page contents Skip to main content

Wisata Alam Curug Cinulang Cicalengka Bandung Jawa Barat

Media sosial sudah mengelabuhi dunia ini, kita tidak perlu susah mencari sesuatu informasi dalam hal apapun. Tentunya kita memliki strategi tersendiri dalam memilih media sosial atau situs yang kita inginkan, yang kali didalam era jaman now saat ini sering kali anak -anak muda lebih memilih mencari informasi terkait pariwisata. Destinasi wisata memang menarik perhatian dikalangan anak - anak muda jaman sekarang, berkunjung ketempat wisata lalu berselfie dan di upload di media sosial. Berbicara terkait pariwisata tidak pernah bosan selalu ada cerita baru, nuansa baru maupun keindahan - keindahan yang baru selalu bermuculan membuat menarik perhatian terhadap orang - orang yang gemar dalam berwisata.
sumber : www.wisatabagus.net
Membahas terkait pariwisata kali ini ada salah satu pesona alam wisata yang indah yang berada di jawa barat Ciomas Bogor salah satunya wisata alam Curug Luhur. Indah dengan trek menuju Curug Luhur nya yang ditautkan pada panorama pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Curug Luhur adalah sebuah air terjun yang berada di daerah kecamatan Ciomas, Bogor. Tingginya 624 m. Curug yang mempunyai dua air terjun yang sejajar ini terletak di Gunung Salak sekitar 70 km di selatan Jakarta. Arus air di curug ini kuat dan cukup berbahaya. Demikian pula di bawahnya terdapat pusaran air yang kuat dan dapat menyeret orang ke dalamnya

Ada sejarah dibalik Curug Cinulang Cicalengka dalam sebuah cerita dimasalalu entah mitos atau fakta.

Dapat Memisahkan Hubungan Dengan Kekasih

Pada zaman dulu ada seorang pasangan muda yang berasal dari tanah pasundan melakukan perjalan dan hingga menemukan curug tersebut yaitu curug yang sekarang di kenal curug cinulang.
Kemudian terjadi cecok antara kedua pasangan tersebut hingga hungungan nya berakhir dan pada
saat itu sang pemuda menyumpahi tempat tersebut agar menjadi tepat sial bagi orang orang yang berpacaran di tempat tersebut.
walaupun kebenaran nya tidak bisa di buktikan namun beberapa orang mempercai mitos tersebut.

Bisa Mendapatkan Jodoh

Jadi barang siapa orang yang belum memiliki kekasih dan hendak pergi ke curug cinulang kabarnya bakal mendapatkan jodohnya.
kabar burung mengatakan bahwa tidak sedikit orang yang bertemu dengan jodoh nya di tempat tersebut. Kita sebagai manusia biasa tidak tahu apa - apa seperti apa dalam keseharian perjalanan hidup akan terjadi, hanya allah. s.w.t yang tahu wallahu a'lam bishawab.

Perlengkapan yang Wajib Dibawa
Bila Anda berwisata ke Curug Cinulang Cicalengka, terdapat beberapa perlengkapan yang wajib dibawa, yakni:

Pakaian Ganti
Bagi wisatawan yang berniat bermain air atau berenang, pakaian ganti merupakan hal yang wajib dibawa. Jangan paksakan diri pulang dalam keadaan basah karena akan membuat Anda jatuh sakit. Anda dapat menggunakan fasilitas kamar mandi yang tersedia di dalam kawasan wisata.

Jaket
Perlengkapan ini wajib dibawa terutama bila Anda tidak tahan terhadap serangan dingin. Udara dalam kawasan wisata cukup dingin terutama seusai turun hujan. Anda bisa pula membawa minyak angin untuk membantu menghangatkan badan.

Kamera
Alat yang satu ini tidak boleh Anda lupakan. Selain untuk mengabadikan momen berlibur, Anda juga dapat membagikannya ke jejaring sosial untuk membantu promosi wisata lokal.

Dry Bag
Bagi Anda yang akrab dengan gawai, jangan pernah melupakan benda yang satu ini. Meskipun terlihat sederhana, benda ini dapat menyimpan peralatan elektronik serta barang lain yang mudah rusak ketika terkena air. Apalagi di Curug Cinulang debit airnya besar.

Selain itu, ada pula mitos lain yang berkembang. Disebutkan bahwa di hulu curug, terdapat seekor ular yang sangat panjang, yang membentang dari Kabupaten Sumedang hingga Kabupaten Bandung. Munculnya mitos ini berkaitan dengan keberadaan curug yang terletak di antara dua kabupaten, yakni Sumedang dan Bandung. Curug Cinulang Cicalengka akan memberi Anda kesegaran alami yang jauh dari hiruk-pikuk kota. Pikiran akan kembali tenang dan siap melanjutkan aktivitas dengan semangat baru

Harga Tiket
Untuk memasuki Curug Cinulang Cicalengka, Anda diwajibkan membayar retribusi. Biaya per kepala yang harus dibayar adalah Rp8000, rinciannya Rp5000 untuk tiket masuk dan sisanya sebagai biaya parkir.

Fasilitas
Dalam kawasan wisata, telah tersedia kamar mandi serta musala bagi yang ingin beribadah. Untuk urusan perut, para pendagang hadir dengan beragam menu minuman serta makanan yang bisa Anda pilih. Anda harus puas hanya dengan menikmati air terjun karena belum ada wahana permainan lain seperti flying fox.

Berikut alamat peta maps menuju Curug Cinulang Cicalengka

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…