page contents Langsung ke konten utama

Wisata Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

Ada beberapa yang harus kita ketahui bahwa kita itu sebelum menjelajahi isi dalam kandungan arti tersebut kita juga harus mengerti kantong dari kandungan isi tersebut seperti halnya Pengertian Destinasi. Destinasi adalah tempat tujuan atau daerah tujuan wisata (Daryanto, 1997) yang berada di dalam kamus Bahasa Indonesia. Pengertian Wisata. Wisata adalah perjalanan atau sebagai dari kegiatan tersebut dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati obyek dan daya tarik wisata (Fandeli, 2001). Pengertian Destinasi wisata. Destinasi Wisata adalah suatu kawasan spesifik yang dipilih oleh seseorang pengunjung yang mana ia dapat tinggal dalam waktu tertentu (Hardinoto, 1996). Sedangkan Pengertian Obyek Wisata Sesuai dengan penjelasan diatas maka dapat dikatakan Destinasi merupakan tempat atau tujuan wisata oleh orang-orang yang akan melakukan perjalanan wisata baik wisatawan lokal maupun asing.
smber : www.tourpulauseribu-kk.com
Hal inilah yang harus menjadi motivasi bagi kita semua untuk memperkenalkan kepada publik setiap titik daerah asal kita yang memiliki keindahan alam meliputi pemandangan, gunung, pantai, air terjuan, flora, fauna dan segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata untuk semua kalangan. Apalagi disaat sekarang, teknologi semakin berkembang sehingga setiap informasi dapat diakses dan dipublikasikan dalam waktu singkat. Itulah kenapa kita dituntut agar dapat memanfaat perkembangan teknologi dengan sebaik-baiknya untuk hal yang bermanfaat, salah satunya dengan mempublikasikan semua keindahan alam yang berada di sekitar kita. Berbicara tentang destinasi wisata pasti berkaitan erat dengan peningkatan sumber daya alam dan peningkatan ekonomi suatu daerah atau negara. Keseimbangan antara ekonomi dan ekologi merupakan prinsip dasar dalam pengelolaan tempat-tempat wisata sehingga manfaat pembangunan berkelanjutan juga menjadi hal nyata yang dirasakan oleh semua orang.

Membicarakan hal dari bagian ketiga tersebut kali ini ada salah satu obyek wisata Pulau Pramuka. Pulau Pramuka adalah pulau wisata di Kepulauan Seribu yang sudah dikenal luas oleh para wisatawan. Pulau ini merupakan ibu kota kabupaten Kepulauan Seribu dimana pusat pemerintahan ada disana. Sejak diresmikan tahun 2001 sebagai pusat kota kabupaten mereka terus berbenah guna meningkatkan segala sarana dan prasaja yang menunjang kegiatan wisata. Tidak heran jika sampai saat ini pulau ini masih menjadi salah satu tujuan wisata di Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka pernah menjadi salah satu jawara wisata di Kepulauan Seribu. Namun seiring perkembangan beberapa pulau lain yang lebih cepat berkembang pulau ini menjadi pilihan alternatif saja. Sebut saja Pulau Tidung yang meskipun terbilang baru dikenal namun sudah mampu mengungguli Pulau Pramuka dalam hal banyaknya kunjungan wisatawan.

Untuk itulah kini dengan perkembangan teknologi informasi pulau ini pun kembali bergeliat untuk menarik kembali para wisatawan kesana. Salah satu cirikhas Pulau Pramuka yang sampai kini masih bertahan adalah wisata edukasi ke penagkaran penyu. Secara administrasi Pulau Pramuka masuk dalam kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau dengan luas mencapai 16 hektar tersebut dihuni oleh mayoritas penduduk muslim. Mata pencaharian utama warganya adalah nelayan, pegawai pemerintah, pengajar dan pedagang. Pulau ini juga tergolong padat dengan populasi penduduknya yang mencapai 1.004 jiwa. Meski lumayan padat namun tata kelola perumahan disini lumayan tertata rapi. Disepanjang pantai terdapat jalanan paving yang mengelilingi sebagian besar pulau yang bernama lain Pulau Lang ini. (sumber : www.tidungtour.com)

Untuk menuju ke Pulau Pramuka kita harus menggunakan transportasi laut. Akses paling mudah dan murah adalah dengan kapal feri tradisional dari Pelabuhan Pelelangan Ikan Muara Angke. Lama perjalanan dengan kapal feri tradisional ini sekitar 2 - 3 jam perjalanan. Bagi anda yang punya bujet lebih bisa menggunakan transportasi kapal speedboat dari dermaga Marina Ancol. Waktu tempuh kapal speedboat ini sekitar 1 jam perjalanan saja. Kedua rute kapal tersebut beroperasi setiap hari 1 kali perjalanan. Khusus untuk kapal speedboat melayani juga wisata pulau pergi dihari yang sama. Satu lagi kapal dengan rute Kali Adem Pulau Pramuka yaitu kapal kerapu milih Dinas Perhubungan Jakarta yang lebih ditujukan untuk transportasi antar pulau oleh masyarakat Pulau Seribu. (sumber : www.tidungtour.com)

Fasilitas Wisata Pulau Pramuka
Berbagai saran penunjang wisata pulau pramuka antara lain : Penginapan atau Homestay ber-AC dan Villa, rental snorkeling dan diving, water sport, toko souvenir, dan warung makanan tradisional. Fasilitas umum yang ada disana diantaranya Dermaga umum, dermaga nelayan, rumah sakit daerah, kantor bupati, pusat informasi wisata, sarana ibadah, balai warga, dan sekolah umum mulai dari SD sampai SMU. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Pulau Pramuka, Tempat penangkaran penyu hijau yang dilindungi, Penangkaran Hiu di Nusa Keramba, Pantai pasir putih di sekitar Pulau Semak Daun, Beberapa permainan air ( water sport ) seperti banana boat, sofa boat dan jetsky, dan Kuliner khas pulau pramuka seperti bandeng cabut duri dan kerupuk ikan ( cue ). (sumber : www.tidungtour.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Lirik Kunci Gitar Chord Lagu Dadas Asep Balon X Resol

sumber : youtube@SG Entertainment Dm        G Aku tak apa          Em           A Aku engga apa apa Dm                              G Semoga bahagia kau disana                           C Dengan si goblog eta [INTRO]   C Em Am A Dm A G Em E7 Am Dm G C C Tataian ngadangu sia jadian            F Jeung nu bengetna poek ciga imah keur aliran       G Meskipun teu ngahiji aing tetep ngadoakan           C Semoga pas si eta apet ku warga dibangsatkeun C Salila ieu aing Pedekate jeung sia   F Mangbulan-bulan geus siga nyicil mio ka adira              G dekeutna jeung aing jadian jeung si beungeut rawing         C nyanguna jeung aing ngaliwetna jeung si a-jing C geus dadas jadian acan tapi teu reuwas da aing tampan       F na ari sia teu ngahargaan asa Raisa beungeut pas-pasan G hiji waktu sia bakal ngarasa kaduhung C                                             G miceun sampoerna mild sia kadon mulung puntung [Chorus]               F