disini sudah menggunakan applikasi yang disediakan di tempat, jadi sangat praktis dan cepat. Tempatnya bagus buat foto foto dan sudah terlihat nuansa alam banget, lumayan banget bisa buat cuci mata memandangi yang hijau hijau lumayan untuk menyegarkan mata, hehe. 

Harga: Mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp. 80.000. Untuk menu paket sampai harga Rp. 225.000
sumber : https://www.tripadvisor.co.id
sumber L https://www.restogurih7.com
sumber L https://www.restogurih7.com
Alamat: Jl. Jl. Raya Pajajaran No.102, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16153.

2. Kampoeng Koneng 
Jika suka dengan masakan Sunda katanya sejauh gimanapun pasti dikejar yang penting enak dan nikmat, hehe. Nahhh Kampoeng Koneng terletak tak jauh dari Jakarta. Untuk pergi ke sini, Anda hanya membutuhkan waktu 10 menit dari pintu tol Sentul Selatan dan terletak tepat di Jalan Tapos, Desa Bojong Koneng, Sentul Selatan, Bogor. Kapasitas untuk makan di sini cukup besar, sampai bisa menampung hingga 150 orang. Sesuai dengan namanya, untuk pilihan menu di Kampoeng Koneng adalah menu-menu khas kampung. Sate Tulang adalah salah satu menu andalan khas Kampoeng Koneng yang harus Anda nikmati lengkap dengan pilihan sambal merah dan sambal hijaunya. Selain Sate Tulang, Anda bisa menikmati beragam minuman tradisional berkhasiat dari bumbu rempah-rempah khas Kampoeng Koneng, seperti jahe, teh susu jahe, kunir asem, secang, dan kopi jahe.
sumber : www.jitunews.com
Untuk Pelayanannya ramah sekali, ada 2 pilihan yaitu makan di saung-saung dengan kapasitas 7 sampai 9 orang bernuansa lesehan gitu, atau di pendopo yang agak besar dengan meja dan kursi ala jawa gitu, suasananya tenang banget, view nya langsung ke arah sentul city, karena emang letaknya ada di atas bukit, udara nya juga sejuk, asik nya sih makan yang anget-anget ya. Suasana di Kampoeng Koneng siang saja sudah menyenangkan dan membuat betah apalagi kalau malem. Disini jika malem hari Anda pasti akan takjub dengan suasana pada malam hari di Kampoeng Koneng, karena suasana temanya malam hari dilengkapi dengan lampu dan obor menjadikan tempat ini sebagai pilihan tepat untuk bersantai dengan keluarga atau pasangan.

Jam Operasional Kampoeng Koneng : Senin-Jumat jam 9.00 WIB sampai 21.00 WIB dan untuk hari Sabtu sampai Minggu mulai dari jam 9.00 WIB sampai dengan jam 22.00 WIB.

Alamat: Jl. Tapos RT. 03 / RW. 04, Bojong Koneng, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810.

3. Resto Kebun Teduh
Suasana yang disediakan oleh Resto Kebuh Teduh ini, Anda tidak usah meragukan untuk mendapatkan suasana keindahan pemandangan di Resto Kebun Teduh ini, karena Anda dapat melihat pegunungan yang menjulang dan menghirup udara segarnya. Ditambah, sembari menikmati indahnya pemandangan sekitar, Anda akan dibuat berdecak kagum dengan pilihan makanan dan minuman yang bervariasi. Semuanya terlihat enak dan sangat cocok untuk menghabiskan waktu seharian bersama keluarga maupun teman-teman Anda. Dengan berkunjung ke restoran ini, dijamin akan terasa seperti telah liburan. Salah satu menu andalan di sini adalah sop buntut nya yang begitu gurih dan empuk. Cocok sekali dinikmati saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Dan seperti dengan sologan nama restorannya, makan di sini bukan hanya suasananya saja yang teduh, namun  juga hati dan pikiran Anda.

Jam Operasional Resto Kebuh Teduh : Senin sampai Jumat buka mulai dai jam 10.00 WIB sampai dengan jam 17.30 WIB sedangkan hari Sabtu sampai Minggu mulai dari jam 10.00 WIB sampai dengan jam 20.30 WIB.

Alamat: Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor (Jln. Bukit Angsana Hijau Sentul City)

4. Saung Kuring
Kalau bahas makan gakan selesai - selesai ya guys yang ada malah mau makan terus, wkwkwk. Saung Kuring ini berlokasi agak tersembunyi, yaitu di bawah jembatan layang keluaran tol lingkar luar Bogor atau disebut Bogor Outer Ring Road. Resto yang sangat luas ini mempunyai saung di atas kolam ikan. Bagi Anda penggemar seafood, tentunya memutuskan makan disini menjadi pilihan yang sangat tepat. Mengingat pilihan menu seafood dan olahannya amat lezat dan beragam. Tak perlu repot juga jika Anda bepergian dengan anak-anak, karena terdapat area bermain atau playground yang cukup luas untuk anak - anak. Selain itu, mereka pasti akan senang diajak melihat-lihat akuarium atau bahkan kolam. Restonya luas banget, dan hampir seluruh area berupa saung di atas kolam ikan.
sumber : https://kresek.pojoksatu.id
sumber : http://bogor.tribunnews.com
Alamat: Jl. KH. Sholeh Iskandar No. 9, Tanah Sareal, Bogor

5. Rumah Air Bogor
Bila Anda sedang mengidam makanan khas Sunda, maka Rumah Air Bogor menjadi tempat yang sangat pas untuk mengobati keinginan Anda. Anda bisa bayangkan bagaimana rasanya menyantap makan di atas saung pinggiran danau, di arena permainan keluarga, dan melepas kebosanan Anda dengan memancing bersama keluarga. Rumah Air Bogor mempunyai berbagai fasilitas yang lengkap seperti ballroom, saung berkapasitas sampai 35 orang, saung lesehan, outbound area, dan bahkan permainan keluarga untuk anak-anak Anda. Untuk menu yang ditawarkan Anda tidak perlu ragu lagi karena banyak terdapat menu untuk hidangan Indonesia, Sunda, dan bahkan Western sampai minuman khas priangan yang tersaji dari tangan Chef yang professional. Ada Udang Bakar Madu, Sop Ikan Nila Batok, Sop Buntut, dan Gurame Goreng Terbang. hemmmm laparr kan? hehe.
sumber : http://bundavinda.blogspot.com
Jam Operasional Rumah Air Bogor : Mulai dari hari Senin sampai Minggu untuk jam bukanya mulai dari jam 10.00 WIB sampai dengan jam  21.00 WIB.

Alamat: Jl. Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence, Mulyaharja, Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16135

6. Bukit Air Resto
Bukit Air Resto terletak di ujung Kota Bogor, Bukit Air Resto adalah tempat makan yang menyajikan masakan Khas Sunda bernuansa pedesaan dengan pemandangan perbukitan di Kawasan Ciomas, dan latar belakang Gunung Salak, serta hamparan sawah hijau yang menyejukkan mata. Bukit Air Resto menyediakan pilihan banyak saung. Anda bebas memilih apakah menginginkan saung yang ada di tengah sawah, tengah taman, atau bahkan di atas kolam ikan. Pilihan menunya pun sangat bermacam seperti tutut kari monyong, gurame hiber, patin kejepit awi, karedok, haseum, tahu butut, dan masih banyak lagi. Bahkan Resto juga menyiapkan banyak minuman dengan nama-nama yang unik. Seperti es obladi oblada, es balakciprut dan es beleketeplek. Nah, tunggu apa lagi? kuy makan, hahaha
sumber : https://hayukabogor.id
Jam Operasional mulai dari hari Senin sampai Minggu dengan jam bukanya mulai dari jam 10.00 WIB  sampai dengan jam 20.00 WIB

Alamat :  Jl. Babakan Encle, Sukaharja, Ciomas, Bogor, Jawa Barat 16610

7. Desa Sawah Restoran dan Villa
Bagi Anda yang sedang mencari suasana tenang pedesaan untuk menginap dan berburu kuliner khas Sunda yang enak, tidak salah jika Anda memutuskan menginap sekaligus menikmati sajian kuliner di Desa Sawah Restoran dan Villa. Dinginnya Kota Bogor dan tenangnya suasana pedesaan di tengah hamparan sawah akan membuat liburan Anda beserta keluarga menjadi tak terlupakan. Desa Sawah adalah restoran dengan konsep resor yang berada tepat di tengah persawahan. Banyak paket dan harga yang ditawarkan mulai dari harga Rp145.000 dan sudah termasuk kegiatan semi outbound selama 3-4 jam, makan siang, dan coffee break. Nah, cocok juga bukan untuk Anda yang sedang bingung memikirkan liburan singkat seperti di akhir pekan bersama keluarga.

Jam Operasional Desa Sawah Restoran dan Villa mulai dari hasi Senin sampai dengan Minggu mulai dari jam 10.00 WIB sampai dengan jam  21.00 WIB

Alamat:  Jl. Mayjend H.R Edi Kusuma, RT 2 RW 3, Cibalung, Cijeruk, Cibalung, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat 16740

8. Resto Bumi Aki
Restoran Bumi Aki tidak hanya menyediakan masakan sunda tetapi juga menyediakan makanan khas daerah lain, termasuk masakan Chinese. Restoran ini sebetulnya tidak hanya terletak di Kota Bogor tetapi juga terdapat di lain tempat seperti di Puncak dan Cisarua. Penyajian makanan di sini pun dengan kualitas bintang lima, yang membuat Anda akan berdecak kagum. Bahkan restoran ini pun sering dikunjungi tokoh-tokoh terkenal seperti mantan Presiden Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.
sumber : http://www.lovelybogor.com
Sesuai dengan namanya, Bumi Aki rasanya seperti kembali pulang ke rumah Aki (kakek) yang identik dengan suasana pedesaan, tenang dan damai. Saat saya memasuki restoran sunda Bumi Aki, nuansa tersebut dapet banget, apalagi untuk suasana Bumi Aki yang terletak di puncak. Jika Anda sedang berada dikawasan Puncak, pemandangan Taman Nasional Gede Pangrango menambah suasana semakin hangat untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman sambil kulineran

Jam Operasional Bumi Aki mulai dari hasi Senin sampai dengan Minggu mulai dari jam 10.00 WIB sampai dengan jam  21.00 WIB

Alamat: Jl. Raya Pajajaran No.51, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16153

Selamat menyantap ya guys, selamat menikmati kulinerannya.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…