page contents Langsung ke konten utama

Tips Travelling Jalur Cisarua Puncak Bogor Saat Liburan Idul Fitri

Daerah pariwisata khususnya daerah puncak cisarua bogor yang termasuk bagian jalur pariwisata. Puncak sendiri termasuk pada daerah kabupaten bogor dan kabupaten cianjur jawa barat, puncaknya terletak 70 km sebelah selatan jakarta. Puncak terletak dikaki dan lereng pegunungan Gede Pangrango sebagian besar merupakan bagian dari kawan Taman Nasional Gunung Gede Pangarango. Puncak dikenal sebagai kawasan pariwisata baik dari kawasan domestik hingga mancanegara. 
Sumber : www.tempatwisatamu.com
Puncak dikenal sebagai tempat peristirahatan masyakarat jakarta, karena dikenal dengan kesejukan udaranya dan keindahan pemandangannya. Puncak yang dikelilingi oleh kebun teh merupakan pembangunan terdahulu sejak jaman belanda yang saat ini merupakan milik PT. Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas.Wilayah Puncak berada di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango dan berada pada ketinggian rata-rata 700-1.800 m di atas permukaan laut dengan suhu udaranya yang rata-rata mencapai 14-18 derajat Celcius. 

Selain itu, daerah Puncak juga dikelilingi oleh gunung lain, yaitu Gunung Salak (2.221 m). Puncak adalah wilayah yang luas di sekitar perbatasan Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Adapun kecamatan yang termasuk pada wilayah tersebut adalah:  (sumber : id.wikipedia.org)

Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor
Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor
Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor
Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor
Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur
Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor
Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor
Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor
Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur
Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor  (sumber : id.wikipedia.org)

Daerah Puncak memiliki fostur alam yang unik dan indah. Hampir sebagian besar wilayah ini diselimuti perkebunan teh dengan latar belakang pegunungan. Keindahan alam daerah ini memukau sejak jamannya Presiden Soekarno. Selain itu, terdapat juga tempat-tempat rekreasi dan agrowisata yang indah, diantaranya Perkebunan Teh Gunung Mas dan Paralayang. Daerah Puncak juga memiliki tempat wisata lainnya, seperti Taman Safari Indonesia, Taman Riung Gunung, Telaga Warna, Wisata Citamiang dan dilengkapi dengan fasilitas hotel dan villa yang dibangun oleh pengusahan dan investor.

Puncak termasuk menjadi bagian wisata yang selalu di tuju oleh parawisatawan, khususnya dari daerah ibu kota jakarta pada saat weekend dan libur panjang. Tak luput pada saat libur panjang yaitu seperti hari raya idul fitri jalur puncak sangat dipadati oleh parawisatawan dan dipakai menjadi jalur mudik oleh kalangan masyarakat, Kabupaten Cianjur, Bandung, Garut dan daerah lainnya, yang sudah beraktiftas di ibu kota jakarta. 

Pada dasarnya sebetulnya tidak mesti harus lewat jalur puncak untuk dijadikan sebagai jalur mudik, namun kononkatanya para pemudik sambil menikmati keindahan jalur Puncak khususnya kendaraan yang roda dua (sepeda motor). Mereka sengaja mudik bersama yang biasanya dinamakan tour bersama keluarga, saudara, ataupun teman-temannya. 

Untuk menjaga tidak terjadinya hal yang tidak diinginkan sebaiknya bagi parawisatawan khususnya yang melewati jalur Puncak sebaiknya lebih berhati-hati karena belum lama ini ditahun 2018 Puncak telah terjadi dibeberapa titik terkena bencana longsor dan rawan untuk para pemudik dan parawisatawan apalagi pada saat curah hujan sangat rawan sekalai sebainya lebih berhati - hati untuk melewati jalur Puncak. 

Di lain hal itu jalur Puncak dikenal sebagai jalur macet apalagi ketika liburan panjang jalur Puncak sudah pasti padat merayap sebaiknya untuk yang berkendara roda dua lebih baik untuk memilih jalan alternatif ciseupan. Jalur Ciseupan ini memang sedikit rumit dan jauh namun setidaknya bisa membuat kita nyaman dan aman untuk mengihdari terjadinya kecelakaan. Karena jalur puncak sering sekali terjadi kecelakaan baik roda empat maupun roda dua, truk dan bus. Bagi parawisatawan dan para pemudik sebaiknya ada menggunakan pakaian sefti lengkap agar terhindar dari hal - hal yang tidak diinginkan.

Selamat berwisata dan selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Lirik Kunci Gitar Chord Lagu Dadas Asep Balon X Resol

sumber : youtube@SG Entertainment Dm        G Aku tak apa          Em           A Aku engga apa apa Dm                              G Semoga bahagia kau disana                           C Dengan si goblog eta [INTRO]   C Em Am A Dm A G Em E7 Am Dm G C C Tataian ngadangu sia jadian            F Jeung nu bengetna poek ciga imah keur aliran       G Meskipun teu ngahiji aing tetep ngadoakan           C Semoga pas si eta apet ku warga dibangsatkeun C Salila ieu aing Pedekate jeung sia   F Mangbulan-bulan geus siga nyicil mio ka adira              G dekeutna jeung aing jadian jeung si beungeut rawing         C nyanguna jeung aing ngaliwetna jeung si a-jing C geus dadas jadian acan tapi teu reuwas da aing tampan       F na ari sia teu ngahargaan asa Raisa beungeut pas-pasan G hiji waktu sia bakal ngarasa kaduhung C                                             G miceun sampoerna mild sia kadon mulung puntung [Chorus]               F