page contents Skip to main content

Nikmat dan Hangatnya Sekoteng Yang Menjadi Makanan Khas Jawa Tengah

Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah berasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari. Sekoteng biasanya dijual keliling dengan menggunakan gerobak pikul. Satu sisi untuk panci air jahe beserta kompornya sedangkan sisi lain adalah tempat bahan campuran dan tempat mempersiapkan sekoteng. Apa itu Wedang Sekoteng? Sekoteng ini merupakan minuman asli dari Jawa Tengah dengan rasa jahe yang khas dan umumnya dihidangkan dalam kondisi masih panas. Untuk bahan lain yang umumnya dicampurkan ke dalam sekoteng seperti, kacang tanah, kacang hijau, potongan roti, dan pacar cina.
sumber : www.vemale.com
Umumnya, sekoteng ini dihidangkan pada malam hari. Selain itu, biasanya sekoteng dijual keliling dengan cara menggunakan gerobak pikul. Satu sisinya untuk tempat panci air jahe beserta dengan kompornya dan satu sisi yang lain adalah tempat untuk bahan campuran serta tempat untuk mempersiapkan wedang sekoteng ini. Minuman ini juga cocok untuk dinikmati sambil mempelajari buku kamus bahasa inggris yang bagus. Bagi orang Jawa, sekoteng ini merupakan singkatan dari “nyokot weteng” yang dalam bahasa Indonesianya berarti “menggigit perut”. Sekoteng ini memiliki cita rasa yang hangat dan berasal dari rebusan gula merah dan juga jahe. Namun ternyata sekoteng ini sebenarnya merupakan hindangan tradisi Cina. (sumber : www.apasih.web.id)

Sejarahnya, su ko thung ini sudah dikonsumsi sejak masa Dinasit Qin (221-226 SM) tepatnya sejak masa kaisar Qin Shi Huang. Pada masa itu, minuman ini merupakan minuman untuk kesehatan, bisa membuat pencernaan lebih baik, serta minuman pernghangat tubuh. (sumber : www.apasih.web.id)

5 Manfaat Sekoteng Bagi Tubuh

Dikarenakan jahe menjadi bahan utama dari sekoteng, maka minuman ini dikenal memiliki khasiat terutama untuk kesehatan tubuh. Alasannya adalah jahe ini memiliki senyawa kimia yang bisa menimbulkan efek positif pada lambung dan juga usus. Bahkan tidak hanya itu saja, senyawa yang terkandung pada jahe juga dikenal memiliki kemampuan untuk meredam rasa mual dengan cara memberikan efek di otak dan juga sistem saraf. Berikut ini merupakan 5 kondisi yang efektif ketika diatasi dengan meminum sekoteng: (sumber : www.apasih.web.id)

1. Pusing
Jahe yang terkandung di dalam sekoteng ini dipercaya memiliki kemampuan untuk meringankan pusing dengan cara merangsang aliran darah menuju otak. Selain itu, juga bisa meringankan mual.

2. Nyeri Menstruasi
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa jahe memiliki khasiat mengurangi gejala nyeri saat menstruasi. Bahkan khasiat jahe ini bisa disamakan dengan obat seperti ibuprofen dan juga asam mefenamat.

3. Mencegah Morning Sickness
Sebenarnya morning sickness yang sering terjadi di awal masa kehamilan bisa diminimalisir dengan cera minum sekoteng. Hal ini disebabkan jahe ternyata juga berkhasiat bisa meminimalisir morning sickness.
Namun perlu Anda ingat, pada saat hamil tidak boleh sembarangan meminum obat-obatan tradisional seperti jehe. Untuk itulah sebelumnya disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda meminum sekoteng.

4. Osteoporosis
Banyak hasil penelitian yang menyebutkan jika rasa sakit yang diakibatkan oleh kondisi seperti ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi ekstrak jahe. Dan ekstrak jahe ini akan lebih nikmat lagi jika dijadikan minuman sekoteng.
Senyawa kimia yang ada pada jahe ini dipercaya memiliki kemampuan untuk mengurangi zat kimia yang dapat memicu peradangan sendi dan juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat, yaitu zat yang dapat meringankan rasa sakit dan juga ketidaknyamanan.

5. Mual dan Muntah Paska Operasi
Mengkonsumsi jahe sebelum operasi juga diyakini dapat mengurangi rasa mual dan juga muntah setelah operasi.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…