page contents Langsung ke konten utama

Wisata Curug Cimahi Bandung Jawa Barat

Destinasi wisata yang khas dan unik. Trend baru pariwisata ini semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat modern saat ini, apalagi dengan berkembangnya media sosial yang memungkinkan penyebaran informasi bisa bergerak dengan cepat. Budaya selfie tidak hanya mewabah di kelompok masyarakat awam bahkan pemimpin dunia dan negeri ini, gemar berselfie. Kata Selfie ini menjadi trending topic dunia, seiring dengan perkembangan media sosial. Media sosial membuat seseorang maupun tempat dari tidak dikenal, menjadi terkenal. Pengertian destinasi wisata merupakan tempat di mana segala kegiatan pariwisata bisa dilakukan dengan tersedianya segala fasilitas dan atraksi wisata untuk wisatawan. Unsur pokok daerah tujuan wisata antara lain : Objek dan daya tarik wisata, Prasarana Wisata, Sarana wisata, Tata laksana/insfrastruktur, dan Masyarakat/Lingkungan. Seperti salah satu ini dengan obyek wisata Curug Cimahi yang berada di Bandung Jawa Barat.
sumber : www.qinanatour.com
Curug Cimahi adalah air terjun yang terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 87 meter, menjadikan air terjun ini sebagai salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Kota Cimahi ke arah Lembang atau 20 kilometer dari Kota Bandung. Fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola di antaranya shelter yang terdapat di pinggir jalur dari gerbang menuju air terjun, tempat parkir, pintu gerbang, pagar pengaman, peta lokasi, jalan setapak, piknik site, bangku, tempat sampah, pusat informasi dan pos jaga, serta mushola dan kamar kecil. Selain itu terdapat beberapa warung milik warga yang menjual makanan dan minuman yang biasanya buka pada hari-hari ramai seperti akhir pekan dan liburan. (sumber : id.wikipedia.org)

Curug Cimahi Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang belum banyak dikunjungi . Curug atau air terjun Cimahi mudah untuk dijangkau dan terletak persis di pinggir jalan raya kolonel Masturi dan tidak jauh dari Universitas Advent bandung .Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.

Mitos Curug Cimahi

Bicara soal mitos, kita mungkin sering mendengar sejumlah mitos di banyak tempat wisata yang ada di Indonesia. Begitu juga dengan Curug Cimahi, ada cerita mitos yang berkembang di kawasan wisata ini. Tidak diketahui secara pasti kapan curug ini ditemukan. Menurut cerita warga, Curug Cimahi ditemukan oleh 3 orang yang bernama Jajang, Engkos, dan Dani pada 31 tahun silam. Merekalah yang konon membuka dan merintis pembangunan curug ini. Mitos Curug Cimahi banyak diceritakan oleh warga bagi pengunjung yang datang bersama pasangan (pacar) konon hubungan mereka tidak akan bisa langgeng sampai pelaminan. Namun, bagi pasangan suami-istri tidak ada masalah dan tidak akan berdampak negatif bagi perkawinannya. (sumber : www.wisatabaru.com)

Tiket Masuk Curug Cimahi
Curug Cimahi buka setiap hari sejak jam 8 pagi hingga jam 9 malam. Bagi pengunjung yang datang akan dikenai tiket masuk seharga Rp 15 ribu per orang. Alamat Curug Cimahi di Jl. Kolonel Masturi No.325, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat 40551. Anda bisa menggunakan peta/maps untuk menuju Curug Cimahi.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Kuliner Gurih 7 Bogor Khas Sunda

Doyan makan? Gurih 7 memiliki resapan aroma yang menggoda, yang memiliki ciri khas seperti pada umumnya sebuah makanan. Untuk urusan kulineran menjadi tradisi masyarakat yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam masyarakat sunda ada dari mulai nama - nama makanan, cara memasak bumbu, hingga menyajikan citarasanya. Jika berkunjung ke Restoran Gurih 7 akan memberikan pengalaman lebih untuk Anda, bayangkan saja menyantap masakan saung lesehan dan kuliner khas sunda serta mendengarkan suara air terjun yang terletak di depan mata. sumber : https://www.tripadvisor.co.id Restoran ini merupakan satu-satunya restoran di pusat Kota Bogor yang mempunyai air terjun. Sungguh luar biasa kan guys?. Dengan jumlah saung lebih dari 60, Gurih 7 juga cocok untuk dijadikan tempat gathering bersama keluarga, rekan kerja, atau bahkan tempat wisata karena tempat ini berdekatan dengan toko kue dan oleh-oleh Khas Kota Bogor, yaitu Rumah Talas. Jangan sampe terlewatkan guys jika Anda sedang berkunjung di Ko