page contents Skip to main content

Tips Aman Saat Travelling

Wisatawan yang teledor dapat dengan mudah menjadi target pencurian karena umumnya wisatawan datang di satu daerah baru, penuh keramaian, dan tidak terbiasa dengan sekitarnya, yang tentu saja umumnya membawa uang, kartu kredit, dan barang-barang berharga seperti ponsel maupun kamera. Anda dapat mengurangi resiko kecurian atau dirampok dengan mengikuti beberapa tips aman saat traveling berikut ini.
Courtesy: www.travelandescape.ca
1. Tips Aman saat Travelling
  1. Tetap pertahankan sesuai rencana travelling Anda, termasuk detail akomodasi, bagi diri Anda sendiri.
  2. Jangan melakukan perjalanan pada malam hari
  3. Hindari area-area sepi di kota yang Anda kunjungi, khususnya pada malam hari.
  4. Tanyalah pada manajer hotel tempat Anda menginap untuk mendapatkan informasi lokasi yang rawan dan aman.
  5. Umumnya, jalan-jalan kota yang ada anak-anak dan ibu-ibu biasanya menunjukkan bahwa daerah itu aman bagi keluarga. 
  6. Selalu sertakan kartu identitas ke mana pun Anda pergi. Jika bepergian keluar negeri, jangan lupa sertakan detail kontak KJRI ataupun kedutaan besar di negara tempat Anda berkunjung.
  7. Gunakan ATM siang hari, ketika ada banyak orang.
  8. Jika bisa usahakan gunakan kartu kredit dan cek perjalanan, jangan uang tunai.
  9. Jika Anda dijambret, jangan lawan. Lebih baik Anda kehilangan sedikit uang dan jam tangan misalnya dari pada Anda cedera.
  10. Hindari insiden-insider seperti perkelahian, kerusuhan, dan gangguan keamanan.
2. Tips Aman dalam Transportasi
  1. Ketika di bandara, awasi koper Anda, jangan sampai ada orang lain yang mengambil tas Anda. 
  2. Hindari menukar uang di bandara, karena pencuri bisa saja mengawasi.
  3. Konsultasikan dengan dengan manajer hotel Anda menginap tentang pusat informasi wisatawan di lokasi Anda. 
  4. Pastikan jika Anda naik taksi, naikla taksi yang jelas-jelas resmi. Bisa saja pencuri berpura-pura sebagai sopir taksi dan menjambret Anda saat di dalam kendaraan.
  5. Jangan berbagi tumpangan taksi dengan orang yang tidak Anda kenal.
  6. Jika Anda menyetir sendiri pastikan semua jendela terkunci.
3. Tips Aman di Hotel
  1. Jika memngkinkan, pilihlah akomodasi penginapan yang menggunakan kartu gesek bukannya kunci bernomor. Jika Anda kehilangan kartu gesek atau dicuri, pencurinya tidak akan tahu kamar mana. 
  2. Catat pintu darurat, tangga darurat, pemadam kebakaran, dan hal-hal emergency lainnnya.
  3. Selalu kunci pintu ketika istirahat. Jika ada gemboknya, gunakan. 
  4. Jika ada janji dengan seseorang yang belum Anda kenal (misalnya mitra bisnis), tunggu di ruang lobby. Jangan dibawa masuk ke kamar.
4. Jangan gunakan perhiasan mencolok 
  1. Jangan gunakan perhiasan yang mencolok 
  2. Jika diperlukan gunakan dompet "palsu dengan sedikit uang tunai. Jika Anda secara langsung berhadapan dengan begal,Anda dapat memberikan dompet palsu tadi untuk meghindari tekanan lebih besar. 
Dengan tetap berhati-hati, Anda sudah mengurangi resiko dalam travelling, dan dengan mengikuti beberapa tips aman saat travelling di atas, minimal Anda akan lebih aman dan dapat menikmati liburan atau travelling Anda dengan lebih santai. Semoga tips diatas bisa bermanfaat buat kalian parawisatawan yang suka berpetualang bersama keluarga, saudara, atau bersama teman-teman Anda harus selalu berhati-hati dan tetap dalam kondisi yang aman.

Selamat liburan, semoga liburan Anda menyenangkan, selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol.
Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng.
Ayam ini sudah memiliki cita rasa dalam kandungan ayamnya, dengan rasanya itu loh …

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang. Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Obyek wisata Citamiang dekat dengan tempat Agrowisata Gunung Mas sekitar 700 Km dengan posisi sebelah kanan begitupun jika Anda…

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata Kota Bunga. Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusung konsep Eropa Little Venice. Selain Kota Bunga, disini juga menyediakan mini…