page contents Skip to main content

Roti Unyil Oleh - Oleh Ciri Khas Bogor

Bogor merupakan termasuk bagian wilayah destinasi utama parawisatawan baik dari kalangan domestik maupun mancanegara. Bogor memiliki daya tarik dan ciri khas yang sangat luar biasa khusunya bagi parawisatawan yang selalu berdatangan untuk berwisata menikmati keindahan Bogor dengan budaya kearifan lokalnya mampu menarik perhatian dari kalangan masyakarat. 
Sumber : www.maxmanroe.com
Membicarakan soal budaya atau ciri khas bogor memiliki makanan atau kuliner yang tentunya berbeda dari daerah lain. setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri, entah dari rasanya maupun dari fostur bentuk makanan itu sendiri. Kali ini ada makanan khas Bogor yaitu yang diberinama Venus Bakery atau roti unyil. Roti unyil ini mampu menarik perhatian kalangan masyarakat. 

Di balik berdirinya Venus Bakery dan terciptanya roti unyil, ada seorang pengusaha roti bernama Hendra Saputra Hawidjaja.  Memulai usahanya pada tahun 1992 dengan membuat roti berukuran biasa, seperti roti tawar dan roti isi dengan beraneka ragam rasa. Bahkan, sebelum berjualan di toko beretalase seperti sekarang ini, Hendra memperdagangkan roti buatannya dengan menggunakan gerobak kecil di perumahan sekitar tempat tinggalnya.

Pria kelahiran Sukabumi tahun 1859 itu telah ditinggal wafat ayahnya sejak kecil, menyusul ibundanya saat Hendra masih remaja. Demi menghidupi keluarga, Hendra bersama kakak sulungnya yang bernama Herlianty, melakukan berbagai upaya untuk memajukan usaha kecil-kecilannya. Salah satunya dengan membuat roti yang berbeda dari roti-roti lainnya, yaitu roti unyil. Tak disangka, antusiasme masyarakat terhadap kehadiran roti unyil begitu besar. 

Bentuknya yang mungil menggemaskan serta rasanya yang bermacam-macam, membuat roti ini begitu unik. Bahkan saking uniknya, roti unyil kini dikenal sebagai oleh-oleh khas Bogor. Awalnya kami membuat roti dengan ukuran biasa. Kemudian kami mencoba untuk membuat roti yang berbeda dari roti-roti lainnya. Muncullah ide untuk membuat roti dengan ukuran kecil supaya lebih gampang dimakan anak-anak. 

Ternyata, justru roti kecil ini juga banyak disukai oleh orang dewasa dan anak-anak. Karena itulah, akhirnya kami memutuskan untuk fokus membuat dan menjual roti unyil, ” ujar Herlianty saat ditanya tentang asal-usul roti unyil. Ada cerita menarik di balik nama roti unyil. Pada awalnya, baik Hendra maupun Herlianty tidak pernah mempopulerkan roti buatan mereka dengan nama roti unyil. 

Entah siapa yang pertama kali menggunakan istilah tersebut hingga akhirnya makanan sekali suap ini dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan nama roti unyil. Keberadaan dan kelezatan roti unyil beredar dari mulut ke mulut. Setiap harinya, Venus Bakery tak pernah sepi dari pembeli, terutama menjelang dan saat hari libur. Para pembeli biasanya membeli roti yang dikemas dalam kotak berisi 10 hingga 60 buah. 

Mereka dibebaskan untuk memilih lebih dari 25 varian yang tersedia di dalam etalase. Namun, dari semua varian, yang menjadi favorit para pembeli adalah daging asap keju dan jagung manis. Selain itu, dua bersaudara Hendra dan Herlianty yakin bahwa salah satu kunci kesuksesan mereka adalah kualitas. Sejak pertama kali menjalankan usaha hingga saat ini, bahan dan resep yang mereka gunakan tidak pernah berubah. 

Hendra selalu menggunakan bahan-bahan dasar berkualitas terbaik dalam setiap proses produksi. Seperti yang diungkapkan oleh Herlianty, “Kami punya lebih dari 25 varian, mulai dari rasa coklat sampai srikaya. Roti unyil yang paling disukai pembeli adalah yang isi jagung manis. Roti-roti kami terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan bebas dari bahan pengawet. 

Bahkan, kalau merek bahan baku yang biasa kami gunakan sedang habis, kami akan menggunakan merek yang kualitasnya lebih tinggi dan lebih mahal. Pokoknya, jangan sampai kualitas roti kami menurun. (Sumber : www.tribunnews.com)

Untuk parawisatawan baik dari kalangan domestik maupun mancanegara Anda bisa mencoba untuk mencicipi makanan khas Bogor yaitu roti unyil jika Anda sedang berwisata di Bogor. Sudah banyak sekali yang berjualan roti unyil di daerah Bogor Anda tidak akan kehabisan untuk membeli roti unyil untuk dijadikan sebagai oleh - oleh dari khas Bogor.

Selamat berwisata, semoga selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…