page contents Langsung ke konten utama

Masjid Harakatul Jannah Icon Gadog Bogor

Banyak sumber keindahannya dari sudut ke sudut dengan destinasi pariwisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Sederhana namun banyak rindunya yang menjadi menu pilihan bagi para wisatawan, menjadikan tempat wisata yang berada di daerah Puncak Cisarua Bogor ini menjadi salah satu struktur dalam beberapa pilihan pada saat akan memilih kemanakah kita akan traveling. Perlu kita tingggali sejenak pada saat kita berada di posisi perjalanan dan dimanapun kita berada, alangkah baiknya jika kita menyempatkan diri kita untuk beribadah sejenak menghadap sang khalik Allah SWT. 
Courtesy : Tribun Bogor - Tribunnews.com

Melaksanakan kewajibannya dengan beribadah shalat. Tentunya banyak sekali rumah ibadah yang setiap kita jalan kemanapun selalu ada rumah untuk ibadah, tiada lain halnya dengan yang berada di daerah Gadog Puncak persis berada di pertigaan gadog yaitu Masjid Harakatul Jannah. Masjid ini berada di lokasi sangat strategis, posisinya berada di pertigaan Gadog atau berada di simpangan traffic light setelah keluar pintu tol Jagorawi arah puncak. 

Di samping jalan itulah sebuah masjid yang mengandung makna gerakan surga berdiri kokoh dan megah.  Keindahan masjid ini akan langsung terlihat ketika berada di Jalan Raya Gadog. Sebuah kubah berukuran besar menyerupai bangunan kubah Taj Mahal di India begitu mencolok pandangan.
Kubah besar itu berada di sisi bagian tengah bangunan masjid, kubah ini menjadi kubah utama. Bentuknya menyerupai bawang dengan sisi bawahnya berbentuk silinder. 

Selain kubah utama tadi, masjid ini memiliki enam kubah yang berukuran lebih kecil, semua kubah itu terbuat dari bahan tembaga. Untuk menampilkan keindahan, pada bagian luar kubah ini dihiasi ornamen-ornamen bintang bersegi delapan yang dihadirkan dalam bentuk emboss (menonjol). Sementara untuk tutupan kubahnya, berbentuk bunga teratai dengan tiang yang memiliki pucuk bulan sabit. 

Harakatul Jannah atau Gerakan Surga mengandung makna yang visioner, sebagaimana dijelaskan pendiri Masjid Harakatul Jannah, Dr Syahrul Efendi pada saat pertemuan dengan peserta Pendidikan Kader Ulama (PKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor di Aula Masjid Harakatul Jannah. Syahrul berharap masjid ini bisa menjadi peradaban di dunia khususnya di wilayah Bogor, karena dari sejarahnya hingga saat ini masjid memiliki posisi vital yaitu sebagai pusat ekonomi, pendidikan, sosial, keluarga dan lain-lain. 

Demikianlah, masjid menjadi poros utama bagi perkembangan peradaban Islam. Pria yang akrab disebut Tuan Datuk ini, menjelaskan Masjid Harakatul Jannah memiliki visi dan misi menuju surga. Ia berharap lahir pemimpin-pemimpin yang benar dan baik, yaitu pemimpin yang berilmu, membawa umat kepada kebaikan, yang mengilhami spirit sifat para Nabi dan Rasul yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan fathanah. Lebih dari itu, Syahrul berharap masjid ini akan melahirkan pemimpin yang mampu membuat perubahan bagi umat. 

Demikianlah seorang pemimpin, ia harus memiliki otak yang cerdas, mental yang kuat dan badan yang sehat. Sebagai seorang ulama, Syahrul juga berpesan harus mengetahui musuh yang terlihat dan tidak terlihat, mampu membentengi keluarganya, umatnya dari musuh Islam. ''Seorang ulama harus memperkuat pertahanan barisannya, mampu membuat perubahan untuk umat, dapat memetakan persoalan di lingkungan sendiri, memahami ilmu pengetahuan dan teknologi dan senantiasa merefleksikan apapun yang telah dilakukan setiap hari,'' ujar Syahrul menasehati para kader ulama. Ia mengatakan, jika masjid pusat peradaban dunia, maka wujudkanlah harapan tersebut menjadi kenyataan. 

Karena masjid masih menjadi sumber peradaban di dunia dan memiliki posisi vital bagi perkembangan peradaban Islam. ''Semoga masjid yang berada di gerbang wisata ini bisa menjadi objek peradaban Islam di Bogor,'' ujar Syahrul menambahkan. Segala sesuatu memang sangat susah sekali untuk kita kendalikan seluruh yang ada dalam diri kita. Kita sendiri yang melaksanakan hidup, dan kita sendiri yang akan menerima apapun dalam segala hal baik buruknya.


Sumber khazanah.republika.co.id

Semoga kedepan kita bisa menjadi lebih baik lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Gitar Lirik Chord Lagu Goblog Asep Balon X Febby X Udin And Friends

sumber : https://www.kkbox.com A                        F#m goblog, kamu mah goblog                       Bm               E geus ditulungan kalah ngalodok                     C#m               F#m geus diampihan kalah ngabadog                     Bm                   E teu gableg cedo dasar si goblog [INTRO] A F#m Bm E C#m  F#m Bm E A babaturan goblog, teu gableg rasa F#m aing keur senang sia unggal poe araya Bm aing keur di luhur saria milu jaya E tapi pas aing susah saria kamana? A mantuan sia mah ciga ngahakan suuk F#m cape ngagayem, beuteung aing angger ngurubuk Bm mun ulin jeung batur sia geus kudu bubuk E kalakuan kitu patut untung euweuh nu nusuk A                                                  F#m teu mulang tarima teu gableg ka era Bm teu inget baheula sia sagala menta "sep, nginjeum duit isukan dibayar" E mere nganjuk ka sia mah ciga nyawer biduan [Reff]  A                             F#m goblog, kamu mah goblog        

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Lirik Kunci Gitar Chord Lagu Dadas Asep Balon X Resol

sumber : youtube@SG Entertainment Dm        G Aku tak apa          Em           A Aku engga apa apa Dm                              G Semoga bahagia kau disana                           C Dengan si goblog eta [INTRO]   C Em Am A Dm A G Em E7 Am Dm G C C Tataian ngadangu sia jadian            F Jeung nu bengetna poek ciga imah keur aliran       G Meskipun teu ngahiji aing tetep ngadoakan           C Semoga pas si eta apet ku warga dibangsatkeun C Salila ieu aing Pedekate jeung sia   F Mangbulan-bulan geus siga nyicil mio ka adira              G dekeutna jeung aing jadian jeung si beungeut rawing         C nyanguna jeung aing ngaliwetna jeung si a-jing C geus dadas jadian acan tapi teu reuwas da aing tampan       F na ari sia teu ngahargaan asa Raisa beungeut pas-pasan G hiji waktu sia bakal ngarasa kaduhung C                                             G miceun sampoerna mild sia kadon mulung puntung [Chorus]               F