page contents Skip to main content

Menikmati Ubi Cilembu Sembari Menikmati Sejuknya Puncak Bogor

Banyak hal yang ditawarkan di daerah wisata Puncak Bogor.Tidak hanya indahnya lokasi wisata puncak yang dapat dinikmati, namun kuliner juga oleh-oleh khas puncak. Salah satu oleh-oleh khas puncak adalah Ubi Cilembu. Meskipun ubi cilembu berasal dari Pamulihan, Sumedang, namun wisatawan yang datang ke Puncak Bogor akan sangat mudah menemukannya di lapak-lapak tepi jalan. Wisatawan dapat membeli, lalu dibakar di tempat, untuk dinikmati dalam suasana sejuknya Puncak Bogor nan asri.
Ubi Cilembu Puncak Bogor
Courtesy: www.inagurasi.com
Semilir angin yang sejuk, menciptakan suasana yang indah sembari menikmati hangatnya Ubi Cilembu bakar. Ubi Cilembu adalah salah satu jenis kultivar ubi jalar merupakan ras lokal asal Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi jalar ini populer di kalangan konsumen semenjak tahun 1990 an. Ubi Cilembu lebih istimewa dari pada ubi biasanya karena ubi ini bila dioven akan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang manis rasanya.
Warna ubi cilembu yang kuning namun manis
Courtesy: www.jemberbanget.com
Karena itu, Ubi Cilembu disebut juga dengan Ubi Cilembu. Bila ubi pada umumnya juga manis, rasa manis Ubi Cilembu ini lebih manis dan lengket dengan gula madu. Rasa manis ini membuat tenaga ekstra bagi orang yang mengkonsumsinya. Ubi Cilembu tidak hanya manis dan nikmat, Ubi Cilembu juga memiliki khasiat yang tidak dimiliki oleh umbi-umbian lain. Makeitaffordable.com menyebutkan beberapa manfaat dari ubi cilembu, di antaranya:

1.    Mencegah kanker
Ubi Cilembu juga kaya akan betakaroten dan vitamin A yang berfungsi mencegah kanker paru-paru dan kanker mulut. Fakta yang didapat dengan 124 ribu orang di Universitas Harvard, dengan 32 persen dapat terkena kanker paru-paru yang berkurang dengan rutin memakan ubi ini.

2.    Mengontrol gula darah
Ubi ini sangat dianjurkan untuk menyeimbangan kadar gula dalam darah, dengan mengkonsumsinya dengan cara dikukus tanpa diberi tambahan saus atau gula. 

3.    Mencegah serangan jantung
Ubi ini banyak mengandung vitamin B6,  yang mengandung banyak potassium untuk menormalkan tekanan darah hingga tidak naik turun secara drastis.

4.    Meredakan stres
Ubi Cilembu ternyata dapat juga meredam stres. Dinikmati saat sore hari sambil bersantai dan dengan kandungan mineral potasium yang dapat menurunkan stres. 

5.    Anti aging
Vitamin A di dalam umbi ini dapat menambah daya tahan tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan kulit dengan baik. Retinol yang terkandung dalam Ubi Cilembu dapat digunakan untuk produk-produk kosmetik yang baik untuk perawatan kulit, yang ternyata terkandung juga di dalam ubi. Betakarotennya berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Sehingga terjauh dari kerutan dan noda-noda hitam yang disebabkan oleh penuaan dini. Vitamin C nya dapat menambah kolagen mampu membuat kulit lembut. Banyak manfaatnya ya Ubi Cilembu, hehe.

Jadi rasanya kurang afdol jika Anda berkunjung ke Puncak Bogor namun tidak menikmati Ubi Cilembu. Dengan mengeluarkan uang sekitar Rp. 20.000/kg, Anda tidak hanya menikmati manisnya Ubi Cilembu, namun Anda akan mendapatkan 5 manfaat sekaligus di atas. Siap berkunjung ke Puncak Bogor? Siapkan pula kantong yang besar untuk mengangkut Ubi Cilembu ya, hahaha.

Selamat berliburan, semoga liburan Anda menyenangkan, selamat sampai tujuan dan pulang dengan selamat.

Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Ayam Goreng Cipo Gunung Batu Bogor, Murah dan Wenak

Siapa yang suka kulineran? di Bogor banyak loh guys tempat yang pas untuk mengenyangkan perut. hehe, murah dan enak lagi. Makanan itu tidak harus yang mahal - mahal guys, tidak perlu juga harus dalam restoran, pinggiran jalan saja sudah lebih dari cukup yang penting nikmat dan hemat bisa membuat perut kenyang. haha. Kuliner itu adalah sebagai pelengkapnya wisata, jika berwisata tapi tanpa mampir untuk merasakan kulineran itu serasa tidak apdol. sumber : santiapriani04 Apalagi Bogor ini memiliki kebiasaan dengan aroma pedas, haha. Seperti yang salah satu ini Ayam dan Sambalnya sudah menjadi ciri khas terasa ma,nyos sekali. Nama kuliner ini adalah Ayam Cipo, masyarakat Bogor sudah pada tau, khususnya masyarakat Gunung Batu mereka sudah menjadi makanan pengakhir pengisian perut dimalam hari. Makanan khas yang disajikan oleh Ayam Cipo ini ada di salah satu Ayam nya yang dilengkapi dengan serbuk atau yang biasa dibilang serundeng. sumber : santiapriani04 Ayam ini sudah memiliki c

Wisata Citamiang Membuat Orang Mabuk Kepayang

Obyek wisata sering kali membuat semua masyarakat tergila-gila akan wisata. Dengan keindahan dan keseruan saat kita berwisata bersama keluarga atau kerabat kita. Berbagai macam obyek wisata yang ada di dunia ini dengan keidahan-keindahan yang allah berikan kepada kita. Tak lupa saat kita berwisata sering kali merasa ketagihan dengan apa yang sudah kita kunjungi dalam berwisata, tentunya dengan obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua Bogor dengan obyek wisata Citamiang . Citamiang Puncak Cisarua Courtesy, www.wisatapuncak.net Obyek wisata Citamiang yang kini menjadi salah satu obyek wisata yang ada pada daerah Puncak Cisarua yang banyak dikunjungi oleh parawisatawan dengan panoramanya yang indah, dan sejuk dengan penghijauan yang mengelilingi kita. Citamiang adalah salah satu objek wisata Puncak Cisarua Bogor yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu saat berliburan dengan aneka keindahan alamya. Wisata Citamiang Courtesy, www.wisatapuncak.net Obyek wi

Kota Bunga Daerah Puncak Bogor Kecamatan Cianjur

Keindahan obyek wisata yang ada di Negara Indonesia dengan kekayaan wisata alamnya yang penuh dengan keindahan. Kita sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan berbagai wahana obyek wisata. Wisata yang berada di Jawa Barat Puncak Bogor kecamatan Cianjur salah satunya terdapat sebuah wahana wisata Kota Bunga. Courtesy, kotabungavilla.com Berbagai wahana wisata yang terdapat di daerah Jawa Barat ini dengan fitur yang berbeda dari setiap masing-masing obyek wisata. Berwisata menjadi pilihan utama di saat kita sudah jenuh dengan aktivitas padat kita selama hari kerja dan tiba saatnya saat hari liburpun tiba, kita menghilangkan kepenatan tentunya dengan berwisata mengunjungi wahana wisata yang terdapat di Puncak Bogor Kecamatan Cianjur ini salah satunya mengunjungi taman wisata  Kota Bunga. Courtesy, sewavillaa1.blogspot.com Tempat wisata ini meyediakan panorama sesuai namanya, yaitu pemandangan alam yang indah bertemakan sebuah kota Venice, Italy. Tempat wisata ini mengusun