page contents Langsung ke konten utama

Wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung Jawa Barat

Dayatarik wisata alam adalah sumberdaya alam yang berpotensi serta memiliki daya tarik bagi pengunjung baik dalam keadaan alami maupun setelah ada usaha budidaya. Destinasi wisata yang khas dan unik. Trend baru pariwisata ini semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat modern saat ini, apalagi dengan berkembangnya media sosial yang memungkinkan penyebaran informasi bisa bergerak dengan cepat. Budaya selfie tidak hanya mewabah di kelompok masyarakat awam bahkan pemimpin dunia dan negeri ini, gemar berselfie. Kata Selfie ini menjadi trending topic dunia, seiring dengan perkembangan media sosial. Media sosial membuat seseorang maupun tempat dari tidak dikenal, menjadi terkenal.
sumber : www.easytourbandung.blogspot.com
Berbicara soal pariwisata, tentunya luas sekali ada beberapa jenis pariwisata. Secara garis besar dibagi empat: wisata alam, wisata belanja, wisata keagamaan, dan wisata budaya. Indonesia sebagai negara yang kaya raya mencakup keempat jenis wisata tersebut. Sebagai negara yang dianugerahi kekayaan alam yang berlimpah ruah dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya, Indonesia turut andil dalam menyemarakkan wisata dunia. Daya tarik lokalitas ini menjadi penting, di tengah kebosanan terhadap budaya massa yang dibawa oleh kapitalisme global. Menurut Anthoy Gidden (2001) globalisasi menjadi alasan bagi kebangkitan kembali identitas budaya lokal di berbagai belahan dunia.

Semakin homogen gaya hidup masyarakat akibat globalisasi, semakin kokoh ketergantungan masyarakat kepada nilai-nilai yang lebih dalam seperti agama, seni dan sastra. Demikian juga dari perspektif lokal, ketika dunia semakin tumbuh homogen maka kita semakin menghargai tradisi yang bersemi dari dalam. Nilai lokal disamping mampu menginspirasi tumbuhnya kearifan lokal (local indigeneus), di satu sisi tumbuh menjadi nilai-nilai kehidupan yang memberi makna pada kehidupan dan interaksi sesama mereka. Nilai strategis budaya lokal telah menginpirasi berbagai daerah untuk mengembangkan potensi lokalitas dalam pengembangan pariwisata. Seperti dengan obyek wisata yang satu ini yang memiliki loyalitas dan budaya bagian dari sejarah yang terdapat di Bandung Jawa Barat dengan obyek wisata Taman Huta Raya Ir. H. Djuanda.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman yang terletak di Kota Bandung, Indonesia. Luasnya mencapai 590 hektar membentang dari kawasan Dago Pakar sampai Maribaya. Letak Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda berada di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, pada ketinggian antara 770 mdpl sampai 1330 mdpl. Di atas tanahnya yang subur terdapat sekitar 2500 jenis tanaman yang terdiri dari 40 familia dan 112 species. Pada tahun 1965 luas taman hutan raya baru sekitar 10 ha saja, namun saat ini sudah mencapai 590 ha membentang dari kawasan Pakar sampai Maribaya. Saat ini pengelolaannya dilakukan oleh Dinas Kehutanan Pemda Provinsi Jawa Barat (sebelumnya berada di bawah naungan Perum Perhutani). (sumber : id.wikipedia.org)

Informasi tarif masuk Taman Hutan Raya seperti dilansir dari  sumber : www. tempatwisatadibandung.info diantaranya:

Wisatawan lokal Rp.12.000/orang dan Wisatawan Mancanegara Rp.76.000/orang

Harga Tarif Retrubusi Tahura Djuanda

1.Kegiatan/Latihan

Bagi anda yang akan melakukan aktifitas wisata, anda perlu mengetahui bahwa di bawah ini adalah tarif retribusi berbagai kegiatan yang ada di sini :

A.Kegiatan dengan durasi 1 – 2 hari dikenakan tarif Rp.50.000/hari
B.Kegotan dengan durasi 3 – 7 hari, dikenakan tarif retribusi Rp.100.000/hari
C.Kegiatan lebih dari 7 hari, dikenakan tarif Rp.150.000/hari.

2.Tarif kegiatan mengambil Gambar/Video

A.Film Komersial Rp.5.000.000/hari
B.Video Komersial Rp.2.000.000/hari
C.Foto Komersial Rp.50.000/hari

3.Tarif Outbound,Flying Fox, paint Ball, Camping & Olah raga

A.Wisatawan Lokal Rp.20.000/hari
B.Wisatawan Mancanegara Rp.50.000/hari

4.Tarif Parkir Kendaraan

A.Sepeda Rp.2.500
B.Roda 2 Rp.5.000
C.Roda 4 Rp.10.000
D.Roda 6 (Bus) Rp.20.000

5.Tarif Fasilitas

A.Sewa Panggung Terbuka Rp.300.000/hari
B.Sewa Peralatan Olahraga Rp.50.000/unit
C.Plaza Rp.300.000/hari
D.Sewa Alat Camping Rp.20.000/unit
E.Pondokan Guest House Rp.250.000/hari

Lokasi : Kompleks Tahura Ir. H. Djuanda No.99, Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198. Anda juga bisa menggunakan peta/maps untuk menuju Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang . Citamiang Puncak Cisarua Courtesy, www.wisatapuncak.net Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Wisata Citamiang Courtesy, www.wisatapuncak.net Obyek wi