page contents Skip to main content

Wisata Curug Cimahi Bandung Jawa Barat

Destinasi wisata yang khas dan unik. Trend baru pariwisata ini semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat modern saat ini, apalagi dengan berkembangnya media sosial yang memungkinkan penyebaran informasi bisa bergerak dengan cepat. Budaya selfie tidak hanya mewabah di kelompok masyarakat awam bahkan pemimpin dunia dan negeri ini, gemar berselfie. Kata Selfie ini menjadi trending topic dunia, seiring dengan perkembangan media sosial. Media sosial membuat seseorang maupun tempat dari tidak dikenal, menjadi terkenal. Pengertian destinasi wisata merupakan tempat di mana segala kegiatan pariwisata bisa dilakukan dengan tersedianya segala fasilitas dan atraksi wisata untuk wisatawan. Unsur pokok daerah tujuan wisata antara lain : Objek dan daya tarik wisata, Prasarana Wisata, Sarana wisata, Tata laksana/insfrastruktur, dan Masyarakat/Lingkungan. Seperti salah satu ini dengan obyek wisata Curug Cimahi yang berada di Bandung Jawa Barat.
sumber : www.qinanatour.com
Curug Cimahi adalah air terjun yang terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 87 meter, menjadikan air terjun ini sebagai salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Kota Cimahi ke arah Lembang atau 20 kilometer dari Kota Bandung. Fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola di antaranya shelter yang terdapat di pinggir jalur dari gerbang menuju air terjun, tempat parkir, pintu gerbang, pagar pengaman, peta lokasi, jalan setapak, piknik site, bangku, tempat sampah, pusat informasi dan pos jaga, serta mushola dan kamar kecil. Selain itu terdapat beberapa warung milik warga yang menjual makanan dan minuman yang biasanya buka pada hari-hari ramai seperti akhir pekan dan liburan. (sumber : id.wikipedia.org)

Curug Cimahi Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang belum banyak dikunjungi . Curug atau air terjun Cimahi mudah untuk dijangkau dan terletak persis di pinggir jalan raya kolonel Masturi dan tidak jauh dari Universitas Advent bandung .Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.

Mitos Curug Cimahi

Bicara soal mitos, kita mungkin sering mendengar sejumlah mitos di banyak tempat wisata yang ada di Indonesia. Begitu juga dengan Curug Cimahi, ada cerita mitos yang berkembang di kawasan wisata ini. Tidak diketahui secara pasti kapan curug ini ditemukan. Menurut cerita warga, Curug Cimahi ditemukan oleh 3 orang yang bernama Jajang, Engkos, dan Dani pada 31 tahun silam. Merekalah yang konon membuka dan merintis pembangunan curug ini. Mitos Curug Cimahi banyak diceritakan oleh warga bagi pengunjung yang datang bersama pasangan (pacar) konon hubungan mereka tidak akan bisa langgeng sampai pelaminan. Namun, bagi pasangan suami-istri tidak ada masalah dan tidak akan berdampak negatif bagi perkawinannya. (sumber : www.wisatabaru.com)

Tiket Masuk Curug Cimahi
Curug Cimahi buka setiap hari sejak jam 8 pagi hingga jam 9 malam. Bagi pengunjung yang datang akan dikenai tiket masuk seharga Rp 15 ribu per orang. Alamat Curug Cimahi di Jl. Kolonel Masturi No.325, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat 40551. Anda bisa menggunakan peta/maps untuk menuju Curug Cimahi.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…