page contents Skip to main content

Tips Travelling Jalur Cisarua Puncak Bogor Saat Liburan Idul Fitri

Daerah pariwisata khususnya daerah puncak cisarua bogor yang termasuk bagian jalur pariwisata. Puncak sendiri termasuk pada daerah kabupaten bogor dan kabupaten cianjur jawa barat, puncaknya terletak 70 km sebelah selatan jakarta. Puncak terletak dikaki dan lereng pegunungan Gede Pangrango sebagian besar merupakan bagian dari kawan Taman Nasional Gunung Gede Pangarango. Puncak dikenal sebagai kawasan pariwisata baik dari kawasan domestik hingga mancanegara. 
Sumber : www.tempatwisatamu.com
Puncak dikenal sebagai tempat peristirahatan masyakarat jakarta, karena dikenal dengan kesejukan udaranya dan keindahan pemandangannya. Puncak yang dikelilingi oleh kebun teh merupakan pembangunan terdahulu sejak jaman belanda yang saat ini merupakan milik PT. Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas.Wilayah Puncak berada di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango dan berada pada ketinggian rata-rata 700-1.800 m di atas permukaan laut dengan suhu udaranya yang rata-rata mencapai 14-18 derajat Celcius. 

Selain itu, daerah Puncak juga dikelilingi oleh gunung lain, yaitu Gunung Salak (2.221 m). Puncak adalah wilayah yang luas di sekitar perbatasan Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Adapun kecamatan yang termasuk pada wilayah tersebut adalah:  (sumber : id.wikipedia.org)

Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor
Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor
Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor
Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor
Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur
Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor
Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor
Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor
Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur
Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor  (sumber : id.wikipedia.org)

Daerah Puncak memiliki fostur alam yang unik dan indah. Hampir sebagian besar wilayah ini diselimuti perkebunan teh dengan latar belakang pegunungan. Keindahan alam daerah ini memukau sejak jamannya Presiden Soekarno. Selain itu, terdapat juga tempat-tempat rekreasi dan agrowisata yang indah, diantaranya Perkebunan Teh Gunung Mas dan Paralayang. Daerah Puncak juga memiliki tempat wisata lainnya, seperti Taman Safari Indonesia, Taman Riung Gunung, Telaga Warna, Wisata Citamiang dan dilengkapi dengan fasilitas hotel dan villa yang dibangun oleh pengusahan dan investor.

Puncak termasuk menjadi bagian wisata yang selalu di tuju oleh parawisatawan, khususnya dari daerah ibu kota jakarta pada saat weekend dan libur panjang. Tak luput pada saat libur panjang yaitu seperti hari raya idul fitri jalur puncak sangat dipadati oleh parawisatawan dan dipakai menjadi jalur mudik oleh kalangan masyarakat, Kabupaten Cianjur, Bandung, Garut dan daerah lainnya, yang sudah beraktiftas di ibu kota jakarta. 

Pada dasarnya sebetulnya tidak mesti harus lewat jalur puncak untuk dijadikan sebagai jalur mudik, namun kononkatanya para pemudik sambil menikmati keindahan jalur Puncak khususnya kendaraan yang roda dua (sepeda motor). Mereka sengaja mudik bersama yang biasanya dinamakan tour bersama keluarga, saudara, ataupun teman-temannya. 

Untuk menjaga tidak terjadinya hal yang tidak diinginkan sebaiknya bagi parawisatawan khususnya yang melewati jalur Puncak sebaiknya lebih berhati-hati karena belum lama ini ditahun 2018 Puncak telah terjadi dibeberapa titik terkena bencana longsor dan rawan untuk para pemudik dan parawisatawan apalagi pada saat curah hujan sangat rawan sekalai sebainya lebih berhati - hati untuk melewati jalur Puncak. 

Di lain hal itu jalur Puncak dikenal sebagai jalur macet apalagi ketika liburan panjang jalur Puncak sudah pasti padat merayap sebaiknya untuk yang berkendara roda dua lebih baik untuk memilih jalan alternatif ciseupan. Jalur Ciseupan ini memang sedikit rumit dan jauh namun setidaknya bisa membuat kita nyaman dan aman untuk mengihdari terjadinya kecelakaan. Karena jalur puncak sering sekali terjadi kecelakaan baik roda empat maupun roda dua, truk dan bus. Bagi parawisatawan dan para pemudik sebaiknya ada menggunakan pakaian sefti lengkap agar terhindar dari hal - hal yang tidak diinginkan.

Selamat berwisata dan selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…