page contents Langsung ke konten utama

Roti Unyil Oleh - Oleh Ciri Khas Bogor

Bogor merupakan termasuk bagian wilayah destinasi utama parawisatawan baik dari kalangan domestik maupun mancanegara. Bogor memiliki daya tarik dan ciri khas yang sangat luar biasa khusunya bagi parawisatawan yang selalu berdatangan untuk berwisata menikmati keindahan Bogor dengan budaya kearifan lokalnya mampu menarik perhatian dari kalangan masyakarat. 
Sumber : www.maxmanroe.com
Membicarakan soal budaya atau ciri khas bogor memiliki makanan atau kuliner yang tentunya berbeda dari daerah lain. setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri, entah dari rasanya maupun dari fostur bentuk makanan itu sendiri. Kali ini ada makanan khas Bogor yaitu yang diberinama Venus Bakery atau roti unyil. Roti unyil ini mampu menarik perhatian kalangan masyarakat. 

Di balik berdirinya Venus Bakery dan terciptanya roti unyil, ada seorang pengusaha roti bernama Hendra Saputra Hawidjaja.  Memulai usahanya pada tahun 1992 dengan membuat roti berukuran biasa, seperti roti tawar dan roti isi dengan beraneka ragam rasa. Bahkan, sebelum berjualan di toko beretalase seperti sekarang ini, Hendra memperdagangkan roti buatannya dengan menggunakan gerobak kecil di perumahan sekitar tempat tinggalnya.

Pria kelahiran Sukabumi tahun 1859 itu telah ditinggal wafat ayahnya sejak kecil, menyusul ibundanya saat Hendra masih remaja. Demi menghidupi keluarga, Hendra bersama kakak sulungnya yang bernama Herlianty, melakukan berbagai upaya untuk memajukan usaha kecil-kecilannya. Salah satunya dengan membuat roti yang berbeda dari roti-roti lainnya, yaitu roti unyil. Tak disangka, antusiasme masyarakat terhadap kehadiran roti unyil begitu besar. 

Bentuknya yang mungil menggemaskan serta rasanya yang bermacam-macam, membuat roti ini begitu unik. Bahkan saking uniknya, roti unyil kini dikenal sebagai oleh-oleh khas Bogor. Awalnya kami membuat roti dengan ukuran biasa. Kemudian kami mencoba untuk membuat roti yang berbeda dari roti-roti lainnya. Muncullah ide untuk membuat roti dengan ukuran kecil supaya lebih gampang dimakan anak-anak. 

Ternyata, justru roti kecil ini juga banyak disukai oleh orang dewasa dan anak-anak. Karena itulah, akhirnya kami memutuskan untuk fokus membuat dan menjual roti unyil, ” ujar Herlianty saat ditanya tentang asal-usul roti unyil. Ada cerita menarik di balik nama roti unyil. Pada awalnya, baik Hendra maupun Herlianty tidak pernah mempopulerkan roti buatan mereka dengan nama roti unyil. 

Entah siapa yang pertama kali menggunakan istilah tersebut hingga akhirnya makanan sekali suap ini dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan nama roti unyil. Keberadaan dan kelezatan roti unyil beredar dari mulut ke mulut. Setiap harinya, Venus Bakery tak pernah sepi dari pembeli, terutama menjelang dan saat hari libur. Para pembeli biasanya membeli roti yang dikemas dalam kotak berisi 10 hingga 60 buah. 

Mereka dibebaskan untuk memilih lebih dari 25 varian yang tersedia di dalam etalase. Namun, dari semua varian, yang menjadi favorit para pembeli adalah daging asap keju dan jagung manis. Selain itu, dua bersaudara Hendra dan Herlianty yakin bahwa salah satu kunci kesuksesan mereka adalah kualitas. Sejak pertama kali menjalankan usaha hingga saat ini, bahan dan resep yang mereka gunakan tidak pernah berubah. 

Hendra selalu menggunakan bahan-bahan dasar berkualitas terbaik dalam setiap proses produksi. Seperti yang diungkapkan oleh Herlianty, “Kami punya lebih dari 25 varian, mulai dari rasa coklat sampai srikaya. Roti unyil yang paling disukai pembeli adalah yang isi jagung manis. Roti-roti kami terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan bebas dari bahan pengawet. 

Bahkan, kalau merek bahan baku yang biasa kami gunakan sedang habis, kami akan menggunakan merek yang kualitasnya lebih tinggi dan lebih mahal. Pokoknya, jangan sampai kualitas roti kami menurun. (Sumber : www.tribunnews.com)

Untuk parawisatawan baik dari kalangan domestik maupun mancanegara Anda bisa mencoba untuk mencicipi makanan khas Bogor yaitu roti unyil jika Anda sedang berwisata di Bogor. Sudah banyak sekali yang berjualan roti unyil di daerah Bogor Anda tidak akan kehabisan untuk membeli roti unyil untuk dijadikan sebagai oleh - oleh dari khas Bogor.

Selamat berwisata, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Kuliner Gurih 7 Bogor Khas Sunda

Doyan makan? Gurih 7 memiliki resapan aroma yang menggoda, yang memiliki ciri khas seperti pada umumnya sebuah makanan. Untuk urusan kulineran menjadi tradisi masyarakat yang memiliki keunikan tersendiri. Dalam masyarakat sunda ada dari mulai nama - nama makanan, cara memasak bumbu, hingga menyajikan citarasanya. Jika berkunjung ke Restoran Gurih 7 akan memberikan pengalaman lebih untuk Anda, bayangkan saja menyantap masakan saung lesehan dan kuliner khas sunda serta mendengarkan suara air terjun yang terletak di depan mata. sumber : https://www.tripadvisor.co.id Restoran ini merupakan satu-satunya restoran di pusat Kota Bogor yang mempunyai air terjun. Sungguh luar biasa kan guys?. Dengan jumlah saung lebih dari 60, Gurih 7 juga cocok untuk dijadikan tempat gathering bersama keluarga, rekan kerja, atau bahkan tempat wisata karena tempat ini berdekatan dengan toko kue dan oleh-oleh Khas Kota Bogor, yaitu Rumah Talas. Jangan sampe terlewatkan guys jika Anda sedang berkunjung di Ko