page contents Langsung ke konten utama

Indahnya Panorama dan Senjuknya Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung

Membuat resah bukan hanya di kehidupan sehari - hari saja, merindukan suasana yang indah saja mampu membuat kita menjadi resah ingin berjumpa, seperti pepatah rindu bergemuruh tak usai sembuh. Lama menunggu tentunya menjadi hal yang tidak kita senangi, namun jika sudah saatnya tiba semua itu berubah menjadi rasa kegembiaraan apalagi saat - saat momen bersama keluarga yang sudah lama kita tunggu karena menunggu tibanya hari libur. Namun pada dasarnya disitulah keindahannya karena sudah lama menunggu dan akhirnya masa liburpun tiba, tentunya akan terasa indah jika semua itu kita jadikan menjadi momen liburan bersama keluarga. Kali ini ada salah satu tempat wisata yang tidak kalah indahnya dengan panorama dan sejuk udara Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung Jawa Barat.
sumber : www.emutkalembang.blogspot.com
Kebun Teh Sukawana berada di bawah PTPN VIII, termasuk dalam kebun Bukit unggul, bagian Sukawana. Sebelumnya, area ini dikenal dengan nama ‘pangheotan‘. Katanya, nama ini berasal dari nama Van Houten, seorang meneer Belanda yang memiliki perkebunan disini. Area perkebunannya sendiri saya pikir tidak seluas perkebunan teh di Bandung yang lain seperti rancabali, ciwalini, dan lain sebagainya. Meskipun demikian karena termasuk perkebunan teh yang aktif produksi, area kebun tehnya terpelihara dan asri. Dari sini kita bisa menikmati gunung Burangrang dan Tangkuban perahu yang seolah tepat berada didepan mata. Tempat ini cocok sekali jadi tempat wisata alam alternatif di Bandung.

Pemandangan yang membuat mata terpaku karena indah namun rada bikin hati jadi rawan  ini, bisa terlihat dari halaman depan satu rumah besar peninggalan masa kolonial dari awal abad ke-20 ini, yang berada di daerah Lembang Barat: Vila Sukawana. Ketika kabut sampai ke pelataran vila, suhu makin menggigilkan. Sapuan uap air kabut, terasa dingin menyentuh kulit wajah. Dengan mengacu pada elevasi kota Bandung yang rata-rata mencapau 700 meter di atas permukaan laut, Tak heran jika udaranya dingin dan kabut bisa datang kapan saja. (sumber : www.kompasiana.com)

Desa Sukawana, nama lokasi tempat vila ini berada, memang menjadi kawasan perkebunan teh paling dekat yang bisa dicapai dari kota Bandung, sekitar 30 kilometeran dari pusat kota. Suasana perkebunan tehnya tak kalah indah, misalnya jika dibandingkan dengan Malabar atau Rancabali-Ciwidey, meski arealnya tidak luas. Garis merah adalah Jalan Kolonel Masturi dari arah Cimahi. Garis Hijau adalah Jalan Sersan Bajuri-Cihideung. Garis biru adalah Jalan Kolonel Masturi dari arah kota Lembang. Dan garis hitam adalah jalur jalan menuju vila Sukawana sepanjang kira-kira dua kilometer. Tampak di latar belakang adalah Gunung Burangrang, 2.064 meter. (sumber : www.kompasiana.com)

Udara yang sehat dan segar kian menjadi barang langka di perkotaan, polusi udara yang terjadi akibat asap kendaraan bermotor menjadi salah satu biang keladi pengotoran udara di perkotaan, mungkin inilah yang menjadi salah satu alasan dimana setiap akhir pekan banyak pengunjung yang datang ke Lembang untuk menikmati liburan sekaligus menyegarkan mata dengan pemandangan hijau nan indah juga menikmati sejuk dan segarnya udara pedesaan di Lembang. Jika anda ingin mencoba rasa baru berwisata di Lembang, mungkin berjalan kaki di perkampungan Lembang bisa menjadi salah satu alternatifnya, dan satu yang saya rekomendasikan adalah menikmati segar dan sejuknya udara di Perkebunan Teh Sukawana Lembang. (sumber : visitlembang.com)

Pemandangan indah berupa hamparan kebuh teh dengan latar belakang Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu akan menyegarkan pandangan anda dan membayar peluh keringat anda selama perjalanan, ada kalanya anda dapat menikmati pergerakan kabut yang luar bisa menambah megahnya panorama kebun teh yang tentunya akan memberikan pengalaman istimewa untuk anda kenang di masa mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Lirik Kunci Gitar Chord Lagu Dadas Asep Balon X Resol

sumber : youtube@SG Entertainment Dm        G Aku tak apa          Em           A Aku engga apa apa Dm                              G Semoga bahagia kau disana                           C Dengan si goblog eta [INTRO]   C Em Am A Dm A G Em E7 Am Dm G C C Tataian ngadangu sia jadian            F Jeung nu bengetna poek ciga imah keur aliran       G Meskipun teu ngahiji aing tetep ngadoakan           C Semoga pas si eta apet ku warga dibangsatkeun C Salila ieu aing Pedekate jeung sia   F Mangbulan-bulan geus siga nyicil mio ka adira              G dekeutna jeung aing jadian jeung si beungeut rawing         C nyanguna jeung aing ngaliwetna jeung si a-jing C geus dadas jadian acan tapi teu reuwas da aing tampan       F na ari sia teu ngahargaan asa Raisa beungeut pas-pasan G hiji waktu sia bakal ngarasa kaduhung C                                             G miceun sampoerna mild sia kadon mulung puntung [Chorus]               F